9 Buah Ini Cocok Dijadikan Masker Wajah

Jumat, 22 Juli 2022 | 20:54:00

Widya Novi S

Penulis : Widya Novi S

9 Buah Ini Cocok Dijadikan Masker Wajah

freepik.com

Ladiestory.id - Rangkaian tahap skincare yang juga tidak kalah penting adalah memakai masker wajah.  Saat ini sudah banyak varian masker wajah yang dijual di pasaran. Entah itu yang berbahan dasar aloevera, kopi, susu buah-buahan, dan bahan lainnya yang memberikan manfaat baik untuk kulit wajah.

Sesungguhnya, masker yang yang dijual di pasaran sebenarnya sudah memiliki komposisi yang dicampur dengan bahan lain. Dalam kasus ini, ada beberapa orang yang cocok dengan campuran komposisi masker tersebut dan ada juga yang tidak cocok.

Malah ada yang memberikan reaksi alergi.  Untuk itu, perlu diketahui bahwa ada alternatif lain yang bisa dilakukan agar tetap bisa maskeran takut menimbulkan reaksi negatif pada wajah.

Misalnya saja maskeran dengan menggunakan buah-buah alami yang ternyata punya sejuta manfaat untuk kulit wajah. Berikut adalah beberapa buah-buahan yang bisa dijadikan masker untuk wajah dan manfaat yang dimilikinya.


Masker Pepaya

freepik.com

Buah pepaya yang banyak mengandung enzim yang disebut dengan papain. Dimana enzim ini sangat bermanfaat untuk mengangkat sel kulit mati.

Buah ini juga banyak mengandung vitamin A untuk mencegah penuaan dini pada wajah, noda hitam, bekas luka dan garis-garis halus, serta menenangkan wajah dari peradangan jerawat.

Masker Pisang

freepik.com

Kandungan potasium yang tinggi pada pisang yang dapat digunakan untuk membuat kulit wajah menjadi lebih lembut, menghilangkan bekas-bekas jerawat dan  mengencangkan kulit wajah.

Vitamin B6 dan C akan merangsang pembentukan kolagen pada kulit wajah.  Selain itu, buah berwarna kuning ini juga dapat mencegah hiperpigmentasi pada kulit.


Masker Mentimun

freepik.com

Buah yang sering dijadikan lalapan ini ternyata juga bisa dijadikan untuk masker. Fungsinya adalah sebagai peremajaan kulit, mengatasi pori-pori yang tersumbat dan membersihkan kulit.


Masker Lemon

freepik.com

Buah yang kaya dengan vitamin C akan bekerja lebih maksimal jika dicampur kan dengan putih telur yaitu untuk mengurangi bintik hitam pada wajah.


Masker Bengkuang

freepik.com

Kandungan vitamin B dan vitamin C pada buah ini sangat ampuh untuk membuat kulit wajah jadi lebih cerah alami. Masker dengan bahan bengkuang adalah masker paling banyak ditemukan di pasaran saat ini .


Masker Tomat

freepik.com

Buah berwarna merah ini banyak mengandung  antioksidan, vitamin B, C dan E yang berfungsi membuat kulit menyerap oksigen lebih banyak. Kandungan tersebut dapat mencegah penuaan dini dan melindungi kulit yang terbakar akibar sinar UV.

Buah ini juga dapat mencegah timbulnya jerawat. Rutin mengaplikasikan masker tomat di wajah akan membuat wajah menjadi lebih segar.


Masker Apel

freepik.com

Buah apel banyak menagandung vitamin C yang dapat menghasilkan kolagen. Buah ini juga banyak mengandung polifenol dan antioksidan yang baik untuk mencegah penuaan dini dan melindungi kulit dari sinar matahari.

Masker Buah Naga

freepik.com

Mungkin bagi sebagian orang jarang mendengar adanya masker buah naga. Jangan salah lho, buah yang satu ini banyak mengandung vitamin B3 yang bisa memberikan efek menenangkan atau calm setelah terpapar sinar matahari.

Vitamin C yang dikandung oleh buah ini juga berfungsi untuk meredakan jerawat yang meradang.

Masker Alpukat

freepik.com

Selain enak untuk dijadikan jus, buah ini juga cocok untuk dijadikan masker. Alpukat dapat membuat wajah menjadi lembab, meningkatkan elastisitas kulit, mengurangi hiperpigmentasi pada kulit dan mencegah dan mengurangi kerusakan kulit.

Nah, itulah beberapa jenis buah yang bisa dijadikan sebagai masker alami. Buah-buah diatas bisa didapat dengan mudah.

Selain cara mendapatkannya yang mudah, masker alami juga bisa meminimalisir dampak dari bercampur bahan kimia yang didapat dari pasaran.