6 Tips Perawatan Rambut Musim Panas agar Tetap Sehat dan Tidak Lepek 

Kamis, 8 April 2021 | 14:08:30

LS Beauty

Penulis : LS Beauty

6 Tips Perawatan Rambut Musim Panas Agar Tetap Sehat Dan Tidak Lepek 

Cuaca panas tidak hanya buruk bagi kulit, tapi juga rambut. Sebab, cuaca panas rentan membuat kulit kepala dan rambut kerap berkeringat atau basah. Akibatnya, rambut menjadi lepek, bau, kusam, dan tak terurus. Tentu saja kondisi ini memberi rasa tak nyaman, memperburuk penampilan, juga menurunkan kepercayaan diri. 

Selain itu, panas matahari juga dapat menyebabkan pelapukan, kerusakan oksidatif pada rambut, serta menjadikan rambut kering, rapuh, dan kaku. Namun, tak perlu khawatir. Ada berbagai cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi rambut lepek dan bau ketika musim panas. Nah, berikut ini tips perawatan rambut musim panas agar tetap sehat dan tidak lepek dikutip dari laman Stylecraze. Cek di bawah ini ya. 

Hindari Terlalu Banyak Perawatan 

Musim panas sudah mengeringkan rambut dan menyebabkan kerusakan. Sebuah penelitian menunjukkan rambut yang diwarnai dapat menunjukkan perubahan signifikan akibat efek panas. Karena itu, hindari perawatan kimiawi rambut apa pun selama musim panas, baik di salon maupun rumah.

Jika ingin mewarnai rambut atau mengubah warna selama musim panas, coba lakukan satu atau dua bulan sebelum memasuki musim panas. Gunakan produk berbahan organik untuk mewarnai rambut. 

Gunakan Kondisioner

Ketika sinar matahari mengeringkan rambut, gunakan kondisioner untuk membantu mengembalikan kelembapan rambut. Pilih kondisioner yang sesuai dengan jenis dan tekstur rambut. Aplikasikan kondisioner dari batang sampai ujung rambut. 

Hindari menggunakan kondisioner di akar rambut demi menghindari rambut lepek setelahnya. Bila ingin berenang, gunakan kondisioner tanpa bilas serta kenakan topi renang. 

Sampo Khusus 

Terlalu sering keramas dapat menghilangkan minyak alami pada rambut sehingga kulit kepala dan rambut menjadi kering serta makin lepek saat musim panas. Apabila kulit kepala mudah berkeringat serta rambut berminyak, gunakan sampo dengan formula ringan yang khusus untuk musim panas. 

Gunakan sampo hanya di kulit kepala, bukan di rambut. Saat mencuci rambut, busa akan ikut membilas dan membersihkan rambut. Mengaplikasikan sampo secara terpisah di rambut dan ujung rambut dapat membuat rambut kering. 

Gunting Ujung Rambut 

Ujung rambut sering mengalami kerusakan selama musim panas seperti bercabang atau kering. Rambut yang panjang juga kerap mengalami lepek dan gerah lantaran panas. Musim panas adalah waktu yang ideal untuk menggunting atau mengganti model rambut baru. Namun, jika tidak ingin mengganti model atau memendekkan rambut, kamu bisa menggunting ujung rambut yang pecah-pecah atau kering. 

Gunakan Perlindungan Matahari

Cara terbaik melindungi rambut dari terik matahari adalah memakai syal. Jika tak ingin menggunakan syal, pastikan kamu memakai kondisioner tanpa bilas dengan kandungan SPF. Jika terlalu banyak bekerja di luar ruangan dan sering berada di bawah sinar matahari, pilih produk rambut yang mengandung SPF. Kamu dapat memilih produk masker rambut atau tabir surya khusus yang sesuai dengan jenis rambut. Namun, pastikan mencuci rambut setelah berada di rumah. 

Minum Banyak Cairan

Cara-cara di atas tidak efektif bila kurang cairan. Pastikan kebutuhan cairan kamu terpenuhi. Pilih minuman dingin yang membantu menjaga rambut tetap sehat dan terhidrasi. Jangan lupa mengonsumsi buah dan sayuran. Ini adalah tips perawatan rambut yang penting selama musim panas.