6 Manfaat Liburan Bagi Kesehatan Tubuh dan Mental

Senin, 19 Juni 2023 | 00:00:00

Penny Fatikasari

Penulis : Penny Fatikasari

6 Manfaat Liburan Bagi Kesehatan Tubuh Dan Mental

Manfaat Liburan (Freepik.com)

Ladiestory.id - Ladies, liburan memang menjadi penyemangat tersendiri bagi seseorang. Liburan menjadi suatu kebutuhan yang wajib dilakukan agar tubuh kembali sehat setelah sibuk menjalankan rutinitas.

Tak perlu menunggu liburan panjang, libur akhir pekan pun dapat membantu membebaskan diri dan pikiran dari penatnya aktivitas. Tentunya kamu dapat melakukan liburan baik solo maupun bersama dengan orang terdekat.

Nah, tak hanya bisa melepaskan diri dari rutinitas tentunya liburan memiliki enam  manfaat bagi kesehatan tubuh dan mental seperti yang telah Ladiestory.id rangkum berikut ini.

1. Mencegah Penyakit Jantung

Mencegah Penyakit Jantung. (Freepik.com

 

Ladies, salah satu masalah kesehatan yang bisa saja timbul pada diri seseorang ialah gejala penyakit jantung. Bukan hanya berasal dari penyakit turunan, ternyata beban pekerjaan, kesibukan dalam rumah tangga bahkan menumpuknya beban pikiran dapat memicu seseorang mengalami stres dan depresi hingga menyebabkan seseorang mengalami penyakit jantung mendadak.

Hal ini dikarenakan adanya kenaikan hormon kortisol yang membuat seseorang merasa gelisah dan stres yang tinggi, apabila gejala ini terus berlangsung tentunya akan membuat seseorang mengalami sakit jantung.

Liburan juga dapat menjadi salah satu alternatif untuk mencegah terjadinya penyakit jantung, lho. Maka tak heran pada saat sedang liburan maupun setelah pulang dari berlibur seseorang akan merasakan kegembiraan atau rasa bahagia.

2. Mencerdaskan Fungsi Otak

 

Mencerdaskan Fungsi Otak. (Freepik.com)

 

Ladies, sibuk bekerja dan berpikir keras dapat memicu terjadinya gangguan stres kronik. Stres kronik ini bahkan dapat menstimulasi sebagian otak serta dapat membahayakan memori pikiran dan ingatan.

Maka sangat penting untuk mengistirahatkan tubuh dan pikiran sejenak dari berbagai macam rutinitas khususnya yang melibatkan diri untuk berpikir terus-menerus. Oleh sebab itu, luangkan waktu untuk menyegarkan pikiran dan melancarkan fungsi otak dengan cara berlibur.

3. Menurunkan Berat Badan

Mencerdaskan Fungsi Otak. (Freepik.com)

 

Ladies, bagi kamu yang memiliki masalah gangguan makan yang membuat kamu merasa terus-terusan ingin mengunyah makanan tiada henti atau memiliki gejala emotional eaters, ternyata dengan berlibur bisa menjadi alternatif yang tepat untuk menghentikan gejala ini, lho. Tentunya saat berlibur akan membantumu untuk mengalihkan perhatian dengan makanan dan fokus melakukan aktivitas dan kegiatan baru yang dapat menyegarkan dirimu.

Walaupun saat berlibur kamu bisa saja melakukan wisata kuliner, namun hal ini pun cukup membantumu untuk mengurangi kebiasaan buruk untuk menaikan berat badan, karena dengan berlibur kamu dapat teralihkan dengan melakukan berbagai aktivitas yang menyenangkan, tanpa disadari cara ini cukup ampuh untuk menurunkan berat badan, lho.

4. Meningkatkan Imunitas Tubuh

 

Meningkatkan Imunitas Tubuh. (Freepik.com)

 

Ladies, saat sedang melakukan perjalanan liburan tubuh akan beradaptasi dengan lingkungan baru yang bisa saja memicu masuknya berbagai macam bakteri, secara tidak langsung sistem kekebalan tubuhmu akan siap melindungi tubuh dari patogen yang berbahaya.

Tubuhmu yang beradaptasi dengan lingkungan barunya ini justru tidak membuat imunitas tubuh menjadi lemah dan akan semakin meningkat. Bagi mereka yang sering berlibur atau melakukan perjalanan memiliki sistem kekebalan tubuh yang tidak mudah untuk terserang penyakit.

5. Menciptakan Rasa Bahagia

 

Menciptakan Rasa Bahagia. (Freepik.com)

Yup, setiap orang tentu senang menyambut hari libur. Selain dapat terbebas dari rutinitas kamu pun dapat lebih leluasa untuk beristirahat maupun melakukan aktivitas menyenangkan.

Dengan berlibur tentu seseorang akan merasa bahagia atau dapat membantu meningkatkan hormon endorfin dalam tubuh. Sehingga secara tidak langsung seseorang akan terbebas dari stres, depresi maupun kecemasan.

6. Meningkatkan Hubungan

Meningkatkan Hubungan. (Freepik.com)

Ladies, saat sedang sibuk tentu kamu,  keluarga maupun orang tercinta akan merasa berjarak. Hal ini pun dapat merenggangkan hubungan, lho. Oleh karena itu, dengan merencanakan liburan yang seru dan menyenangkan tentu akan membantu untuk meningkatkan dan merekatkan jalinan hubungan yang sempat renggang.

Kamu dan orang terdekatmu dapat menciptakan kembali jalinan hubungan yang lebih akrab dan terkoneksi satu sama lain dengan berlibur bersama. Hal ini pun tentu dapat membuat perasaan dan hubungan  menjadi lebih baik.