5 Adab saat Berkunjung ke Negeri Orang

Selasa, 2 Agustus 2022 | 09:30:00

Penny Fatikasari

Penulis : Penny Fatikasari

5 Adab Saat Berkunjung Ke Negeri Orang

Ilustrasi Turis (pinterest)

Ladiestory.id - Sebagai turis yang baik, kamu harus menghargai dan menaati peraturan yang ada ketika berkunjung ke negeri orang. Kamu harus sadar, jika tidak semua kebudayaan yang ada di negerimu sama dengan kebudayaan di negeri orang. Di manapun kamu berada, etika tetaplah yang nomor satu. Yuk, terapkan 5 hal ini untuk menjadi turis yang beradab.

Terapkan Etika dan Sopan Santun

Terapkan Etika dan Sopan Santun (pinterest)

Ketika kamu sedang traveling, hal yang paling menyenangkan adalah membagikan momen liburanmu dengan berswafoto dan mengunggahnya ke akun media sosial. Tapi sebelum itu, hendaknya kamu melihat tata tertib dan aturan di area tersebut. Biasanya, terdapat beberapa spot berupa papan perhatian atau peringatan pada tempat wisata yang ditujukan kepada para turis yang hendak mengambil foto.

Misalnya, untuk menggunakan pakaian yang sopan, tidak boleh menyentuh properti, tidak boleh membuat kebisingan, atau tidak boleh masuk ke tempat yang memang dilarang. Sebaiknya kamu menghormati dan mengindahkan peraturan yang ada, supaya kamu tidak membuat ulah dan salah langkah akibat rasa narsismu itu.

Hargai Kebudayaan dan Aturan Suatu Negara

Hargai Kebudayaan dan Aturan Suatu Negara (pinterest)

Berkunjung ke negeri orang hendaknya juga harus menjunjung tinggi adab, solidaritas, dan saling menghargai antar kepercayaan, kebudayaan maupun aturan yang berlaku. Tiap negara tentunya memiliki hal-hal unik yang bisa membuatmu akan jauh merasa berbeda dengan berada di negeri sendiri.

Alangkah baiknya, kamu tidak meremehkan bahkan membanding-bandingkan negara yang satu dan lainnya. Hargai setiap perbedaan yang ada. Dengan begitu, kamu pun akan lebih memiliki rasa empati yang besar serta lebih menghargai perbedaan antar sesama.

Ketahui Informasi Lebih Banyak

Ketahui Informasi Lebih Banyak (pinterest)

Biasanya, jika ingin melangsungkan liburan ke tempat yang menjadi list tujuanmu, kamu harus ketahui lebih banyak mengenai informasi daerah tersebut. Misalnya, kamu bisa mencari informasi di internet ataupun informasi dari para travel vlogger mengenai informasi budaya, penginapan, penduduk, dan bahasa lokal daerah tersebut.

Setidaknya, kamu bisa mengetahui hal-hal yang diperbolehkan atau tidak ketika menelusuri daerah tersebut. Ini juga bisa menjadi salah satu hal yang safety bagi dirimu untuk berinteraksi dengan masyarakat sekitar. Sambil liburan, kamu juga bisa mendapat pengalaman baru yang bermakna bukan?

Dirimu Representasi Negaramu

Dirimu Representasi Negaramu (pinterest)

Sebagai seorang turis yang membawa nama negara saat berwisata ke negeri orang, tentunya hal ini juga sangat diperhatikan. Jangan sampai nama negara viral akibat ulah dari perlakuanmu. Tentunya hal baik, seperti tata tertib, sopan santun, dan etika harus tetap kamu jaga ketika berada di negeri orang.

Sadarlah walaupun bukan berada di negara sendiri, setiap negara juga memiliki adat istiadat dan sopan santun yang harus dijaga bagi para turis mancanegara. Maka dari itu, kamu harus mengeskplor terlebih dahulu mengenai informasi terkait saat berada di negeri yang menjadi tujuanmu.

Ingatlah, dirimu adalah representasi dari negaramu, jaga nama baik negaramu, dan hormati setiap kebudayaan yang berbeda.

Jangan Tinggalkan Kebiasaan Buruk di Negeri Orang

Jangan Tinggalkan Kebiasaan Buruk (pinterest)

Biasanya, terdapat beberapa negara yang dikenal disiplin dan taat aturan, kamu juga jangan semena-mena walaupun berada di negeri orang. Jadilah turis yang beradab dan ikutilah aturan yang berlaku. Jangan sampai kamu dicap aneh dan memalukan di negeri orang.

s