6 Tips Mengatasi Clogged Pores pada Wajah, Dijamin Ampuh

Jumat, 10 Desember 2021 | 23:00:00

Sofiatun Hasanah

Penulis : Sofiatun Hasanah

6 Tips Mengatasi Clogged Pores Pada Wajah, Dijamin Ampuh

Foto: eminenceorganics

Ladiestory.id - Clogged pores atau pori-pori tersumbat lebih dikenal dengan istilah komedo merupakan salah satu permasalah kulit yang sering terjadi. Clogged pores biasanya disebabkan oleh beberapa faktor antara lain minyak yang berlebihan, stres dan sel darah putih yang berlebihan.

6 Tips Atasi Clogged Pores pada Wajah

Jika kamu sedang memiliki masalah kulit clogged pores, tenang tidak perlu panik. Berikut beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk mengatasinya clogged pores atau komedo di wajah.

1. Double Cleansing

Terkadang meski sudah mencuci muka, masih ada sisa-sisa kotoran makeup dan minyak di dalam pori-pori yang tidak terjangkau oleh sabun wajah. Sisa kotoran tersebut akan membuat pori-pori kita tersumbat. Oleh sebab itu, kita wajib melakukan double cleansing. Bersihkan wajah menggunakan micellar water, cleansing balm, cleansing oil, atau cleansing milk yang dapat membersihkan wajah secara menyeluruh. Sisa kotoran yang ada di permukaan, bisa langsung kamu bersihkan dengan mencuci wajah menggunakan  facial wash.

2. Gunakan Cleaning Device

Foto: stylo

 

Salah satu cara mengatasi clogged pores pada wajah dengan menggunakan cleaning device. Selain berfungsi untuk membersihkan pori-pori secara m

Foto: IDN Times

endalam, cleaning device juga memiliki getaran yang membuat wajah menjadi lebih rileks dan awet muda.

3. Menggunakan Exfoliating Toner 

Exfoliating Toner merupakan salah satu produk yang bisa kamu andalkan dalam mengatasi  clogged pores pada wajah, karena terbukti mampu mengangkat sel kulit mati dan minyak yang menyumbat pori-pori. Pilih produk yang memiliki kandungan AHA dan BHA. Kandungan AHA berfungsi untuk membersihkan sel kulit mati dan mempercepat proses regenerasi kulit , sedangkan kandungan BHA mampu larut dalam minyak dan masuk ke bagian kulit paling dalam serta membersihkan minyak berlebih.

4. Gunakan Masker Wajah Berbahan Aktif Charcoal

 

Bahan aktif arang atau charcoal berfungsi sebagai detoksifikasi kulit, sehingga dapat  menghilangkan kotoran di bawah dan di atas permukaan kulit yang sering menyebabkan clogged pores atau komedo. Kamu bisa menggunakan secara rutin masker wajah 2 atau 3 kali dalam seminggu.

5. Lakukan Facial Steam

Facial Steam atau penguapan merupakan jenis perawatan wajah yang sangat efektif dalam mengatasi masalah clogged pores. Manfaat facial steam adalah membuka pori-pori sehingga lebih mudah untuk dibersihkan, selain itu facial steam juga bisa melancarkan aliran darah di wajah sehingga membuat kita tampak lebih awet muda.

6. Pilih Produk Non-Comedogenic

Setelah melakukan serangkaian perawatan wajah, hal penting yang wajib kamu ketahui adalah untuk memilih makeup yang  tidak menyumbat pori atau non-comedogenic. Jangan sampai ketika kita sudah melakukan perawatan wajah, karena salah memilih makeup membuat  clogged pores pada wajah kamu kembali. Produk yang berlabel non-comedogenic sudah teruji memiliki kandungan yang tidak menyebabkan pori-pori tersumbat. Meski tak menjamin 100%, tapi kamu bisa mencobanya untuk mengatasi clogged pores pada wajah.

Jadi, itulah 6 cara untuk mengatasi masalah clogged pores  pada wajah yang terbukti ampuh dan membuat kulit lebih halus dan mulus. Tentu saja, untuk hasil yang maksimal kamu harus melakukannya secara rutin ya.