5 Wisata Candi di Indonesia yang Megah Ini Wajib Kamu kunjungi!

Rabu, 30 Juni 2021 | 09:14:31

Sofianti Herina

Penulis : Sofianti Herina

5 Wisata Candi di Indonesia yang Megah Ini Wajib Kamu kunjungi!

Foto: Ladiestory.id

Indonesia kaya akan tempat wisata termasuk wisata candi. Ada banyak candi di Indonesia yang merupakan peninggalan sejarah sekaligus tempat wisata. Setidaknya ada 5 candi yang populer dan megah yang wajib Anda kunjungi. 

Selain untuk berwisata, dengan mengunjungi candi Anda juga akan tahu sejarah dari candi yang merupakan peninggalan budaya bangsa Indonesia tersebut. 

5 Wisata Candi di Indonesia

Inilah 5 candi di Indonesia yang populer dan megah yang wajib Anda kunjungi:

1. Candi Borobudur

Foto: Ladiestory.id

Candi Borobudur tentu tak asing lagi buat Anda. Candi yang terletak di Magelang, Jawa Tengah ini sangat populer bahkan hingga ke Mancanegara. Candi ini merupakan peninggalan agama Budha, pada masa pemerintahan kerajaan Syailendra.

Candi Borobudur merupakan salah satu dari 7 keajaiban di dunia, dan menjadi kuil Budha terbesar di dunia serta salah satu monumen terbesar di dunia, hal itu menunjukan kalau Candi Borobudur memang benar-benar megah dan populer.

Candi borobudur memiliki keistimewaan dari segi arsitekturnya  yang juga menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan. Hingga kini Borobudur telah menjadi destinasi yang wajib dikunjungi saat berwisata ke Jawa Tengah.

2. Candi Prambanan

Foto : Ladiestory.id

Candi Prambanan juga termasuk salah satu candi yang cukup populer. .Candi ini dikenal memiliki sejarah yakni kisah Roro Jonggrang yang dikutuk Bandung Bondowoso menjadi candi, dan candi itulah yang kini menjadi candi utama.

Karena memiliki kisah tersebut itulah candi ini juga dijuluki Candi Roro Jonggrang. Candi ini merupakan  candi di Indonesia yang bercorak Hindu yang dibangun pada abad 19 masehi. 

Candi Prambanan yang terletak di Klaten, Yogyakarta ini termasuk dalam warisan budaya UNESCO yang ada di Indonesia.

3. Candi Sewu

Foto: Ladiestory.id

Candi megah di Indonesia  lainnya tapi tak sepopuler candi Prambanan dan Candi Borobudur adalah candi Sewu. Candi ini terletak masih di sekitar komplek Prambanan. 

Candi seluas 185 M x 165 M dan tinggi 30 meter ini termasuk dalam candi megah meskipun dulu sempat rusak akibat gempa di Yogya.

Candi Sewu memiliki keunikan serta daya tarik tersendiri, diantaranya terdapat banyak spot foto yang instagramable. Candi ini juga merupakan komplek candi Budha terbesar di Indonesia. Candi Sewu termasuk dalam warisan budaya UNESCO yang ada di Indonesia. 

4. Candi Gedong Songo

Foto: Ladiestory.id

Selanjutnya ada Candi Gedong Songo, sesuai dengan namanya candi ini memiliki 9 bangunan, namun hingga kini yang tersisa hanya ada 5 dan terpisah-pisah. 

Candi Gedong Songo terletak di dataran yang tinggi karena itu saat Anda berada di puncak candi Anda akan menyaksikan pemandangan gunung yang eksotis.

Saat Anda mengunjungi wisata Candi Gedong songo Anda juga dapat menikmati fasilitas pemandian air panas serta wisata kuda.

5. Candi Dieng

Foto: Ladiestory.id

Candi Megah yang ada di Indonesia selanjutnya yaitu komplek candi Dieng yang memiliki 8 bangunan. Candi yang terletak di area pegunungan Dieng 

ini termasuk salah satu peninggalan agama Hindu yang dibangun pada abad ke 8. Nama - nama bangunan candi Dieng diambil dari nama pewayangan seperti Candi Arjuna, Candi Gatot Kaca, Candi Srikandi, Candi Semar, Candi Bima, Candi Sembadra, Candi Dwarawati, dan Candi Puntadewa.

Itulah 5 candi di Indonesia yang Megah dan cukup populer di Indonesia yang wajib Anda kunjungi. Selain menikmati keindahannya Anda juga akan belajar banyak sejarah peninggalan candi di Indonesia.