7 Kesalahan Saat Gunakan Foundation

Minggu, 26 Desember 2021 | 18:55:00

Diana Rahmawati

Penulis : Diana Rahmawati

7 Kesalahan Saat Gunakan Foundation

Ilustrasi penggunaan foundation. (Special)

Ladiestory.id - Makeup memang bisa menjadikan wajahmu lebih tanpa cela dan tak berpori, namun pemakaian yang salah malah dapat merusak penampilan. Tidak mudah menjadikan base makeup yang tanpa cela dengan foundation. Kamu tentu mengalami beragam kesalahan, baik dari salah memilih warna sampai formula.

Foundation menjadi base makeup yang penting guna meratakan warna kulit dan menjadikan kulit wajah tampak mulus. Tetapi ketika menggunakan foundation, kadang-kadang hasil akhir yang diperoleh justru tampak cakey dan tidak rata. Ini dapat terjadi jika Kamu melakukan beberapa kesalahan ketika menggunakan foundation.

Menggunakan Warna Foundation yang Terlalu Terang atau Gelap

Ilustrasi penggunaan foundation. (Special)

Shade foundation yang terlalu terang bisa menjadikan wajah tampak pucat. Ini bisa mengakibatkan warna kulit leher dengan wajah terlihat berbeda sehingga akan menjadikan penampilan tampak lebih tua.

Begitu juga ketika kita menggunakan foundation yang terlalu gelap. Bila terlalu gelap, foundation dapat menyebabkan muka tampak lebih kusam dan layaknya orang yang lelah. Sehingga penampilan juga akan terlihat lebih tua.

Lupa Bersihkan Wajah Sebelum Pakai Foundation

Ilustrasi bersihkan muka. (Special)

Kesalahan menggunakan foundation selanjutnya yaitu tidak membersihkan wajah. Memastikan kondisi kulit wajah yang bersih sangat penting sebelum mulai menggunakan foundation.

Kulit wajah yang kotor dan berminyak akan menjadikan foundation susah disatukan dan menempel dengan tidak rata. Sebab itu, usahakan selalu membersihkan wajah sebelum memakai foundation ya, Ladies.

Mengaplikasikan Terlalu Banyak Foundation

Terobsesi mempunyai wajah flawless tanpa pori-pori dan kekurangan lainnya, dapat menjadikanmu menggunakan terlalu banyak foundation hingga tampak cakey.

Tidak Memakai Pelembap

Ilustrasi penggunaan pelembab. (Special)

Semua jenis kulit, terutama kulit kering harus mengenakan pelembap sebelum menggunakan foundation bila tidak mau tampak lebih tua. Karena bila foundation digunakan pada kulit yang sangat kering, nanti garis-garis halus di wajah akan tampak. Hal ini juga akan menjadikanmu tampak lebih tua sebab terlihat layaknya mempunyai banyak kerutan.

Memakai Foundation Tanpa Primer

Ilustrasi perempuan menggunakan primer di wajah. (Special)

Usai memastikan kulit dalam kondisi bersih, gunakan primer yang sesuai dengan kebutuhan kulitmu. Primer berfungsi menjadikan foundation yang Kamu gunakan menempel dengan sempurna. Foundation yang menempel dengan sempurna pada kulit, bisa mengurangi risiko makeup yang tampak cakey.

Menggunakan Jari untuk Meratakan Foundation

Mengaplikasikan blush memakai jari akan menjadikan penampilanmu lebih natural, namun tidak dengan foundation. Menggunakan foundation dengan jari hanya akan menjadikannya tampak berantakan.

Cara penggunaan dan alat yang sesuai akan memberikan perbedaan signifikan di wajah. Pakai kuas berkualitas supaya pengaplikasiannya lebih mudah dan dapat digunakan lebih lama.

Mengaplikasikan Bedak Saat Foundation Masih Basah

Jangan terburu-buru menimbun makeup dengan bedak. Banyak yang langsung mengenakan bedak ketika foundation baru selesai diratakan. Mengatur makeup dengan bedak memang sangat bagus, namun bila bedak langsung dipakai ketika foundation masih basah bisa menjadikan tampilan tampak patchy.

Setidaknya, tunggu 1-2 menit usai memakai foundation. Selepas itu Kamu bisa mengatur makeup dengan bedak agar hasil tampilan dapat optimal.