Agar Tak Salah Pilih, Ketahui Dulu 5 Hal tentang Bedanya Sunscreen dan Sunblock untuk Kulitmu

Minggu, 24 November 2019 | 10:55:30

LS Beauty

Penulis : LS Beauty

Agar Tak Salah Pilih, Ketahui Dulu 5 Hal Tentang Bedanya Sunscreen Dan Sunblock Untuk Kulitmu

Pengaruh buruk sinar matahari yang terpapar langsung ke kulit kita mesti menjadi perhatian khusus, Ladies. Dimulai dari timbulnya tanda penuaan dini hingga kanker kulit adalah akibat apabila kita lalai dalam menggunakan sun protection yang bertugas untuk melindungi kulit dari pengaruh buruk sinar matahari. Pentingnya menggunakan sunscreen atau sunblock dalam kegiatan sehari-hari haruslah menjadi kewajiban dan kebiasaan agar kulit terhindar dari risiko kerusakan. Meskipun ketika kita hanya berada di teras rumah, penggunaan sun protection ini harus tetap diterapkan, lho. Akan tetapi, kita kerap bingung ketika memilih mau menggunakan sunscreen atau sunblock. Nah, agar tak ragu lagi, ketahui dulu yuk, apa bedanya sunscreen dan sunblock sebelum memutuskan mau pakai yang mana untuk perlindungan kulitmu.

1. Sunscreen menyerap radiasi ultraviolet (UV) dan sunblock menangkis radiasi ultraviolet (UV)

Bedanya sunscreen dan sunblock dalam proteksi
sumber: freepik.com

Sebagai pengetahuan dasar, ada dua jenis perlindungan ultraviolet (UV), yaitu UVA untuk perlindungan kulit agar terhindar dari penuaan dini, dan UVB untuk perlindungan kulit agar terhindar dari terbakarnya kulit.

Sebagaimana sebutannya, sunscreen yang berasal dari kata as a screen, yaitu lotion atau produk kimia yang bertugas sebagai pembuat lapisan yang dapat menyerap radiasi UV sebelum menembus ke jaringan terdalam pada kulit, untuk mencegah terjadinya kerusakan kulit. Sedangkan sunblock yang menggunakan kata dasar block bekerja untuk menghalangi sinar UV sebelum menyentuh permukaan kulit. Dengan kata lain, sebelum sinar UV mampu menggapai permukaan kulit, sunblock telah memantulkannya agar radiasi UV tidak mempu menyentuh apalagi menembus permukaan kulit. Sunblock bertugas seperti perisai yang menangkis sinar UV.

2. Produk sunscreen biasanya tidak meninggalkan warna dan sunblock menyisakan warna putih ketika mengaplikasikannya ke permukaan kulit

Bedanya sunscreen dan sunblock dalam tekstur
sumber: freepik.com

Sunscreen merupakan jenis kimia yang bertesktur lotion dan tidak meninggalkan warna putih ketika kita menggunakannya. Sebab, sunscreen langsung menyerap ke dalam permukaan kulit. Sementara, sunblock biasanya menyisakan warna putih di permukaan kulit ketika kita mengaplikasikannya. Sebab, sunblock merupakan produk fisik yang tetap stay berada di atas permukaan kulit, meskipun sesekali kita juga merasakan adanya penyerapan. Itulah yang sering dikenali wanita tentang bedanya sunscreen dan sunblock, Ladies.

3. Kandungan berbeda di dalam sunscreen dan sunblock

Bedanya sunscreen dan sunblock dalam kandungan
sumber: freepik.com

Produk UV protection dibedakan menjadi dua jenis, yaitu chemical dan physical. Sunscreen termasuk dalam chemical atau kimiawi, sedangkan sunblock masuk dalam jenis physical atau produk fisik. Untuk kandungannya, sunscreen berisikan senyawa kimia organik, seperti oktil metoksisinamat, oktil salisilat, octocrylene, dan ecamsule. Sementara sunblock mengandung seng oksida atau titanium dioksida dan zinc. Kamu bisa melihat perbedaan itu dari ingredients yang terdapat pada label produk. Yuk, biasakan membaca label mulai dari sekarang, Ladies!

4. Perbedaan waktu untuk re-apply sunscreen dan sunblock

Bedanya sunscreen dan sunblock dalam waktu re-apply
sumber: freepik.com

Bedanya sunscreen dan sunblock berikutnya adalah mengenai waktu untuk re-apply kedua produk tersebut. Seperti yang diungkapkan dalam situs Leisurepro sunscreen membutuhkan waktu re-apply atau mengaplikasikan produk itu kembali setiap 2-3 jam sekali. Sebab, sunscreen bersifat menyerap ke dalam permukaan kulit, sehingga pemakaiannya pun harus lebih sering dan berulang. Sementara, ketika ingin re-apply sunblock, kamu bisa mengaplikasikannya kembali dalam waktu yang lebih lama ketimbang penggunaan sunscreen tadi, Ladies. Sebab, sunblock bersifat diam di atas permukaan kulit, sehingga produknya pun bisa bertahan di atas kulit lebih lama. Namun, ada baiknya juga jika kita tetap melakukan re-apply masing-masing produk ini ketika kita merasa kulit sudah butuh perlindungan agar terhindar dari pengaruh buruk sinar matahari.

5. Bedanya sunscreen dan sunblock dalam cara pemakaian sebelum keluar rumah

Bedanya sunscreen dan sunblock dalam cara pakai
sumber: freepik.com

Ketika menggunakan sunscreen, kamu harus menunggu produk ini menyerap terlebih dahulu ke dalam kulitmu dengan menunggunya selama 30 menit sebelum keluar rumah. Setelah itu kamu baru bisa beraktivitas keluar rumah dan menyapa matahari. Sedangkan, jika kamu menggunakan sunblock, kamu tak perlu menunggunya agar menyerap terlebih dahulu, Ladies. Sebab, sunblock adalah produk yang tidak akan menyerap ke dalam permukaan kulit. Kamu pun bisa langsung keluar rumah setelah memakai sunblock.

Untuk kegiatan sehari-hari, seperti misalnya berangkat ke kantor atau lebih banyak beraktivitas di dalam ruangan ketimbang di luar ruangan, sebaiknya kamu menggunakan sunscreen dan tak lupa untuk mengaplikasikannya berulang kali. Tapi, jika kamu harus beraktivitas di luar ruangan lebih lama, misalnya saja ketika berolahraga, bekerja di lapangan, atau traveling, kamu harus menggunakan sunblock agar tak perlu terlalu sering mengaplikasikannya, Ladies!