6 Manfaat Rutin Menggunakan Masker Charcoal Bagi Kulit Wajah

Kamis, 21 September 2023 | 15:37:00

Penny Fatikasari

Penulis : Penny Fatikasari

6 Manfaat Rutin Menggunakan Masker Charcoal Bagi Kulit Wajah

Ilustrasi Masker Charcoal. (Real Simple)

Ladiestory.id - Penggunaan charcoal atau arang juga digunakan sebagai bahan skincare yang tentunya sudah diuji kelayakannya bagi kulit. Masker arang atau charcoal juga menjadi salah satu daya tarik tersendiri bagi dunia kecantikan khususnya masker wajah. Saat ini pun arang aktif menjadi salah satu bahan kecantikan popular yang banyak ditemukan di retail kecantikan. Tentunya arang aktif juga berbeda dari arang biasa yang dapat dijadikan sebagai bahan alami untuk masker wajah.

Berikut 6 manfaat yang bisa kamu dapatkan dengan rutin menggunakan masker charcoal bagi kulit wajahmu.

Mengatasi Jerawat

Ilustrasi Kulit Berjerawat. (Freepik)

 

Salah satu masalah kulit yang umum ditemukan adalah masalah jerawat. Manfaat dari masker charcoal ini tentunya dapat membantu mengatasi masalah jerawat yang bisa kamu gunakan dalam bentuk sebum ataupun scrub untuk dapat membantu pengelupasan atau mengangkat sel kulit. Sifat antibakteri dari kandungan arang aktif ini dapat membantu mengangkat bakteri dan kotoran dari pori-pori kulit.

Selain itu, scrub dari charcoal ini juga dapat membantu menyerap minyak di kulit wajah serta mengangkat racun pada kulit. Selain itu, manfaat lain yang terkandung dari charcoal ini juga dapat mencerahkan kulit wajah secara merata serta membantu menyamarkan noda akibat bekas jerawat.

Mencerahkan Kulit Wajah

Ilustrasi Kulit Cerah. (Freepik)

 

Membersihkan wajah dengan pembersih wajah saja tidak cukup, oleh karena itu untuk mendapatkan kulit wajah cerah optimal kamu juga dapat menggunakan masker charcoal sehingga kulit tampak cerah dan terbebas dari kulit kusam. Tak hanya itu, manfaat lain yang dapat ditemukan dari masker charcoal ini ialah sebagai detoksifikasi yang baik bagi kulit wajah sehingga dapat membantu melindungi kulit wajah dari radikal bebas.

Mengangkat Komedo

Ilustrasi Komedo. (Freepik)

 

Tak hanya membantu mengatasi jerawat, masker charcoal juga dapat membantu mengangkat komedo. Masker charcoal juga efektif mengangkat sel kulit mati dan komedo membandel di wajah baik itu komedo hitam maupun komedo putih  sehingga menjadikannya lebih sehat kembali. Masker charcoal juga efektif mengangkat kotoran, bakteri, sel kulit mati dan sebum yang membandel didalamnya.

Membersihkan Kotoran pada Kulit

Ilustrasi Kulit Kusam. (Freepik)

 

Masker charcoal juga mampu membersihkan kotoran yang menempel di kulit wajah. Saat ini pun sudah banyak skincare yang dikemas dalam kemasan facial wash untuk membasmi kotoran, polusi dan makeup yang menemp di wajah. Namun, dibalik hal itu juga terdapat kandungan charcoal yang kuat bagi kulit sehingga juga dapat memberikan efek berbahaya bahkan menyebabkan alergi kulit ataupun infeksi jika produk tersebut digunakan. Oleh karena itu, berhati-hatilah dalam memilih produk perawatan kulit ya, Ladies?

Mengecilkan Pori-pori Kulit

Ilustrasi Pori-pori Kulit. (Freepik)

 

Ketika pori-pori kulit tersumbat maka dapat memunculkan beragam masalah kulit seperti jerawat, komedo, peradangan kulit bahkan infeksi pada kulit. Kandungn charcoal pada masker wajah juga dapat membantu mengecilkan pori-pori kulit wajah serta dapat menyedot semua kotoran yang masuk ke pori-pori kulit.

Mengatasi Kulit Wajah Berminyak

Ilustrasi Kulit Berminyak. (Freepik)

 

Manfaat dari masker charcoal selanjutnya ialah dapat membantu mengatasi dan menyeimbangkan kulit wajah berminyak. Kamu pun dapat menggunakan pembersih wajah atau masker charcoal untuk menyerap produksi minyak berlebih pada kulit wajahmu. Selain itu, penggunaan masker charcoal secara utin juga dapat membantu mengangkat kotoran dan sebum sehingga dapat menyeimbangkan produksi minyak alami pada kulit agar tetap terjaga.

Kamu juga bisa menggunakan masker charcoal ini selama satu hingga dua kali dalam seminggu agar tidak merusak kulit wajahmu serta tidak menjadikan kulit tampak lebih kering.