7 Manfaat Konsumsi Buah Nanas yang Sayang Jika Dilewatkan

Senin, 4 Juli 2022 | 18:51:00

Devy Felicia

Penulis : Devy Felicia

7 Manfaat Konsumsi Buah Nanas Yang Sayang Jika Dilewatkan

Ilustrasi buah nanas. (Special)

Ladiestory.id - Dalam menjaga kesehatan tubuh, ada banyak cara yang bisa dilakukan. Salah satunya adalah dengan mengonsumsi berbagai makanan sehat dan bergizi. Buah-buahan bisa menjadi pilihan terbaik untuk kebutuhan makanan sehat dan bergizi tersebut.

Seperti yang diketahui, hampir semua buah-buahan berkhasiat bagus untuk kesehatan tubuh. Hal ini lantaran kandungan berbagai vitamin, serat, antioksidan, hingga senyawa lain di dalamnya. Nah, kandungan tersebut juga akan kamu temukan dalam buah nanas.

Buah tropis asal Amerika Selatan dengan bentuknya yang unik ini sangat disarankan untuk dikonsumsi. Selain karena rasanya enak dan segar, nanas juga mengandung nutrisi, vitamin, antioksidan, serta senyawa bermanfaat lain. Yang mana jika dikonsumsi oleh tubuh akan berefek sangat bagus bagi kesehatan. 

Ada beberapa manfaat konsumsi buah nanas yang perlu kamu ketahui.

Sebagai Penangkal Penyakit

Ilustrasi buah nanas. (Special)

Kandungan antioksidan bernama flavonoid dan senyawa fenolat dalam buah nanas sangat diperlukan oleh tubuh. Terutama untuk menangkal radikal bebas penyebab berbagai penyakit. Dengan manfaat yang sangat besar ini, tentunya kamu tidak perlu ragu menjatuhkan pilihan pada buah nanas sebagai camilan sehat.

Baik untuk Kesehatan Pencernaan

Ilustrasi pencernaan tubuh. (Special)

Buah nanas mengandung enzim pencernaan yang dinamakan bromelain. Sehingga mengonsumsi nanas akan membantu memperlancar pencernaan tubuh. Bromelain ini akan bertugas sebagai protease yang memecah molekul protein menjadi bahan penyusunnya, seperti asam amino dan peptide kecil. Setelahnya molekul protein yang sudah dipecahkan tadi menjadi lebih mudah diserap oleh usus kecil.

Kurangi Risiko Kanker

Ilustrasi buah nanas. (Special)

Selain membantu menyehatkan pencernaan tubuh, nanas juga sangat bagus untuk meminimalisir dari risiko kanker. Hal ini lantaran kandungan bromelain dan senyawa lain di dalamnya akan meminimalkan stres oksidatif dan mengurangi terjadinya peradangan.

Bagus untuk Kesehatan Gigi dan Gusi

Ilustrasi memiliki gigi dan gusi yang sehat. (Special)

Selain rajin menggosok gigi secara teratur, menjaga kesehatan gigi dan gusi juga bisa Kamu upayakan dengan mengonsumsi nanas. Bukan tanpa sebab, hal ini lantaran buah nanas memiliki kandungan mineral yang diperlukan untuk kesehatan gigi dan gusi.

Namun yang perlu diperhatikan, buah nanas mengandung gula yang cukup banyak. Sehingga setelah mengonsumsinya, jangan lupa untuk menggosok gigi.

Jaga Kesehatan Tulang

Ilustrasi memiliki tulang sehat. (Special)

Selain baik untuk kesehatan gigi dan gusi, kandungan mineral berupa fosfor dan kalium dalam buah nanas juga bagus untuk tulang. Sehingga mengonsumsi nanas akan membantu mencegah dari risiko osteoporosis. Namun mengingat kandungan gula yang banyak di dalamnya, pastikan untuk memakannya dalam porsi secukupnya. Terutama pada lansia, harus dibatasi jumlahnya dan perlu diperhatikan baik-baik.

Bantu Turunkan Berat Badan

Ilustrasi melakukan diet. (Special)

Memiliki berat badan berlebih atau overweight bisa memicu berbagai permasalahan. Tidak hanya membuat kurang percaya diri dalam hal penampilan saja, namun juga bisa berimbas bagi kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Melakukan diet perlu diupayakan jika kamu memiliki berat badan berlebih saat ini. Nanas bisa menjadi salah satu camilan sehat yang bisa kamu konsumsi saat menjalankan diet. Hal ini lantaran buah nanas mengandung enzim yang diperlukan untuk membantu membakar kalori. Selain itu, kandungan serat di dalamnya juga akan membantu melancarkan sistem pencernaan.

Tingkatkan Kekebalan Tubuh

Ilustrasi buah nanas. (Special)

Kandungan berbagai vitamin, mineral, senyawa, hingga enzim di dalam buah nanas berkhasiat untuk meningkatkan imun tubuh. Dengan imun tubuh yang kuat, maka tubuh tidak akan mudah mengalami infeksi atau penyakit yang disebabkan oleh virus maupun bakteri.