6 Tips Traveling Seru Saat Puasa yang Bisa Kamu Coba

Sabtu, 25 Maret 2023 | 15:06:00

Penny Fatikasari

Penulis : Penny Fatikasari

6 Tips Traveling Seru Saat Puasa Yang Bisa Kamu Coba

Ilustrasi traveling. (Special)

Ladiestory.id - Ingin liburan dan traveling ke tempat impian saat bulan Ramadan tentu bisa kamu lakukan. Kamu bisa pergi ke tempat-tempat menarik yang ingin kamu kunjungi walaupun sedang menjalankan ibadah puasa.

Tentu puasa tak menjadi halangan bagi kamu si traveler sejati yang ingin menikmati keseruan berbeda di kala puasa tiba. Nah, kamu pun bisa melakukan enam tips traveling seru saat berpuasa yang bisa kamu coba, simak yuk!

Jangan Lewatkan Sahur

Ilustrasi perempuan sahur. (Special)

 

Ladies, memasuki bulan puasa tentu kamu tidak boleh melewatkan waktu sahur agar travelingmu tetap aman, nyaman dan kondisi fisikmu tidak mudah lemas. Jika kamu melewatkan waktu sahur tentu akan mengganggu aktivitas traveling mu bahkan juga bisa menganggu waktu ibadahmu. Pilihlah menu sahur yang bergizi dan sangat dibutuhkan bagi tubuh agar selama menjalankan ibadah puasa sambil menjalankan aktivitas traveling kamu pun tetap bugar dan sehat.

Bawa Makanan untuk Berbuka Puasa

Kurma. (Special)

 

Nah, selama melakukan aktivitas perjalanan traveling mungkin kamu akan merasa kesulitan atau tidak sempat untuk membeli hidangan menu berbuka puasa. Apalagi jika waktu berbuka sudah sangat mepet, maka kamu pun harus segera membatalkan puasamu saat beduk maghrib tiba, Ladies.

Daripada kamu merasa kesulitan untuk menemukan menu berbuka, kamu pun bisa membawa bekal makanan dan minuman darurat dari rumah sebelum melakukan traveling. Hal ini pun bisa digunakan sebagai alternatif untuk berjaga-jaga jika kamu tidak menemukan tempat makan apalagi jika didaerah yang kamu kunjungi tidak menyediakan menu makanan yang halal.

Kurangi Bawa Terlalu Banyak Barang

Barang bawaan wajib saat travelling. (pinterest.com)

 

Ladies, saat menjalankan ibadah puasa biasanya stamina dan kondisi tubuh dapat cepat lelah, maka dari itu jika kamu berniat melakukan aktivitas traveling selama bulan puasa maka kamu pun bisa membawa sedikit barang yang benar-benar kamu butuhkan.

Nah, sebelum melakukan traveling kamu pun bisa membuat daftar barang prioritas yang akan kamu bawa selama traveling dan memang sangat kamu butuhkan. Jangan sampai kamu ribet sendiri dengan barang-barangmu yang terlalu banyak dan berat, Ladies.

Kenali Aturan Suatu Daerah

Ilustrasi Pakaian Adat Rimpu dari Suku Mbojo. (Special)

 

Ladies, setiap daerah maupun suatu negara tentu memiliki aturan-aturan tertentu yang diberlakukan bagi turis atau wisatawan mancanegara.

Oleh sebab itu, sebelum berpergian kamu pun dapat mengetahui terlebih dahulu dan mengenali tradisi maupun aturan suatu daerah khususnya saat bulan Ramadan. Dengan begitu kamu pun bisa menjadi turis yang beradab dan dapat menyesuaikan diri dengan masyarakat setempat.

Ketahui Waktu Puasa Suatu Daerah

Ilustrasi mengecek HP. (Special)

 

Ladies, jika kamu berpergian ke daerah-daerah tertentu yang memiliki zona waktu berbeda dari kota asalmu, maka kamu bisa mencari tahu terlebih dahulu mengenai jadwal dan zona waktu berbuka puasa maupun waktu sahur dan imsakiyah.

Hal ini pun berlaku jika kamu melakukan traveling ke negara-negara dengan masyarakat non-muslim, kamu pun akan merasa kesulitan untuk mengetahui jadwal dan waktu berbuka puasa maupun tempat ibadah untuk melaksanakan sholat.

Oleh sebab itu, sebelum berpergian alangkah lebih baik jika kamu bisa memepersiapkan segala informasi yang kamu butuhkan, kamu pun bisa memanfaatkan pencarian internet, menginstal aplikasi ibadah, review perjalanan dari tour guide ataupun sahabat-sahabatmu yang pernah mengunjungi daerah tertentu sebelumnya.

Tetap Jaga Kondisi Tubuh

Ilustrasi perempuan selfie. (Special)

 

Selama berpuasa tentu sesesorang akan menahan hawa nafsu dari rasa haus dan lapar, bahkan saat melakukan perjalanan traveling tentu tubuh akan merasa lelah, maka dari itu saat berbuka puasa dan sahur jangan lupakan untuk meminum air putih agar tubuhmu tetap terhidrasi dan cairan tubuh seimbang.

Selain itu, sempatkan waktumu untuk beristirahat cukup serta sediakan vitamin untuk menjaga imunitas dan daya tahan tubuhmu agar tidak sakit saat menjalankan ibadah puasa.