8 Jenis Masker Kecantikan Untuk Wajah

Wednesday, 14 Jul | 11:11:38

LS Beauty

Penulis : LS Beauty

8 Jenis Masker Kecantikan Untuk Wajah

Foto: Ladiestory.id

Perawatan wajah dilakukan dengan berbagai cara. Hal yang wajar dan umum yang dapat dilakukan sendiri dengan menggunakan skincare yang cocok setiap hari.

Namun untuk mendapatkan hasil yang maksimal, kebanyakan orang juga menggunakan masker kecantikan untuk wajah.

Masker yang dimaksud adalah salah satu produk perawatan kecantikan yang telah ada sejak zaman dulu.

Masker sendiri memiliki banyak fungsi seperti menutrisi, membersihkan, melembabkan, mengencangkan, mencerahkan hingga menenangkan kulit yang bermasalah.

Penggunaan masker wajah terutama yang berasal dari bahan-bahan alami adalah yang paling populer dan disukai.

Banyak produsen masker wajah yang lantas berlomba-lomba untuk mengeluarkan berbagai macam jenis masker wajah.

Ternyata terdapat beragam jenis masker sesuai dengan manfaat yang berbeda-beda. Lantas apa saja jenis masker kecantikan untuk wajah?

8 Jenis Masker Kecantikan untuk Wajah

  1. Cream Mask

Foto: Ladiestory.id

Jenis masker kecantikan untuk wajah yang paling umum diketahui adalah cream mask.

Cream mask adalah jenis masker yang memiliki tekstur krim yang lembut serta memiliki sifat yang dapat mengering ataupun tidak.

Jenis masker ini sangat cocok untuk tipe kulit wajah kombinasi. Sebab jenis masker ini yang kaya akan minyak dan pelembap yang meresap ke dalam serta mengisi sel-sel kering.

Ada beberapa manfaat jika menggunakan cream mask diantaranya untuk mencerahkan, melembabkan, mengurangi tampilan keriput atau membantu mengatasi menghilangkan noda.

Cara cream mask dengan mengaplikasikan ke wajah, hindari area mata dan bibir. Kemudian diamkan hingga 10-15 menit. Kemudian bilas dengan air bersih.

  1. Clay Mask

Foto: Ladiestory.id

Clay mask adalah jenis masker yang terbuat dari lumpur asli sehingga diyakini mampu membersihkan wajah dari kotoran bahkan hingga ke bagian pori-pori terdalam.

Jenis masker ini memang booming karena adanya Korean Wave yang digandrungi oleh masyarakat Indonesia.

Masker ini sangat cocok untuk kulit berminyak, sebab sangat ampuh untuk menyerap minyak berlebih serta mampu mengeringkat jerawat.

Cara pengaplikasiannya pun terbilang mudah. Cukup oleskan clay mask pada wajah, lalu diamkan sekitar 15 menit dan setelah kering bilas dengan air hangat.

Sangat penting diperhatikan untuk tidak mendiamkan masker terlalu lama agar tidak iritasi. Selain itu gunakan pelembap setelah menggunakan clay mask agar wajah tidak kering.

  1. Sleeping Mask

Foto: Ladiestory.id

Sesuai namanya, jenis masker ini dapat digunakan di malam hari sebelum tidur tanpa harus dibilas. Terlebih masker ini sangat berguna bagi orang-orang yang malas.

Tektur dari sleeping mask berupa gel sehingga mudah menyerap ke dalam kulit. Sleeping mask biasanya digunakan untuk hidrasi dosis ekstra saat benar-benar membutuhkannya.

Masker kecantikan untuk wajah yang satu ini cocok dipakai untuk segala jenis kulit yang butuh hidrasi dan kelembapan lebih.

Cara pengaplikasiannya juga mudah, hanya dengan mengoleskan masker setelah Anda selesai membersihkan wajah. Biarkan semalaman dan bilas keesokan paginya.

Sedangkan untuk hasil lebih optimal, sleeping mask juga dapat dijadikan "produk pengunci" setelah menggunakan produk skincare rutinmu.

  1. Sheet Mask

Foto: Ladiestory.id

Sheet mask memiliki berbentuk lembaran yang biasanya terbuat dari kertas seperti tisu yang telah direndam serum.

Jenis masker kecantikan untuk wajah yang satu ini sangat populer digunakan dan sangat digemari oleh banyak orang. Selain, keracunan Korean Wave, tingkat kepraktisan juga ditawarkan oleh masker ini.

Sheet mask adalah salah satu jenis masker wajah yang paling mudah untuk digunakan dan cocok digunakan oleh hampir semua jenis kulit.

Cara penggunaannya cukup menempelkan sheet mask kepada wajah yang telah dibersihkan.

Lalu diamkan sekitar 10-15 menit, setelah itu angkat masker dan tepuk wajah perlahan agar sisa serum yang menempel dapat meresap sempurna ke dalam kulit.

  1. Peel of Mask

Foto: Ladiestory.id

Pada umumnya, masker peel off hanya mengangkat sel kulit mati di lapisan bagian terluar kulit. Masker ini berbentuk krim atau gel yang akan mengering ketika diaplikasikan dan dapat dikelupas.

Peel-off mask biasanya berbahan dasar buah atau tumbuhan dan menggunakan bahan-bahan alami

Selain efektif untuk mengangkat kotoran serta komedo di wajah, terutama sekitar hidung, masker jenis ini juga bisa membuat wajah terasa lebih halus.

Jenis masker memang cocok untuk semua jenis kulit. Namun masker peel-of  ini baik dipakai untuk kulit berjerawat atau yang punya pori-pori besar. Namun, untuk Anda yang memiliki kulit sensitif, pastikan untuk memerhatikan kandungannya agar tidak timbul reaksi alergi.

Cara menggunakannya dengan mengaplikasikan masker secara menyeluruh ke kulit wajah dan diamkan selama beberapa saat hingga mengeras.

Setelahnya, kelupaslah masker dari wajah dengan cara digosok atau diangkat. Ketika melepas masker memang terasa sakit, tapi akan merasakan sensasi tersendiri ketika melihat kotoran, sel kulit mati, dan komedo terangkat.

  1. Gel Mask

Gel mask merupakan masker yang memiliki tekstur gel dan akan terasa dingin serta segar jika digunakan. Biasanya, masker dengan jenis ini memiliki butiran halus di dalamnya. 

Masker ini mengandung kolagen dan antioksidan yang membantu pemulihan kulit.

Masker gel sangat bagus untuk kulit yang kering, dehidrasi parah, hingga yang sensitif agar lebih segar. Walaupun berbentuk gel, jangan lupa untuk membilasnya.

Sebab, masker gel tidak bisa menyerap sempurna ke kulit. Jika dibiarkan, alih-alih kulit segar namun justru akan menyumbat pori-pori.

  1. Masker Bubuk

Foto: Ladiestory.id

Seperti namanya, masker bubuk memiliki tekstur bubuk. Biasanya masker ini terbuat dari bahan-bahan alami seperti dari sayur, buah-buahan, daun dan bunga yang telah dihaluskan.

Kelebihan dari masker ini adalah mampu membuat kulit menjadi lebih kencang, menghilangkan jerawat, mengecilkan pori-pori serta lebih aman dari bakteri dan jamur karena teksturnya yang masih kering atau bubuk.

Masker bubuk ini juga menjadi favorit para wanita karena dapat dengan mudah dikombinasikan dengan bahan natural lainnya seperti aloe vera, telur, madu dan lain sebagainya. Ditambah lagi, masker ini punya harga yang terjangkau.

Untuk penggunaannya cukup mudah, hanya dengan mencairkan masker bubuk dengan air biasa atau air mawar, kemudian diaduk hingga merata. Lalu aplikasikan ke wajah dan jangan lupa untuk membilasnya.

  1. DIY Mask

Foto: Ladiestory.id

DIY  atau Do It Yourselt, dalam bahasa Indonesia memiliki arti “lakukan sendiri”. Berarti masker DIY merupakan masker yang dibuat sendiri. Biasanya menggunakan bahan-bahan alami seperti tomat, timun, madu, yoghurt, stroberi, oatmeal, dan lainnya.

Walaupun hasil yang diberikan membutuhkan waktu yang cukup lama, tapi DIY mask lebih aman untuk digunakan. Anda tinggal memilih bahan yang sesuai dengan jenis kulit wajah.

Itulah 8 jenis masker kecantikan untuk wajah yang bisa digunakan sesuai dengan kebutuhan dan kondisi kulit wajah.

Berita Terkait