5 Tips Anti Iritasi Supaya Makeup Tetap All Out Buat Si Kulit Sensitif

Rabu, 20 Juli 2022 | 00:01:00

Penny Fatikasari

Penulis : Penny Fatikasari

5 Tips Anti Iritasi Supaya Makeup Tetap All Out Buat Si Kulit Sensitif

Ilustrasi Tips Anti Iritasi (pinterest)

Ladiestory.id - Bagi kamu si pemilik kulit sensitif yang bingung untuk tampil all out saat menggunakan makeup seharian tanpa takut iritasi, jangan khawatir. Kamu bisa menggunakan 5 tips berikut ini supaya tampil all out dan stunning saat menggunakan makeup.

Bersihkan Wajah

Ilustrasi Bersihkan Wajah. (Pinterest)

Yup! Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah dengan membersihkan seluruh permukaan kulit wajahmu hingga merata. Kamu juga bisa menggunakan pembersih wajah atau micellar water agar kulitmu terasa lebih ringan dan lembap.

Pastikan wajah bersih maksimal sebelum menggunakan makeup, serta perhatikan semua alat makeup-mu agar tetap aman dan bersih dari kotoran.

Setelah itu, jangan lupa untuk mengaplikasikan pelembap ke area wajahmu. Jika wajahmu mengalami sensitif akut, maka kamu bisa membantu menenangkannya dengan mengompres wajahmu dengan lembut menggunakan air hangat selama kurang lebih 10-15 menit.

Gunakan Pelembap Wajah Sesuai Jenis Kulit

Ilustrasi Menggunakan Pelembap. (Pinterest)

Memilih produk khusus kulit sensitif memang susah-susah gampang. Kamu harus cermat dalam memilih kandungan produk yang tepat dan menyehatkan kulitmu.

Kamu perlu memperhatikan kandungan pada produk  kosmetik untuk mencegah terjadinya ketidakcocokan atau masalah lain yang timbul pada kulitmu.

Supaya nggak salah pilih produk, kamu bisa konsultasikan ke dokter spesialis kulit untuk mengetahui produk apa yang sebaiknya tepat kamu gunakan.

Ladies, pilihlah pelembap yang cocok dengan jenis kulitmu. Karena pilihan ini juga dapat memberikan hasil yang maksimal, serta meminimalisir kulit mengalami alergi, bahkan iritasi berlebih.

Menggunakan pelembap juga dapat membuat makeup lebih matte dan tahan lama. Hal ini pun juga dapat mengurangi masalah iritasi pada kulit.

Pilih Foundation yang Ringan

Ilustrasi Memilih Foundation yang Ringan. (Pinterest)

Bagi kamu pemilik kulit sensitif, hendaknya hati-hati saat memilih kandungan dan jenis makeup yang baik bagi kulit. Pilihlah serum foundation sebagai alas bedak yang ringan di kulit.

Serum foundation juga merupakan produk yang diformulasikan dengan bahan dasar air atau water based dengan formulasi yang ringan. Tekstur dari serum ini sangat cair, sehingga dapat menyatu secara merata ke permukaan kulit. Selain itu, serum foundation juga tidak menutup pori-pori sehingga kulit wajah masih bisa bernapas.

Pilih Makeup Compact dan Kandungan Produk Ringan

Ilustrasi Memilih Kandungan Makeup Ringan. (Pinterest)

Bagi kamu si pemilik kulit wajah sensitif, sangat disarankan untuk memilih jenis makeup compact atau makeup foundation. Hal ini untuk meminimalisir banyaknya zat kimia atau bahan pengawet pada produk tersebut. Disarankan untuk memilih jenis foundation yang memiliki formula non-comedogenic agar tidak menyumbat pori-pori kulitmu.

Selain itu, untuk mencegah iritasi pada kulit sensitif serta menimbulkan peradangan pada kulit wajah, kamu juga dapat memilih produk kosmetik dengan bahan-bahan yang ringan. Kamu bisa mengenakan BB Cream dan bedak tipis untuk kulit sensitifmu.

Hindari makeup yang mengandung pewangi agar tidak terjadi iritasi kulit. Selain itu, pastikan juga setiap jenis bahan pembuat yang tercantum pada kosmetik memiliki kandungan yang aman bagi kulit, seperti hypoallergenic ataupun dermatology tested.

Pilih Spons Tanpa Bahan Lateks

Ilustrasi Spons Tanpa Bahan Lateks. (Pinterest)

Ladies, tahukah kamu jika spons dengan bahan lateks sebaiknya dihindari bagi pemilik kulit sensitif? Hal ini karena lateks diketahui dapat memicu timbulnya dermatitis atopik, serta untuk menghindari munculnya alergi pada kulit.

Nah, itu dia 5 tips anti iritasi saat menggunakan makeup bagi kamu si pemilik kulit sensitif. Tentunya kamu juga bisa cermat untuk memilih kandungan dalam produk yang aman dan sesuai dengan kondisi kulitmu, ya.