6 Trik Agar Nail Polish di Kukumu Terlihat Lebih Indah dan Tahan Lama

Jumat, 27 Desember 2019 | 12:21:53

LS Beauty

Penulis : LS Beauty

6 Trik Agar Nail Polish Di Kukumu Terlihat Lebih Indah Dan Tahan Lama

Memiliki kuku yang tampak sehat dan cantik adalah idaman banyak wanita. Bagaimana tidak, sebab kuku sama seperti rambut, mahkota yang dimiliki wanita yang harus dijaga selalu keindahan, kebersihan, dan kesehatannya. Meskipun kita sudah mempercantik kuku dengan nail polish berwarna pastel yang memberikan kesan anggun dan manis, kita juga tetap harus merawat keindahannya agar tidak mudah terkelupas dan malah menjadikan kuku tampak lebih kotor. Untuk itulah ada beberapa langkah merawat kuku yang mesti kamu pahami sebelum dan sesudah menggunakan cat kuku. Berikut inilah 6 triknya agar nail polish di kukumu terlihat lebih indah dan tahan lama!

1. Kikir kukumu sebelumnya, dan gunakan penggosok kuku

Kikir kukumu sebelumnya, dan gunakan penggosok kuku
sumber: freepik.com

Hindari mengikir kuku setelah menggunakan cat kuku ya, Ladies. Sebab, hal itu hanya akan membuat polesan cat kukumu rusak. Nah, sebaliknya, kamu harus mengikir kuku sebelum menggunakan produk apapun di atas kukumu. Bentuk ujung kuku sesuai dengan yang kamu inginkan. Setelah itu, gunakan penggosok kuku untuk menggosok permukaan kulitmu secara perlahan. Hal ini dilakukan agar cat kuku yang nantinya akan kamu poleskan di atas kuku bisa menempel dengan lebih baik.

2. Oleskan cuka apel pada kuku, dan dorong kutikulamu lagi

Oleskan cuka apel pada kuku, dan dorong kutikulamu lagi
sumber: freepik.com

Sebelum berlanjut mengaplikasikan base coat, ada baiknya jika kamu mengoleskan cuka apel di atas permukaan kukumu dengan menggunakan kapas terlebih dahulu. Lalum diamkan saja sampai mengering dengan sendirinya. Cuka apel bisa membantu menghilangkan minyak alami pada kuku dan membuat cat kuku bisa bertahan lebih lama di atas kukumu, Ladies. Jika cuka apel sudah mengering, dorong kembali kutikulamu untuk membantu mencegah terkelupasnya pangkal kuku.

3. Gulir-gulirkan botol cat kuku di antara kedua telapak tangan, lalu gunakan base coat

Gulir-gulirkan botol cat kuku di antara kedua telapak tangan, lalu gunakan base coat
sumber: freepik.com

Alih-alih mengocok botol cat kuku agar warnanya stabil, kamu bisa menggunakan trik menggulir-gulirkan botol cat kuku di antara kedua telapak tanganmu, Ladies. Hal itu dilakukan untuk meminimalisir munculnya gelembung udara di dalam botol cat kuku dan mencegah cat kuku mudah terkelupas nantinya. Sebelum memoleskan cat kuku, ada baiknya jika kamu mengoleskan base coat terlebih dahulu di atas permukaan kukumu. Sebab, base coat yang lengket bisa memastikan polesan cat kuku tetap menempel dalam waktu yang lebih lama. Selain itu, base coat juga berfungsi untuk mencegah munculnya warna kekuningan pada kuku dan membuat kukumu tetap terhidrasi.

4. Hindari merendam jari-jari ke dalam air, gunakan sabun yang lembut sebagai pengganti sanitizer

Hindari merendam jari-jari ke dalam air, gunakan sabun yang lembut sebagai pengganti sanitizer
sumber: freepik.com

Hindari merendam jari-jari ke dalam air, sebab akan menyebabkan kuku menjadi lebar. Jika kamu melakukan hal ini, akan ada kemungkinan kukumu akan menyusut ketika kamu sudah selesai mengoleskan cat kuku, sehingga membuat tampilan cat kuku menjadi tidak pas dan malah merusak tampilannya. Jadi, sebaiknya gunakan minyak kutikula saja setelah mendorong kutikula. Selanjutnya, untuk mengganti sanitizer yang kerap mengandung alkohol dan bisa membuat kulit dan kukumu kering, sebaiknya kamu menggunakan sabun yang bertekstur ringan dan lembut untuk mencuci tanganmu, Ladies. Tentu, pilihlah yang tidak terlalu banyak menghasilkan busa.

5. Poleskan cat kuku serapi mungkin, lalu lapisi lagi dengan top coat

Poleskan cat kuku serapi mungkin, lalu lapisi lagi dengan top coat
sumber: freepik.com

Untuk mencegah cat kuku yang mudah mengelupas, sebaiknya lapisi cat kukumu dengan top coat jika cat kukumu sudah mengering. Top coat bisa menyegel cat kukumu agar tidak mudah mengelupas dari ujung kuku. Jika top coat sudah kering, kamu bisa mengoleskannya lagi agar proteksinya menjadi lebih kuat.

6. Keringkan cat kuku dengan udara dingin

Keringkan cat kuku dengan udara dingin
sumber: freepik.com

Jika kita terbiasa mengeringkan cat kuku dengan menggunakan hair dryer atau bahkan meniupinya, sesungguhnya cara itu tidaklah cukup membantu. Sebaiknya, gunakan udara dingin dalam pengaturan hair dryer-mu, Ladies. Atau kamu juga bisa mencelupkan jemarimu ke dalam air yang sudah diisi es batu untuk mempercepat proses pengeringannya.

Ternyata, melakukan manicure di rumah tidak serumit yang kita bayangkan, ya! Selamat berkreasi dengan berbagai warna nail polish favoritmu, Ladies!