6 Manfaat Teh Hijau Untuk Kecantikan!

Tuesday, 13 Jul | 13:23:59

LS Beauty

Penulis : LS Beauty

6 Manfaat Teh Hijau Untuk Kecantikan!

Foto: Ladiestory.id

Beberapa orang gemar mengonsumsi teh hijau karna memiliki berbagai manfaat untuk tubuh.

Namun sebaiknya, seusai minum teh hijau ini, jangan terburu-buru membuang ampasnya. Sebab teh hijau juga memiliki banyak manfaat untuk wajah.

Teh hijau adalah nama teh yang dibuat dari daun tanaman teh atau Camellia sinesis  yang dipetik dan mengalami proses pemanasan untuk mencegah oksidasi. Hal ini juga berarti minuman yang dihasilkan dari menyeduh daun teh tersebut.

Memang teh hijau dikenal untuk menurunkan berat badan dan meningkatkan fungsi otak.

Teh hijau memiliki jenis nutrisi seperti Vitamin B, Vitamin C, Vitamin E, Kalsium, Magnesium, Mangan, Zinc, Selenium. Selain itu teh hijau juga mengandung anti-oksidan, anti-bakteri, dan anti-inflamasi membuat teh hijau kian digemari oleh banyak orang, terutama wanita.

Manfaat Teh Hijau untuk Kecantikan

Ternyata teh hijau tidak hanya untuk diminum, namun dapat dijadikan bahan alami untuk perawatan wajah. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan produk skincare seperti krim, serum, atau pelembap yang memiliki kandungan teh hijau.

  1. Anti Aging

Foto: Ladiestory.id

Teh hijau dapat mencegah penuaan dini sebab memiliki kandungan antioksidan epigallocatechin gallate (EGCG) yang dapat meremajakan sel kulit mati.

Selain itu kandungan vitamin C juga dipercaya dapat meningkatkan produksi kolagen.

Zat ini merupakan protein yang berperan penting dalam menjaga kelenturan kulit.

Sebab itu, banyak produk perawatan dan kecantikan kulit yang menggunakan ekstrak teh hijau untuk mengatasi dan mencegah masalah kulit, seperti keriput, flek atau bintik hitam di kulit, serta kulit kusam.

  1. Mengatasi Jerawat dan Kulit Berminyak

Foto: Ladiestory.id

Secara umum teh hijau memiliki sifat antioksidan, antimikroba, dan anti peradangan.

Kandungan EGCG juga menjadi salah satu jenis katekin utama di teh hijau, dapat membantu meredakan jerawat dengan menghambat perkembangan bakteri propionibacterium acnes. Sifatnya, ampas teh hijau berpotensi  untuk wajah berjerawat dan kulit berminyak muncul.

Kandungan polifenol dalam teh hijau dapat mengurangi produksi minyak berlebih di kulit. Sehingga, untuk mengatasi jerawat dan kulit berminyak, teh hijau tidak hanya untuk diminum.

Selain itu, teh hijau yang memiliki kandungan polifenol bermanfaat unutk wajah yang mampu melawan infeksi dengan cara merusak membran bakteri.

Dengan kemampuannya tersebut, manfaat ampas teh hijau untuk wajah berjerawat bisa dicoba guna menghentikan infeksi bakteri penyebab jerawat membandel.

  1. Membantu Kulit Menjadi Lembap

Foto: Ladiestory.id

Rata-rata masyarakat Indonesia memiliki jenis kulit berminyak atau kombinasi, namun ada juga orang yang justru kondisi kulitnya sangat kering hingga mengelupas.

Solusi untuk kulit kering adalah dengan krim pelembap. Selain krim pelembap, Anda juga bisa mengimbangi dengan perawatan alami menggunakan teh hijau.

Teh hijau kaya dengan berbagai macam vitamin, termasuk vitamin E yang berkhasiat untuk menjaga hidrasi dan kelembapan kulit.

Selain itu, kandungan antioksidan yang ada di dalam teh hijau akan menghidrasi kulit secara lebih baik. Kulit yang sangat kering sekalipun bisa menjadi lebih lembap dan kenyal setelah dirawat dengan teh hijau.

  1. Meredakan Iritasi dan Kulit Kemerahan

Teh hijau memiliki sifat anti inflamasi atau antiradang akibat kandungan dari polifenol yang tinggi. Sifat ini dapat mengatasi permasalahan kulit seperti iritasi, kemerahan, dan pembengkakan.

Sifat anti-inflamasinya, teh hijau topikal dapat sebagai obat yang efektif untuk banyak kondisi dermatologis. Menenangkan iritasi dan gatal-gatal yang disebabkan oleh psoriasis, dermatitis, dan rosacea, dan mungkin juga bermanfaat untuk mengobati keloid.

Selain itu, mengoleskan masker ampas teh hijau juga dipercaya meringankan luka sayatan kecil dan kondisi sunburn atau luka bakar akibat terpapar sinar matahari.

  1. Mencegah Kanker Kulit

Foto: Ladiestory.id

Kandungan epigallocatechin gallate pada terdapat di teh hijau berfungsi sebagai tabir surya alami yang melindungi kulit dari efek sinar UV dan melindungi sel tubuh dari kerusakan akibat paparan radikal bebas.

Beberapa riset juga mengatakan bahwa ekstrak teh hijau dapat mencegah dan menghambat pertumbuhan sel-sel kanker, termasuk kanker kulit.

  1. Mengatasi Mata Panda

Foto: Ladiestory.id

Beberapa faktor yang menyebabkan mata panda adalah begadang, stres, kondisi kulit yang terlalu kering, dan kelelahan. Dalam sebuah artikel ilmiah juga menyebutkan bahwa teh hijau memiliki kandungan kafein yang dapat mengurangi pembengkakan dan peradangan yang terjadi.

Caranya cukup mudah yakni mengompres area mata dengan kantong teh hijau dingin yang sudah tidak digunakan selama 30 menit untuk mendapatkan manfaat teh hijau untuk wajah satu ini.

Inilah 6 manfaat teh hijau untuk kecantikan. Namun jika memiliki kulit yang sensitif dan memiliki riwayat alergi teh jenis apa pun,sebaiknya berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu sebelum mencoba manfaat teh hijau untuk kecantikan. Semoga bermanfaat!

Berita Terkait