5 Tips Atasi Warna Bibir yang Gelap, Coba Yuk!

Minggu, 12 Mei 2024 | 09:49:00

Penny Fatikasari

Penulis : Penny Fatikasari

5 Tips Atasi Warna Bibir Yang Gelap, Coba Yuk!

Ilustrasi bibir kering. (Pinterest.com/shefinds)

Ladiestory.id - Bibir adalah salah satu fitur wajah yang paling menarik perhatian orang saat pertama kali melihat pesona dirimu.  Oleh sebab itu, hal ini sangat penting untuk memastikan bahwa bibirmu dapat tetap halus, awet muda dan bebas dari segala jenis pigmentasi. Namun, bibir gelap adalah masalah umum yang mempengaruhi pria dan wanita.

Untungnya, ada beberapa hal yang dapat kamu lakukan untuk mengatasi hal ini dan mengembalikan keindahan warna bibirmu ke tampilan alaminya. Nah, untuk mengatasi bibir yang gelap, kamu bisa melakukan lima tips berikut ini, Ladies.

Konsumsi Buah dan Tingkatkan Asupan Cairan

Ilustrasi Konsumsi Buah. (Freepik.com)

 

Tak hanya tubuh yang membutuhkan banyak asupan cairan, kulit bibir yang menggelap pun dapat diatasi dengan mengonsumsi banyak air, lho. Bibir yang menggelap adalah salah satu cara tubuh untuk memberitahumu untuk minum lebih banyak air. Kulit yang menutupi bibir adalah yang paling tipis dan paling halus sehingga menjadi korban pertama dari dehidrasi karena sangat cepat kehilangan kelembabannya. Mengonsumsi banyak air dan makan buah-buahan dengan kandungan air yang tinggi akan menjaga bibirmu terhidrasi, lembab serta  tidak menjadi gelap.

Selain itu, tips hidrasi bibir lainnya adalah dengan menggunakan lip balm yang mengandung beeswax  atau cocoa butter untuk membantu menjaga kelembaban alami kulit bibir.

Eksfoliasi Bibir Secara Teratur

Ilustrasi perawatan bibir. (Speial)

 

Dilansir dari Healthline, bibir yang menggelap dapat disebabkan oleh hiperpigmentasi yang disebabkan oleh kelebihan melanin. Hiperpigmentasi bibir dapat disebabkan oleh paparan sinar matahari yang berlebihan, kurangnya hidrasi, kebiasaan merokok, reaksi alergi terhadap pasta gigi maupun produk kosmetik, terlalu banyak mengonsumsi kafein, kebiasaan sering menghisap bibir ataupun hal medis lainnya seperti kemoterapi, anemia hingga kekurangan vitamin.

Melakukan eksfoliasi pada bibir secara teratur akan membantu menyingkirkan sel-sel kulit mati yang kering dan juga meningkatkan sirkulasi darah ke area tersebut. Ada beberapa metode alami yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi kulit bibir yang kering dan menggelap yakni membuat scrub madu dan gula, caranya pun cukup mudah campurkan 1 sendok teh (sdt) madu dan 1 sdt gula hingga berbentuk pasta, kemudian gosokkan campuran tersebut dengan lembut ke bibir dengan gerakan melingkar kecil. Setelah itu, bilas dengan menggunakan air hangat.

Melakukan eksfoliasi terlalu sering dapat menyebabkan iritasi dan sensitivitas. Karena kulit pada bibir sangat halus, sebaiknya lakukan eksfoliasi tidak lebih dari sekali seminggu.

Perhatikan Penggunaan Produk Perawatan Bibir

Ilustrasi penggunaan brush. (Pexels.com/keithlobo)

 

Ladies, bagi kamu wanita yang selalu ingin tampil on point setiap harinya, tentu perlengkapan makeup tidak boleh dilewatkan. Yup, salah satu makeup yang selalu digunakan untuk menunjang penampilan ialah lipstik. Bagi sebagian wanita, lipstik  yang tahan lama dapat membuat dirinya tampil percaya diri.

Akan tetapi, menggunakan lipstik dalam waktu yang lama dapat menyebabkan pigmentasi pada bibir. Hal ini sangat umum terjadi pada merk lipstik yang berkualitas rendah. Bibir berpigmen juga dapat disebabkan oleh lipstik yang sudah kadaluarsa, jadi selalu periksa detail kadaluarsanya.

Terakhir, jangan lupa untuk menghapus kosmetik bibir sebelum kamu pergi tidur. Membiarkan lipstik atau pewarna bibir di bibir semalaman dapat menyebabkan kekeringan dan pigmentasi, terutama jika produk tersebut mengandung bahan kimia atau pigmen yang keras. Gunakan pembersih riasan yang lembut atau pembersih berbahan dasar minyak untuk menghilangkan sisa-sisa lipstik atau produk bibir sebelum tidur.

Hindari Kebiasaan Menjilat Bibir

Ilustrasi penggunaan pelembap bibir. (Special)

 

Ladies, dilansir dari Pure Smile, kebiasaan ini bisa menjadi salah satu penyebab bibirmu menjadi gelap. Anggapan menjilat bibir justru membuat bibir akan menjadi lebih lembab dan basah tidaklah benar, justru hal ini dapat membuat bibir menjadi kering sehingga menyebabkan bibir pecah-pecah dan menggelap.

Air liur mengandung enzim yang dimaksudkan untuk memecah partikel makanan, tetapi juga dapat mengiritasi kulit halus pada bibir. Paparan enzim ini secara terus-menerus dapat menyebabkan peradangan dan penggelapan bibir dari waktu ke waktu. Selain itu, tindakan menjilat bibir  berulang kali dapat mengganggu keseimbangan kelembaban alami dan menghilangkan minyak pelindung dari permukaan bibir sehingga membuatnya lebih rentan terhadap kekeringan dan penggelapan.

Jika menjilati bibir sudah menjadi kebiasaan, cobalah untuk menjadi lebih sadar akan perilaku tersebut dan alihkan dengan cara mengoleskan pelembab bibir atau minum air untuk memberikan kelegaan dan kelembaban pada bibir. Dengan demikian  akan membantu mencegah kondisi bibir kering, pecah-pecah dan menggelap.

Hindari Kebiasaan Merokok

Ilustrasi Efek Merokok. (Special)

 

Merokok memang menjadi gaya hidup bagi seseorang. Namun, tanpa disadari merokok memiliki banyak efek berbahaya pada tubuh, termasuk pada penampilan bibir. Bahan kimia dalam asap rokok dapat menyebabkan bibir menjadi gelap dari waktu ke waktu, membuatnya tampak kusam dan berubah warna.

Hal ini disebabkan karena merokok menyebabkan penurunan aliran darah ke kulit yang dapat menyebabkan penurunan oksigen dan nutrisi yang dikirim ke bibir. Aliran darah yang buruk juga dapat menyebabkan kekeringan dan kerutan di sekitar area mulut, membuat bibir terlihat lebih tua dari usia sebenarnya. Jadi, jika kamu seorang perokok yang ingin mencerahkan atau merawat bibir gelap, berhenti merokok adalah salah satu cara untuk melakukannya.