5 Tips Sukses Career Switching ala Drama Korea “Today’s Webtoon”

Kamis, 4 Agustus 2022 | 13:45:00

Lis Tyawati

Penulis : Lis Tyawati

5 Tips Sukses Career Switching Ala Drama Korea “Today’s Webtoon”

Drama Korea "Today's Webtoon". (Special)

Ladiestory.id - Drama Korea “Today’s Webtoon” baru saja tayang di stasiun TV Korea SBS dan platform streaming Viu. Bergenre coming of age dengan latar dunia kerja di industri creative content, drama ini menceritakan tokoh protagonis, On Ma Eum (Kim Sejeong), yang melakukan peralihan karier atau career switching dari seorang atlet nasional judo berprestasi menjadi karyawan di bagian editorial sebuah perusahaan kreatif webtoon.  

Bagi yang memerhatikan, dalam dua episode awal penayangannya pada Jumat dan Sabtu, 29-30 Juli 2022 lalu, proses transformasi karier On Ma Eum mendominasi alur cerita. Dari alur tersebut, yuk simak 5 tips sukses career switching ala Kdrama “Today’s Webtoon” berikut ini.                 

Pilih Karier di Bidang yang Disukai

Career Switching ala Drama Korea “Today’s Webtoon”
(Instagram.com/sbsdrama.official)

Career switching merupakan proses seseorang melakukan perubahan karier dari satu bidang ke bidang lain yang biasanya sangat berbeda. Sebagian orang melakukan hal ini dengan alasan mengejar passion, yaitu mengerjakan sesuatu yang mereka senangi. Bukan sebuah rahasia lagi bahwa bisa bekerja pada bidang yang sesuai dengan passion akan mendatangkan sebuah kenikmatan tersendiri.  

On Ma Eum dalam drama “Today’s Webtoon” diceritakan mengalami hambatan dalam meneruskan karier sebagai atlet judo karena cedera di kakinya. Selain mencintai Judo, ia juga seorang penggemar berat webtoon.

Suatu hari ia melihat lowongan kerja di sebuah perusahaan webtoon. Karena sangat menyukainya, meski belum memiliki pengalaman menjadi seorang editor, ia tetap mencoba melamar pekerjaan itu dengan modal kecintaannya pada produk perusahaan tersebut, yaitu webtoon.

Kesukaannya inilah yang kemudian banyak memberi pengaruh positif dalam proses career switching On Ma Eum di bidang baru tersebut.

Satu tips yang mungkin bisa ditiru dari apa yang dilakukan On Ma Eum adalah memilih karier baru yang berasal dari kecintaan diri terhadap suatu bidang tertentu. Dengan melakukan apa yang dicintai, seseorang tak hanya akan lebih cepat beradaptasi. Tetapi, juga akan merasa lebih bahagia dengan karier barunya tersebut.

Highlight Kelebihan Diri sebagai Benefit untuk Perusahaan

Career Switching ala Drama Korea “Today’s Webtoon”
(Instagram.com/sbsdrama.official)

Tak sekadar omongan saat wawancara kerja, tokoh On Ma Eum membuktikan benefit yang bisa ia berikan ke perusahaan atas dasar kesukaannya pada webtoon terbitan mereka. Benefit itu antara lain pengetahuan yang detail terkait produk, attitude yang antusias, tak kenal menyerah, sense of belonging yang tinggi dan senantiasa berpikiran positif.

Meski ada saja tantangan dan masalah yang dihadapi perusahaan. Namun, di saat yang lain menyerah karena kehabisan akal, On Ma Eum memiliki banyak alasan untuk tetap on fire.

Pengetahuan yang detail tentang sebuah produk dapat dimanfaatkan untuk kepentingan perusahaan. Misalnya, seseorang yang menyukai sebuah produk skincare, apabila melamar pekerjaan sebagai Sales Officer atau Product Research & Development Staff di perusahaan produsen skincare yang rutin dipakainya, maka ia dapat menggunakannya  pengalamannya itu.

Pengalamannya selama menggunakan produk itu bisa menjadi salah satu sumber masukan berharga bagi perkembangan perusahaan, baik dari segi produk maupun pemasarannya. Jadi, tak ada alasan untuk minder ya, Ladies.

Positive Thinking dan Antusias

Career Switching ala Drama Korea “Today’s Webtoon”
(Instagram.com/sbsdrama.official)

Tokoh On Ma Eum digambarkan sebagai sosok yang ceria, penuh semangat, serba cepat dan senantiasa positive thinking. Sementara salah satu tokoh utama pria, Goo Jun Yeong (Nam Yoon Su) senantiasa berpikir negatif tentang pekerjaan dan lingkungan kantornya. On Ma Eum seakan menjadi sosok yang mampu menceriakan suasana di departemen editorial dimana mereka ditempatkan.

Positive thinking dan antusiasme dalam bekerja memang menjadi bahan bakar yang dapat membuat seseorang lebih cepat beradaptasi dengan lingkungan pekerjaan baru.

Karyawan yang memiliki pemikiran yang positif dan senantiasa menjaga antusiasme dalam melaksanakan setiap tugas yang diberikan kepadanya akan jauh lebih berpotensi untuk meraih kesuksesan, dibanding mereka yang menjalankan pekerjaan ala kadarnya dengan pemikiran yang negatif tentang banyak hal.

Bertanggung Jawab, Terutama Jika Lakukan Kesalahan

Career Switching ala Drama Korea “Today’s Webtoon”
(Instagram.com/sbsdrama.official)

Ladies, apakah kamu pernah melakukan sebuah kesalahan yang fatal bagi tim? Wah, sebagai newbie tentu akan mendadak terkena panic attack ya? Good news! Kamu adalah manusia, bukan malaikat yang perfect. Selama kesalahannya tidak disengaja, bukan perkara integritas dan tidak berkaitan dengan fraud, maka jangan terlalu lama menyalahkan diri sendiri.

Lalu, bagaimana supaya bisa cepat move on? Hal pertama yang perlu dilakukan adalah penerimaan diri. Ngaku aja dulu dengan tulus kepada tim supaya tidak kehilangan respect.

Jangan lupa, jika memungkinkan, jelaskan juga bahwa kamu melakukan itu semata-mata karena ingin berusaha yang terbaik untuk tim. Meskipun, memang hal tadi kamu melakukan itu dengan ceroboh, tanpa berpikir panjang atau mendiskusikannya kepada anggota yang lebih senior terlebih dahulu.

Perlu digarisbawahi, bahwa personal track record merupakan bagian penting yang dapat menentukan perjalanan karier seseorang. Jika telah mendapat kepercayaan dari para pihak yang pernah bekerja sama dengannya, seseorang akan lebih mudah melakukan langkah-langkah dalam karirnya, termasuk career switching.

Salah satu hal yang menjadi kunci kepercayaan pihak lain pada diri seseorang adalah rasa tanggung jawab. Maka, menjaga kepercayaan orang lewat sikap bertanggung jawab akan mempermudah career switching.       

Asah Keahlian Problem Solving

Career Switching ala Drama Korea “Today’s Webtoon”
(Instagram.com/sbsdrama.official)

Ketika menemukan sebuah masalah, baik itu disebabkan karena kesalahan orang lain maupun diri sendiri, hal penting yang harus segera dilakukan adalah take action untuk menyelesaikannya.

Tahapannya, antara lain mengidentifikasi akar masalah, lalu mencari alternatif solusi untuk perbaikan. Khusus untuk masalah yang terjadi karena kesalahan diri, untuk menebusnya, apabila memungkinkan lakukan perbaikan yang mengesankan. Sehingga, orang akan lupa dengan kesalahan dan fokus pada perbaikan itu.

Bagaimana cara melakukan perbaikan yang mengesankan? Tips yang bagus dari tokoh On Ma Eum adalah gunakan cara-cara yang tak biasa yang bahkan tidak sempat terpikirkan oleh para seniornya. Istilah kerennya saat ini adalah thinking out of the box. Gunakan segala resources yang ada di sekitar agar ide-ide penyelesaian masalah bisa didapat dengan lebih cepat.

Dalam drama “Today’s Webtoon”, tokoh On Ma Eum menemukan akar masalah penulis Baek Eo Jin yang mendapat komentar buruk dari pembaca. Akar masalahnya adalah karena sudut pandangnya berubah terhadap media datar monitor akibat proses penuaan fisik yang dialami sang penulis.

Dengan cerdiknya, On Ma Eum menganalogikan kondisi penulis Baek Eo Jin dengan teknik Michaelangelo ketika membuat patung David. Seniman legendaris Italia itu sengaja membuat patung David yang apabila dipandang secara horizontal terlihat tidak proporsional. Tujuannya adalah agar patung tersebut justru terlihat proporsional di mata orang-orang ketika dilihat dari sudut vertikal.   

Setelah mengetahui akar masalahnya, sang penulis menemukan solusi sehinga iapun kembali bersemangat melanjutkan karya webtoon-nya. Akhirnya masalah pun dapat teratasi.

 

Ladies, itulah 5 tips sukses career switching ala drama Korea “Today’s Webtoon”. Semoga bermanfaat!.

s