5 Tips Gunakan Hijab Bagi Pemula Supaya Lebih Nyaman

Selasa, 16 Januari 2024 | 18:40:00

Penny Fatikasari

Penulis : Penny Fatikasari

5 Tips Gunakan Hijab Bagi Pemula Supaya Lebih Nyaman

Ilustrasi Wanita Berhijab. (Freepik)

Ladiestory.id - Bagi wanita yang ingin memulai menutup aurat untuk berhijab tentu hal ini akan menjadi tantangan tersendiri bagi dirinya. Walaupun masih belajar untuk istiqomah serta mematuhi perintah agama bukan berarti niat baikmu ini harus pupus begitu saja, lho.

Nah, supaya niat berhijabmu dapat berjalan lancar, kamu pun dapat melakukan lima tips hijab berikut ini supaya lebih nyaman. Simak yuk!

Pilihlah Bahan Hijab yang Nyaman

Ilustrasi Wanita Berhijab. (Freepik)

 

Tips pertama yang bisa dilakukan untuk pemula yang ingin memulai berhijab ialah dapat memilih bahan hijab yang nyaman. Tentunya hal ini akan membuatmu semakin bingung karena ada banyak sekali jenis hijab sesuai tren dan bahan yang dijual. Eits, kamu tak perlu khawatir, apabila kamu merasa bingung, kamu bisa mencari tahu jenis bahan yang nyaman dan menjadi primadona dikalangan para hijabers, tentunya hijab berbahan lembut, dingin dan tidak membuat gerah bisa menjadi pilihanmu, misalnya hijab berbahan katun atau voal bisa kamu gunakan untuk keseharianmu.

Sesuaikan Hijab dengan Warna Kulit

Ilustrasi Wanita Berhijab. (Freepik)

 

Biasanya supaya tampilan hijabmu tidak terlihat gagal, tips selanjutnya yang bisa kamu lakukan ialah menyesuaikan hijab dengan warna kulit. Disini kamu bisa menyesuaikan warna hijab yang cocok dengan tone kulitmu supaya kamu bisa tampil lebih percaya diri. Jika kamu memiliki kulit berwarna putih kamu bisa memilih warna hijab yang terang, jika kamu memiliki warna kulit kuning langsat sebaiknya hindari warna gold atau oranye. Sedangkan bagi kamu si pemilik warna kulit gelap, kamu bisa memilih warna hijab yang netral karena dapat membuat kulitmu terlihat lebih cerah.

Ikuti Tutorial Hijab

Ilustrasi Wanita Berhijab. (Freepik)

 

Ladies, bagi kamu si pemula biasanya akan merasa sedikit kesulitan dalam berkreasi dengan hijab. Nah, supaya kamu bisa bergonta-ganti gaya berhijab, kamu bisa mengikuti sederet tutorial yang sudah banyak tersedia di internet. Semakin banyak referensi hijab yang bisa kamu dapatkan maka kamu pun tidak akan bosan dengan gaya hijab yang itu-itu saja sehingga kamu akan lebih semangat untuk tampil dengan hijab.

Kreasikan Outfit Hijab

Ilustrasi Wanita Berhijab. (Freepik)

 

Supaya tampilan hijabmu semakin lebih stylish, kamu bisa mix and match tampilan style hijabmu dengan outfit yang trendy dan up to date. Saat ini pun sudah banyak outfit dan tren fashion hijab yang mendunia bahkan mudah diikuti oleh para hijabers supaya penampilan lebih keren dan stylish. Kamu bisa menyesuikan outfit dan hijab dengan acara yang kamu hadiri, mulai dari kasual, formal hingga colorful. Jika kamu kesulitan dalam me-mix and match outfit dan hijabmu kamu pun bisa mencari referensi OOTD hijabers yang banyak ditemukan di internet atau sosial media. Kamu pun bisa mem-follow para hijab influencer untuk menjadi inspirasi daily look mu.

Lakukan Bertahap

Ilustrasi Wanita Berhijab. (Freepik)

 

Ladies, bagi kamu si pemula yang baru saja memutuskan untuk berhijab, pastikan hal ini memang benar datang dari dirimu sendiri bukan karena tuntutan maupun paksaan dari orang lain apalagi hanya karena ikut-ikutan tren fashion. Karena bisa saja kamu tidak istiqomah dan pada akhirnya memaksakan dirimu sendiri untuk menjadi orang lain.

Kamu bisa melakukannya secara perlahan dan tidak menjadi sekaligus, kamu bisa melakukannya dengan cara bertahap dan beradaptasi dengan hijabmu. Dengan cara ini pun kamu akan lebih mudah beradaptasi dan terbiasa dengan perubahan pada dirimu.