5 Tips Rawat Kulit Saat Cuaca Panas, Kamu Wajib Tahu!

Jumat, 28 April 2023 | 08:00:00

Anisah Chamalia

Penulis : Anisah Chamalia

5 Tips Rawat Kulit Saat Cuaca Panas, Kamu Wajib Tahu!

Ilustrasi cuaca panas. (Special)

Ladiestory.id - Cuaca panas kini tengah melanda sebagian wilayah di Indonesia. Peningkatan suhu ini pun mempengaruhi kesehatan kulit. Oleh karenanya, sangat penting untuk mengetahui tips merawat kulit saat cuaca panas. 

Sebab, ketika cuaca menjadi panas kulit akan mudah berkeringat dan memiliki tingkat kelembapan yang tinggi. Sehingga, mudah bagi kulit memproduksi minyak  yang memicu terjadinya berbagai masalah seperti jerawat. Bahkan, sinar UV yang menyengat pun menjadikan munculnya bintik-bintik hitam di area wajah.

Lalu, bagaimana tips merawat kulit saat cuaca panas? Bagi kamu yang penasaran, yuk simak lima daftarnya berikut ini. 

Selalu Gunakan Sunscreen

Ilustrasi sunscreen. (Special)

 

Tips merawat kulit saat cuaca panas yang pertama adalah dengan selalu menggunakan sunscreen. Cara ini sangat penting untuk melindungi kulit dari paparan sinar UVA maupun UVB. Kamu dapat menggunakan sunscreen dengan kandungan SPF yang tinggi serta terdapat PA+++. Selain itu, aplikasikan sunscreen setiap dua jam sekali terutama ketika cuaca panas memiliki suhu yang terus meningkat. 

Pilihlah sunscreen dengan kandungan minimal SPF 30. Fungsinya yaitu untuk mencegah kulit dari risiko kanker, paparan sinar matahari hingga radikal bebas. Sunscreen pun dapat mengurangi tanda penuaan dini yang sering diakibatkan oleh berbagai polusi. 

Gunakan Produk Pelembab

Pelembab untuk wajah. (Special)

 

Tentunya ketika cuaca panas kulit cenderung lebih kering dan mudah mengalami iritasi. Nah, bagi kamu yang ingin mencegahnya gunakan produk pelembab di area wajah maupun tubuh. Kamu dapat menggunakan produk tersebut ketika selesai mandi dan mengoleskannya kembali saat kulit terasa kembali kering.

Ketika kondisi seperti ini, sangat penting untuk selalu membawa pelembab kemanapun pergi. Bahkan, kamu yang beraktivitas di ruangan ber ac pun wajib menggunakan pelembab. Sebab, terpapar suhu dingin secara terus menerus juga membuat kulit menjadi mudah kering. 

Rutin Lakukan Eksfoliasi

Ilustrasi Eksfoliasi. (Special)

 

Ketika cuaca panas melanda, kulit sering kali menghasilkan keringat yang lebih banyak. Selain itu, panas dan kelembaban meningkat memicu terjadinya produksi minyak pada kelenjar sebaceous secara berlebihan.

Minyak pada kulit diketahui dapat menyebabkan tersumbatnya poti-poti dan munculnya masalah komedo hingga jerawat. Sehingga, kamu memerlukan eksfoliasi untuk mengupas kulit mati yang tertinggal. Bahkan, kamu juga dapat mencegah terjadinya masalah kulit seperti jerawat. Dianjurkan menggunakan pembersih dengan kandungan exfoliator kimia seperti AHA atau BHA dengan persentase yang rendah.

Gunakan Retinol atau Peptida di Malam Hari

Ilustrasi wanita pakai retinol. (Special)

 

Tips merawat kulit saat cuaca panas selanjutnya yaitu menggunakan retinol atau peptida di malam hari. Cara ini sangat baik untuk kamu yang telah memasuki usia 20 tahun ke atas. Sebab, ketika cuaca panas kulit rentan aka masalah penuaan dini. 

Retinol sendiri diketahui sebagai bahan yang ampuh dalam memperbaiki tekstur kulit dan mencegah kulit dari kerusakan akibat sinar matahari. Selain itu, retinol juga dapat mengurangi tanda-tanda penuaan pada kulit. Namun, gunakan retinol hanya dimalam hari untuk menghindari iritasi.

Selain retinol, kamu juga bisa menggunakan peptida untuk mendukung produksi kolagen pada kulit. Kamu pun dapat menggunakan spray ist atau hydrating toner saat cuaca sedang panas. Sbab, produk satu ini mampu menyegarkan, melembabkan dan mengembalikan kesejukan kulit secara instan.

Konsumsi Banyak Air Putih

Ilustrasi Air Putih. (Special)

 

Tips merawat kulit saat cuaca panas yang terakhir adalah dengan mengonsumsi banyak air putih. Hal ini yaitu untuk mencegah tubuh mengalami dehidrasi. Sebab, ketika tubuh mengalami dehidrasi kulit rentan menjadi kering. Kamu dapat memenuhi kebutuhan cairan tubuh dengan mengkonsumsi air putih sebanyak 8 gelas atau kira-kira 2 liter.