6 Tahapan Skincare untuk Remaja Pemula, Jangan Sampai Salah!

Kamis, 17 Juni 2021 | 18:59:05

Gendis Ayu

Penulis : Gendis Ayu

6 Tahapan Skincare Untuk Remaja Pemula, Jangan Sampai Salah!

Foto: Ladiestory.id

Sebagai perempuan pastinya ingin memiliki kulit wajah yang mulus, sehat, dan flawless. Tentunya, semua itu tidak terlepas dari penggunaan skincare. Skincare untuk remaja adalah serangkaian aktivitas yang mendukung kesehatan kulit, meningkatkan penampilan dan meringankan kondisi kulit.

Sayangnya, banyak orang menyepelekan tahapan penggunaan skincare sehari-hari. Padahal hal ini sangat penting dalam perawatan kulit wajah kita.  Oleh sebab itu, penggunaan skincare harus dimulai sejak dini mungkin. 

Namun bagi kamu yang baru memulai menggunakan skincare, sebaiknya perhatikan tahapan penggunaan skincare untuk remaja pemula. Agar tidak salah langkah dalam mengaplikasikan ke kulit wajahmu.

Salah mengurutkan produk skincare, dapat menjadikan skincare tersebut tidak efektif. Lebih parahnya, alih-alih wajah bersih malah menjadi rusak.

Kalau bagitu jadi sayang banget kan? Apalagi kalau sudah membeli produk-produk skincare dengan harga yang mahal. 

Selain itu, sebelum kita melakukan menggunakan skincare untuk remaja pemula ada baiknya kita mengetahui terlebih dahulu jenis kulit yang dimiliki. Sebab, jika kita menggunakan produk yang salah dan tidak sesuai dengan jenis kulit, maka dapat memperburuk jerawat, kekeringan, atau masalah kulit lainnya.

6 Tahapan Skincare untuk Remaja Pemula 

1. Pembersih wajah

Pembersih wajah adalah langkah pertama dan terpenting untuk memulai tahapan skincare.

Bagi kamu yang sering menggunakan makeup bisa menggunakan micellar water, cleansing oil, atau cleansing bal terlebih dahulu sebelum menggunakan sabun pencuci wajah ini. Kegiatan ini biasa disebuk dengan teknik double cleansing.

Prinsip double cleansing adalah membersihkan wajah dengan dua jenis produk pembersih yang berbeda. Produknya terdiri dari first cleanser berahan dasar minyak (oil based) dan second cleanser yang berbahan dasar air (water based)

Selanjutnya, untuk membersihkan wajah bisa menggunakan facial foam, creamy cleanser, atau facial wash yang memiliki kandungan scrub.

 2. Toner

Fungsi toner adalah untuk mengembalikan keseimbangan pH, mengecilkan pori-pori dan menutrisi kulit. Namun banyak orang menyepelekan tonerpadahal toner sangat berguna untuk menjaga kebersihan wajah kita.

Terlebih setelah menggunakan terlalu banyak produk makeup, bisa membuat wajah menjadi dehidrasi, sebab itu toner membantu untuk menghidrasi kulit kembali. Selain itu, toner juga bisa merawat berbagai permasalahan kulit seperti jerawat dan komedo.

Toner ini dipakai setelah facial wash. Saat menggunakan toner ada baiknya jika langsung menuangkan beberapa tetes ke telapak tangan, lalu mengusapkannya pada wajah. Hal ini lebih efektif daripada menuangkan toner ke kapas terlebih dahulu baru ke wajah.

Ada 2 jenis toner yang umum digunakan dalam tahapan skincare untuk pemula, yaitu exfoliating toner dan hydrating tonerExfoliating toner berfungsi untuk mengangkat sel kulit mati dan membersihkan kotoran yang tertinggal dari proses cleansing. Sedangkan hydrating toner berguna untuk melembabkan kulit setelah pakai proses eksfoliasi.

Apakah dua-duanya harus dipakai? Jika budget memungkinkan, sebaiknya iya. Karena salah satu nggak bisa menggantikan yang lain. Tapi kalau budget terbatas pilih salah satu sesuai dengan kebutuhan kulit kita. 

3. Serum 

Bagian yang tak kalah penting dari penggunaan skincare untuk remaja pemula adalah penggunaan serum. Serum adalah skincare yang bisa digunakan untuk pemula, yang bisa membantu mencerahkan wajah, membuat kulit sehat dan mengatasi berbagai masalah kulit.

Serum memiliki banyak kandungan, yang bisa membantu melembapkan kulit, dan membantu menutrisi kulit. Bagi kulit yang normal bisa menggunakan serum yang mengandung hyaluronic acid, vitamin C, atau menggunakan retinol.

Serum dengan vitamin C atau faktor pertumbuhan atau peptida akan lebih baik digunakan pada pagi hari, di bawah tabir surya. Sedangkan di malam hari, serum dengan bahan retinol atau retinoid akan bekerja paling baik. Makeup Artist's Choice memiliki vitamin C dan E serum dan retinol yang efektif.

4. Pelembab 

Tahapan skincare untuk remaja pemula yang bisa membantu membuat kulit menjadi cerah, sehat dan lembap, yaitu menggunakan pelembap. Pelembap sangat penting untuk kulit, agar kulit ternutrisi, lembap dan juga terhidrasi dengan cukup.

Jangan berpikir kulit berminyak tidak butuh pelembab. Tetap menggunakannya, hanya saja gunakan pelembab yang ringanringan, berbasis gel, dan tidak komedogenik, atau tidak menghalangi pori-pori Anda, seperti lotion wajah.

Kulit kering mungkin mendapat manfaat dari lebih banyak pelembab berbasis krim seperti MISSHA Super Aqua Cell Renew Snail Cream. Sebagian besar merek akan memberi label produk mereka sebagai gel atau krim pada kemasan mereka.

5. Sunscreen

Sunscreen merupakan tahapan skincare untuk remaja pemula yang tidak boleh dilupakan. Seperti namanya, sunscreen akan melindungi kulit kita dari sinar matahari yang bisa membuat kulit wajah kusam dan rusak. 

Sebaiknya, oleskan sunscreen dengan setidaknya 30 SPF 15 menit sebelum menuju ke luar, karena diperlukan beberapa saat untuk mengaktifkan sunscreen . Sebenarnya, warna kulit gelap membutuhkan lebih banyak perlindungan dari sinar matahari karena hiperpigmentasi lebih sulit untuk diperbaiki.

Untuk mendapat efek yang maksimal dari sunscreen ada baiknya kita menggunakannya secara berulang setiap tiga atau empat jam sekali.

6. Lip Balm 

Bukan cuma wajah aja, tapi bibir kita juga perlu dirawat dengan tepat. Sayang sekali jika wajah kita sudah bersih namun bibir kita tampak rusak. 

Pastikan kita memakai lip balm untuk menjaga kelembapan bibir. Baru setelahnya kita bisa gunakan lipstik atau produk bibir lainnya. Akan jauh lebih bagus kalau kita bisa memakai lip balm dengan kandungan SPF yang bisa melindungi bibir kita juga dari sinar matahari.

Nah, itu dia tahapan skincare untuk remaja pemula yang harus kamu ketahui. Kuncinya juga terletak pada konsisten. Selamat mencoba!