7 Tahun Jadi Direktur Kreatif Gucci, Alessandro Michele Mundur

Jumat, 25 November 2022 | 16:30:00

Bulan Maghfira

Penulis : Bulan Maghfira

7 Tahun Jadi Direktur Kreatif Gucci, Alessandro Michele Mundur

Alessandro Michele. (Spesial)

Ladiestory.id - Setelah hampir delapan tahun menjadi direktur kreatif Gucci, Alessandro Michele mengundurkan diri dari brand asal Italia tersebut. Alessandro Michele telah membantu menghidupkan kembali dan mengubah kekayaan label tersebut.

Keputusan Alessandro Michele tersebut telah diumumkan pada Rabu (23/11/2022) lalu. Induk perusahaan dari brand mewah tersebut, Kering, mengatakan bahwa desainer berusia 49 tahun itu telah memainkan peran fundamental dan membuat Gucci menjadi menjadi seperti sekarang.

Seorang CEO konglomerat, Francois Henri Pinault mengatakan bahwa jalan yang telah dilalui Gucci dan Alessandro selama beberapa tahun belakangan ini adalah unik dan akan tetap menjadi momen luar biasa dalam sejarah perusahaan. Semangat, imajinasi, kecerdikan, dan budaya yang diciptakan Alessandro mampu menempatkan Gucci menjadi pusat perhatian, di mana pun tempatnya.

Alessandro Michele. (Spesial)

Tanpa ada pengalaman sebelumnya dalam memimpin perusahaan besar, setelah bergabung dengn Gucci sebagai desainer tas tangan, Alessandro secara mengejutkan ditunjuk untuk menduduki posisi teratas pada 2015. Keadaan saat itu dengan relevansi yang menurun.

Dia mengajukan perombakan besar-besaran terhadap identitas brand tersebut dan menghindari estetika “sexy” dari Tom Ford, pendahulunya, demi estetika yang lebih aneh dengan julukan “geek chic”. Kemudian, Alessandro Michele mengantarkan Gucci pada era penuh warna, desain maksimalis, dan menata ulang seni Renaisans melalui mode dan menyelenggarakan pertunjukan landasan pacu di tempat-tempat bersejarah. 

Dia merangkul warisan mewah dari sebuah merek yang tahun lalu baru saja merayakan ulang tahun yang keseratus. Bahkan, ia juga menamai salah satu desainnya yang paling terkenal dengan “the Dionysus handbag”.

Koleksi genderfluid-nya juga semakin mengesampingkan perbedaan antara lini pakaian pria dan wanita. Sementara, kolaborasi dengan Adidas dan The North Face mampu membantu memberi label pada daya tarik pasar massal untuk brand tersebut.

Alessandro Michele. (Spesial)

Alessandro Michele dijuluki sebagai salah satu orang paling berpengaruh oleh Majalah Time pada 2017. Alessandro Michele merayu beberapa selebritas, seperti Harry Styles dan Billie Eilish, sebagai brand ambassador untuk Gucci.

Selama di bawah kepemimpinan Alessandro, pendapatan Gucci melonjak. Sebagai perusahaan yang juga memiliki beberapa brand besar lainnya, pihak Kering mengaku bahwa Gucci menghasilkan lebih banyak uang daripada yang lainnya. Dilaporkan, Gucci menghasilkan 9,73 Miliar euro atau sekitar Rp158,8 Triliun pada tahun lalu.

s