Ada Beragam Tipe, Ini Jenis Bahan Jersey yang Perlu Kamu Ketahui

Jumat, 18 Juni 2021 | 21:13:53

Astri Supriyati

Penulis : Astri Supriyati

Ada Beragam Tipe, Ini Jenis Bahan Jersey yang Perlu Kamu Ketahui

Foto: Ladiestory.id

Bahan jersey bukanlah bahan yang asing lagi di dunia mode. Bahan ini sering diidentikkan sebagai bahan pembuatan baju olahraga.

Jersey sendiri adalah salah satu jenis kain yang terbuat dari hasil rajutan yang mengkominasikan antara bahan sintetis dan bahan katun. Kain jenis ini berasal dari Pulau Jersey yang berada di antara Prancis dan Inggris.

Saat ini, bahan jersey semakin banyak diminati oleh banyak kalangan sebagai bahan pembuatan pakaian. Tak hanya baju olahraga, bahan jersey juga kerap dijadikan bahan untuk membuat gamis dan kerudung.

Bahan ini banyak dipilih karena memilki sifat yang elastis dan jatuh, sehingga dapat menyesuaikan bentuk tubuh tapi tidak ketat. Selain itu, bahan ini juga adem, sehingga nyaman saat digunakan. Bahan jersey juga menawarkan tingkat ketebalan dan warna yang bervariasi.

Jenis Bahan Jersey

Jika kamu berminat untuk membeli kain berbahan jersey, ada baiknya untuk mengenali jenis-jenis bahan jersey berikut.

1. Jersey spandex atau spandex ITY

Spandex jersey disebut memiliki kualitas paling tinggi di pasaran. Hal ini juga sebanding dengan harga yang ditawakan. Kualitasnya yang jempolan membuat kain jersey jenis ini dihargai paling mahal.

Bahan jersey spandex atau jersey spandex korea ini memiliki ciri permukaan kain yang lebih kesat dan halus. Bahannya tidak begitu mengilap, ringan, serta tidak panas saat dikenakan. Warna-warna kain jersey jenis ini biasanya lebih kalem.

2. High-Twist

Kualitas bahan jersey high-twist berada di bawah jersey spandex. Harga kain jenis ini pun lebih ekononomis. Warna yang ditawarkan juga cukup beragam.

Hasil rajutan dari kain jersey jenis high-twist terlihat rapi dan terlihat mengilap karena adanya campuran bahan polyester. Kain jenis ini biasanya dibuat sebagai jas atau blazer, hingga gamis. Hal ini disesuaikan dengan jenis kain high-twist.

3. Stella

Jersey stella memiliki kualitas yang berada di antara jersey spandex dan high-twist. Harga pasarannya cukup ekonomis namun tetap berkualitas.

Jersey stella memiliki sifat adem dan tidak begitu mengilap, namun sedikit lebih licin jika di dibandingkan dengan bahan spandex.

4. Jersey Etiway

Bahan jersey satu ini termasuk dalam jenis jersey high-twist, namun sedikit lebih tebal. Bahan jersey jenis ini tidak terlalu panas dan sedikit megilap.

5. Serena

Jersey serena memiliki tingkat kepadatan dan kelembutan yang disebut nyaris setara dengan bahan jersey yang diproduksi oleh brand ternama.

Bahan ini memiliki tingkat elastisitas yang cukup tinggi dan sejuk saat dipakai. Sifatnya yang mudah kering dan menyerap keringat membuat jersey jenis ini kerap digunakan untuk membuat baju olahraga.

6. Crepe

Jenis jersey ini memiliki keunikan yang mana teksturnya mirip seperti kulit jeruk. Bahan ini kerap dijaidkan bahan p.embuatan gamis hingga kerudung.

7. Rayon

Bahan rayon dapat menyerap keringat dengan baik. Teksturnya pun lembut dan lentur, sehingga kerap dijadikan bahan utama pembuatan pakaian.

8. Drifit

Jersey drifit tebuat dari campuran serat polyester, nilon, dan katun. Keunggulan dari bahan ini ialah sifatnya yang adem, ringan, dan nyaman dikenakan.

9. Paragon

Jersey paragon kerap digunakan untuk membuat seragam basket. Kain bahan ini tidak melar dan sedikit lebih hangat. Harga bahan ini tergolong murah dan sangat ekonomis.

10. Scarlet dan Serly

Di antara jenis jersey yang lain, kain jenis ini dujual dengan harga yang paling murah. Hal ini dikarenakan jersey scarlet dan serly memilikitingkat ketebalan yang tipis dan kualitas yang rendah.

Itulah deretan jenis jersey yang perlu kamu ketahui. Pilihlah jenis kain sesuai kebutuhan secara bijak. Semoga bermanfaat.

Berita Terkait