5 Tips Jadi Orang Tua yang Ideal Bagi Anak

Selasa, 16 Januari 2024 | 17:42:00

Bulan Maghfira

Penulis : Bulan Maghfira

5 Tips Jadi Orang Tua Yang Ideal Bagi Anak

Ilustrasi Orang Tua dan Anak. (Freepik.com)

Ladiestory.id - Membesarkan anak merupakan salah satu pekerjaan tersulit dan paling memuaskan di dunia. Tidak ada panduan khusus bagi orang tua untuk mengurus anak-anaknya, karena tiap orang tua mungkin memiliki cara masing-masing dalam menjalaninya.

Tak heran, pola parenting masing-masing orang tua berbeda-beda, karena disesuaikan juga dengan kondisi sang anak. Terkadang, banyak yang merasa bingung cara menjadi orang tua yang baik. 

Berikut tips mengasuh anak untuk menjadi orang tua yang ideal.

Tingkatkan Harga Diri Anak

Ilustrasi Orang Tua dan Anak. (Freepik.com)

 

Anak-anak mulai mengembangkan kesadaran diri mereka sejak bayi ketika melihat diri sendiri melalui mata orang tua. Nada suara, bahasa tubuh, dan setiap ekspresi dari orang tua akan diserap oleh anak. Perkataan dan tindakan orang tua memengaruhi perkembangan harga diri mereka.

Pujilah prestasi anak meskipun hanyalah sebuah hal sederhana. Hal itu akan membuat anak merasa bangga akan dirinya sendiri. Sebaliknya, meremehkan atau membandingkan anak dengan orang lain akan membuat ia menjadi merasa tidak berharga.

Lihat Anak dari Perspektif Positif

Ilustrasi Orang Tua dan Anak. (Freepik.com)

 

Jangan melulu melihat anak dari perspektif yang negatif atas apa yang telah mereka lakukan. Orang tua umumnya akan lebih sering mengkritik daripada memuji perbuatan sang anak.

Cobalah untuk melihat perbuatan anak dari perspektif yang lebih positif, hal ini akan lebih mendorong perilaku, baik dalam jangka panjang dibandingkan dengan teguran berulang-ulang.

Buat Aturan & Disiplin

Ilustrasi Orang Tua dan Anak. (Freepik.com)

 

Tujuan dari disiplin adalah membantu anak memilih perilaku yang dapat diterima dan belajar mengendalikan diri sendiri. Mereka mungkin menguji batasan yang telah ditetapkan, namun mereka membutuhkan batasan tersebut untuk tumbuh menjadi orang dewasa yang bertanggung jawab.

Menetapkan peraturan rumah dapat membantu anak memahami harapan orang tua dan mengembangkan pengendalian diri. Beberapa aturan mungkin termasuk tidak boleh menonton TV sampai pekerjaan rumah selesai, dan tidak diperbolehkan memukul atau mencaci-maki.

Luangkan Waktu Untuk Anak

Ilustrasi Orang Tua dan Anak. (Freepik.com)

 

Terkadang orang tua terlalu sibuk dengan urusannya sendiri dan tak memiliki waktu untuk sang anak. Anak-anak yang tidak mendapatkan perhatian yang mereka inginkan dari orang tuanya sering kali bertindak atau berperilaku buruk karena mereka pasti akan diperhatikan seperti itu.

Luangkanlah waktu untuk anak, entah itu sekadar makan dan menonton tv bersama, atau menemani anak melakukan hobinya. 

Bangun Komunikasi yang Baik

Ilustrasi Orang Tua dan Anak. (Freepik.com)

 

Untuk menciptakan hubungan yang baik dengan anak, bangunlah komunikasi yang baik dengannya. Seorang anak berhak mendapatkan penjelasan seperti yang orang tua juga butuhkan.

Jika ada masalah, jelaskan hal itu kepada anak, dan ajaklah anak untuk mencari solusinya. Pastikan untuk menyertakan konsekuensinya, memberikan saran dan menawarkan pilihan.