6 Ciri-Ciri Penyakit Jantung pada Wanita, Sudah Tahu?

Kamis, 8 Juni 2023 | 18:04:00

Anisah Chamalia

Penulis : Anisah Chamalia

6 Ciri-Ciri Penyakit Jantung Pada Wanita, Sudah Tahu?

Ilustrasi penyakit jantung. (Special)

Ladiestory.id - Penyakit jantung merupakan peringkat satu penyebab kematian di Indonesia. Bahkan, penyakit ini juga banyak mengincar para wanita. Sayangnya, tak banyak yang mengetahui ciri-ciri penyakit jantung pada wanita.

Sebab, seringkali penyakit jantung diidentikan dengan pria dan hanya ditandai dengan nyeri dada yang menjalar ke seluruh tubuh. Padahal, wanita memiliki risiko penyakit jantung pada usia 55 tahun ke atas. Tingkat keparahan nya pun lebih tinggi dialami wanita dibandingkan pria. Namun, masih sering yang mengabaikan informasi seputar ciri-ciri penyakit jantung ini. 

Nah, supaya kamu dapat melakukan berbagai pencegahan sejak dini. Yuk, simak ulasan lengkap mengenai enam ciri-ciri penyakit jantung pada wanita.

Adanya Rasa Tak Nyaman di Dada

ilustrasi nyeri dada dan sait jantung. ( eba mk )

 

Ciri-ciri penyakit jantung pada wanita yang pertama yaitu adanya rasa tak nyaman di dada. Gejala ini merupakan hal yang paling umum terjadi. Meski begitu, hal yang dialami wanita dengan pria cukup berbeda.

Pada kondisi ini kamu akan merasakan seolah dada diremas dengan kencang. Bahkan, ada pula yang merasa seolah tengah terikat dengan ketat. Akhirnya, kamu pun merasa tidak nyaman atau timbul juga rasa sakit di bagian tubuh lainnya. 

Nyeri di Bagian Tertentu

Ilustrasi nyeri dada. (Special)

 

Selain muncul di area dada, seringkali nyeri juga dialami pada bagian tubuh tertentu. Misalnya, lengan, punggung, leher atau rahang. Sayangnya, banyak yang tak menyadari hal ini merupakan gejala dari penyakit jantung. 

Biasanya, nyeri akan terjadi secara acak atau bertahap. Adapula yang merasakan hilang dan muncul kembali dalam frekuensi yang cukup intens. Bahkan, jika kondisi ini terjadi saat kamu tidur. Kamu dapat terbangun olehnya. Apabila kamu mengalaminya, maka hal ini merupakan tanda untuk segera melakukan pemeriksaan ke dokter. 

Mengalami Keringat Dingin

Ilustrasi orang keringatan. (Special)

 

Ciri-ciri penyakit jantung pada wanita berikutnya berupa mengalami keringat dingin. Terutama terjadi ketika kamu tidak melakukan apapun. Jika hal ini sering terjadi, maka kamu patut merasa curiga.

Sebab, keringat dingin yang dihasilkan oleh tubuh seringkali menjadi pertanda serangan jantung yang bisa terjadi secara tiba-tiba. Jadi, jangan ragu melakukan pemeriksaan ke dokter terdekat.

Sering Mengalami Nafas Terengah-Engah

Ilustrasi sesak napas. (Special)

 

Mengalami nafas pendek atau terengah-engah merupakan salah satu dari ciri-ciri penyakit jantung pada wanita. Kondisi ini bahkan bisa terjadi kapan saja baik ketika beraktivitas ringan maupun berat. Bahkan, dapat dialami saat kamu berbaring dan berkurang ketika kamu kembali dalam posisi duduk.

Alami Gangguan Pencernaan atau Sakit Perut

Ilustrasi sakit perut. (Special)

 

Ketika seseorang akan mengalami serangan jantung. Biasanya akan diawali dengan gangguan pencernaan atau sakit perut yang tak tertahankan. Misalnya, mual, muntah hingga rasa tidak nyaman diperut.

Jika didiamkan, maka kondisi tersebut akan semakin parah dan seolah terdapat beban berat diatas perutmu. Namun, banyak para penderita penyakit jantung justru mengabaikannya. Adapula yang menganggapnya hanya gangguan pencernaan semata. 

Kelelahan yang Berlebihan

Ilustrasi kelelahan. ( Healthline )

 

Ciri-ciri penyakit jantung pada wanita sering mengalami kelelahan yang berlebihan. Apakah kamu kerap mengalaminya dalam frekuensi yang tinggi? 

Jika iya, maka kamu perlu waspada. Sebab, kelelahan dapat menjadi pertanda adanya serangan jantung yang bisa menyerang kapan saja. Bahkan, dengan beristirahat sementara waktu dan tidak menggerakan tubuh rasa lelah tersebut sulit berkurang. Sehingga, ketika kamu mengalaminya. Kamu perlu curiga dan segera melakukan pemeriksaan ke pusat pelayanan kesehatan terdekat.

Itulah enam ciri-ciri penyakit jantung pada wanita yang wajib kamu ketahui. Tentunya, menerapkan pola hidup sehat dan rutin berolahraga dapat menjadi kunci menjaga kesehatan jantung. Semoga informasi di atas bermanfaat dan salam sehat!