Logo LadieStory.ID
LADIESTORY.ID | BEAUTY | 6 CARA PERAWATAN RAMBUT KERITING AGAR TIDAK KUSUT DAN MUDAH DIATUR

6 Cara Perawatan Rambut Keriting agar Tidak Kusut dan Mudah Diatur

LS Beauty
Penulis: LS Beauty
Kamis, 08 April 2021 | 02:08:24
Durasi baca: 2 menit, 57 detik
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp

6 Cara Perawatan Rambut Keriting agar Tidak Kusut dan Mudah Diatur 

Memiliki rambut keriting mempunyai keunikan sendiri. Rambut keriting terlihat lebih bervolume dan tebal. Ada banyak jenis rambut keriting, dari ikal, keriting gantung, sampai kribo. Setiap jenis keriting ini memerlukan perawatan berbeda dan lebih banyak dibanding rambut lurus. 

Meski terlihat lebih bervolume, kebanyakan pemilik rambut keriting berharap bisa memiliki rambut lurus. Hal ini lantaran rambut lebih mudah mengalami masalah. Umumnya, permasalahan yang dihadapi adalah rambut kering, kusut, serta sulit diatur. Rambut keriting cenderung lebih kering sehingga gampang kusut. Semakin keriting rambut, semakin besar risiko untuk kering. 

Penyebab rambut keriting kusut karena gesekan antara helaian rambut akibat kurangnya sebum atau minyak. Sebum lebih sulit menempel pada batang rambut yang keriting. Lalu, bagaimana perawatan yang tepat untuk rambut keriting? Simak di bawah ini perawatan rambut keriting agar tidak kusut dan mudah diatur dikutip dari laman Forbes

Baca juga: Agar Rambut Tetap Wangi Saat Berhijab

Jangan Keramas Terlalu Sering 

Mencuci rambut terlalu sering dapat mengikis untaian rambut, membuatnya rapuh, dan kering. “Untuk wanita dengan rambut keriting lebih tebal, saya merekomendasikan keramas seminggu sekali. Untuk wanita dengan rambut keriting halus, keramas dua kali seminggu," kata Cynthia Alvarez, pakar Dove Hair Curl. 

Jika ingin menyegarkan rambut ikal, dapat mencucinya dengan kondisioner, bukan sampo. Ini bekerja sangat baik, terutama untuk wanita yang banyak berolahraga dan tidak ingin keringat serta minyak menempel di kulit kepala mereka. 

Sisir Rambut Saat Keramas 

Rambut kusut kerap menjadi permasalahan yang dihadapi pemilik rambut keriting. Akibatnya, mereka enggan menyisir rambut, bahkan menyisirnya adalah ide buruk. Menyisir rambut keriting dalam keadaan kering memang harus dihindari lantaran dapat membuat rambut kusut. 

Alvarez mengatakan rambut keriting mudah kusut karena cenderung lebih kering, yang menyebabkan ikal-ikal saling menempel. “Untuk menghilangkan kusut, sisir rambut saat keramas ketika kondisioner masih ada. Anda akan terhindar dari kerusakan dan melihat rambut kusut berkurang," ujarnya. 

Gunakan Pelembap atau Kondisioner 

Rambut yang lembap merupakan kunci untuk rambut keriting terhindar kusut serta mudah diatur. Karena itu, Alvarez menyarankan pemilik rambut keriting melakukan deep condition setidaknya dua kali sebulan. Untuk rambut keriting yang lebih padat, ia merekomendasikan deep conditioning seminggu sekali untuk kelembapan ekstra. "Semakin lembap rambut, semakin bahagia ikal Anda,” ucapnya. 

Baca juga: Rekomendasi Shampo Agar Rambut Cepat Panjang


Handuk Mico-Fiber 

Penggunaan handuk jarang diperhatikan, padahal handuk berpengaruh besar dalam menyumbang kekusutan rambut ketika mengeringkannya. Alvarez menyarankan untuk mengganti handuk berbahan terry dengan handuk mico-fiber. Hal ini lantaran bahan mico-fiber lebih lembut untuk rambut dan membantu mengeringkan rambut lebih cepat tanpa membuat kusut. 

Produk untuk Rambut Ikal 

Perawatan rambut keriting sangat bergantung pada produk yang digunakan sehari-hari. Sayangnya, banyak wanita dengan rambut keriting merasa frustrasi ketika mencoba menemukan produk yang tepat untuk rambut mereka. Untuk itu, kuncinya adalah menggunakan produk yang menutrisi rambut membentuk fondasi yang tepat. 

"Cari produk yang dirancang khusus untuk rambut keriting seperti produk Dove Quench Absolute baru yang dirancang membuat rambut lebih halus dan mudah diatur. Aplikasikan pada rambut basah untuk penyerapan maksimal. Dengan begitu, saat mengeringkan rambut, produk ini menyerap semua produk. Tidak hanya menempel di rambut serta memberatkannya. 

Menata Rambut Secara Sederhana 

Rambut ikal terlihat paling baik ketika diberi nutrisi dan sehat. Sering kali pemilik rambut keriting memilih meluruskan rambut, baik memakai catokan maupun perawatan kimia permanen. Padahal, semua itu dapat menyebabkan kerusakan rambut seperti kering dan makin sulit diatur setelahnya. 

Sebaiknya menata rambut keriting secara sederhana. Bila merasa terganggu seperti sulit diatur, kamu bisa menjepit sebagian rambut atau mengucir semuanya. 

Baca juga: Warna Rambut Yang Cocok Untuk Remaja

Alvarez menyarankan menghentikan penataan rambut dengan meluruskannya selama sekitar seminggu. "Anda akan melihat ikal yang muncul kembali dan memiliki gambaran yang lebih baik tentang seperti apa rambut alami Anda." 

 

Merawat rambut kriting Cara merawat rambut kribo Rambut kriting sehat Tips cantik rambut kriting

RESPONSES

Give your comment here COMMENT

Related Posts

Trending On Beauty