Agensi Artis Top Korea, Ini Profil Lee Soo Man Pendiri SM Entertainment

Selasa, 22 Februari 2022 | 23:00:00

Devy Felicia

Penulis : Devy Felicia

Agensi Artis Top Korea, Ini Profil Lee Soo Man Pendiri Sm Entertainment

Lee Soo Man (Special)

Ladiestory.id - Lee Soo Man merupakan pendiri salah satu agensi terbesar di Korea Selatan yaitu SM Entertainment. Korean Wave atau K Wave merupakan budaya yang dipelopori oleh Lee Soo Man. Selain itu, Ia juga merupakan sesosok eksekutif musik Korea Selatan dan produser terkenal.

Dikutip asiasociety.org, ibu dari Lee Soo Man merupakan seorang musisi dan ayahnya merupakan seorang profesor. Pendiri SM Entertainment tersebut lahir pada 18 Juni 1952. Pada 1989 lah ia mulai mendirikan agensinya.

Ketika masih menjadi seorang mahasiswa di Seoul National University, 1971 Lee Soo Man mulai debut sebagai penyanyi. Guna mendalami ilmu teknik komputer, pria berusia 70 tahun tersebut menempuh pendidikan S2 di California State University, Northridge, Amerika Serikat

Untuk memanfaatkan gelombang bakat baru di negaranya, sepulang dari Amerika Serikat ia membangun perusahaan SM Entertainment.

Setelah berdiri selama 20 tahun, Lee Soo Man berhasil membuat perusahaannya menjadi salah satu grup hiburan terbesar di Asia. Ia bahkan dapat memicu kesenangan Kpop global dan pindah ke genre lain. Bahkan SM Entertainment juga memproduksi acar tv dan musik panggung.

SM Entertainment adalah tempat dilahirkannya grup Kpop terkenal seperti SNSD, Super Junior, TVXQ, EXO, SHINee, Red Velvet, NCT, dan yang terbaru Aespa.

Istri dari Lee Soo Man telah meninggal tahun 2014 karena kanker. Ia dan istrinya memiliki dua putra. Salah satu anaknya diketahui bernama John Lee Hyun Kyu dan pernah berpartisipasi dalam menulis lagu bagi grup EXO dan SNSD.

Bahkan Sunny (Lee Soon Kyu) yang merupakan member SNSD adalah keponakan dari Lee Soo Man. Karena kerja kerasnya ketika memimpin Korean Wave global dan pertumbuhan Kpop, Lee Soo Man memperoleh penghargaan Best Management Award dari Kotler Awards di tahun 2017.