6 Cara Menghasilkan Uang Sambil Traveling! Yakin Enggak Mau?

Senin, 28 September 2020 | 13:44:24

LS Travel

Penulis : LS Travel

6 Cara Menghasilkan Uang Sambil Traveling! Yakin Enggak Mau?

Melancong atau traveling merupakan kegiatan yang menyenangkan. Aktivitas ini dapat mengurangi rasa penat terhadap rutinitas serta pekerjaan. Sayangnya, untuk melakukan traveling, membutuhkan dana yang tak sedikit. Bahkan, ketika traveling, kita kerap mengeluarkan dana yang melebihi dari budjet yang sudah ditentukan. 

Namun, kini tak perlu khawatir, dari traveling, kita bisa menghasilkan uang. Kamu bisa asyik berjalan-jalan sambil menghasilkan uang. Meski enggak banyak, setidaknya bisa mengganti ongkos pesawat atau uang jajan selama traveling. Wah gimana caranya? Berikut ini cara menghasilkan uang dari traveling

Menjadi Travel Blogger 

Hobi jalan-jalan yang kamu miliki bisa menjadi kegiatan yang lebih produktif. Kamu bisa menjadi travel blogger dengan menuliskan cerita perjalanan kamu ke berbagai destinasi wisata ke blog pribadimu. 

Kamu bisa memanfaatkan penggunaan search engine optimization (SEO) dalam tulisan sehingga lebih mudah pencariaan. Jika blog kamu ramak dikunjungi, bukan tidak mungkin kamu bakal mendapat penawaran iklan yang tentu saja tidak gratis. 

Penulis Lepas 

Selain blog, kamu bisa mempublikasikan tulisan kamu dengan mengirimkan ke media massa. Tulisan yang dimuat tentu akan mendapatkan bayaran. Bahkan, bila tulisan dan ide-ide kamu bagus, kamu dapat menjadi penulis lepas di media tersebut. 

Tour Guide 

Memiliki hobi traveling juga bisa kamu manfaatkan dengan menjadi tour guide atau pemandu wisata. Kamu bisa membuka jasa pemandu wisata kecil-kecilan di media sosial. Buka jasa destinasi wisata ke negara, kota, atau daerah lainnya yang sudah kamu kunjungi agar lebih mudah menjelaskan kepada wisatawan. Pekerjaan ini tentu akan menyenangkan. Kamu bisa jalan-jalan tanpa perlu merogoh kocek banyak, bahkan gratis. 

Jasa Titip (Jastip) 

Jasa titip atau jastip kerap dimanfaat traveler untuk mendapat uang tambahan selama melancong. Umumnya, mereka akan menawarkan jasa kepada teman-teman, keluarga, atau followers atau netizen di akun media sosial miliknya. Titipan tersebut adalah barang-barang yang ada di negara, kota, atau tempat wisata lainnya. 

Mulai dari, skincare, makeup, parfum, makanan dan minuman, fashion, hingga aksesori. Dari jasa titip ini, kamu bisa mendapat fee karena telah membantu mencarikan barang yang mereka inginkan. Tarif fee ini beragam, ada yang 10 persen dari harga barang dan ada pula punya standar sendiri. Jadi, jangan mau dititip oleh-oleh tanpa membayar ya. 

YouTuber 

Selain menulis di blog, kamu dapat membuat vlog ketika traveling. Kamu bisa membahas mengenai sejarah, keunikan, dan sisi lain dari tempat yang kamu kunjungi. Buat sekretif, menarik, serta berbeda dari yang lain. 

Sebab, kalau video kamu menarik, akan banyak yang menonton atau viewers. Kanal YouTube milikmu akan menjadi cukup besar. Situs atau agen travel bakal menggunakan jasamu untuk ajang promosi. Dari sinilah, kamu bisa traveling sekaligus dibayar. 

Jual Hasil Foto dan Video 

Selama traveling pastinya kamu tak lupa untuk memotret pemandangan atau tempat lainnya. Foto-foto ini dapat menghasilkan uang. Caranya, menjual kepada individu, media, situs-situs foto seperti Shutterstock. Mereka tentu akan membayar foto hasil jepretan tanganmu.