Akhir Bulan Aman, Ini 5 Tips Hidup Hemat Sebagai Anak Kos

Sabtu, 16 Juli 2022 | 09:40:00

Akhir Bulan Aman, Ini 5 Tips Hidup Hemat Sebagai Anak Kos

Ilustrasi Anak Kos. (Special)

Ladiestory.id - Tahun ajaran baru sudah semakin dekat, tandanya bagi kamu yang merantau dan berniat ngekos sudah harus siap menjadi "anak kos" yang sebenarnya.

Mungkin yang ada di benakmu saat pertama kali mendengar kata anak kos adalah mi instan, kantong kering, dan melakukan apa pun secara mandiri.

Atau bahkan kamu juga sudah membayangkan berbagai penderitaan yang lain, seperti berebut kamar mandi, sharing makanan dengan teman, ngutang laundry, sakit sendirian, hingga bermasalah dengan pemilik atau teman kost.

Nah, untuk mengatasi masalah di atas, terutama masalah kantong kering, kamu bisa mengikuti beberapa cara hidup hemat sebagai anak kos berikut ini. Dijamin, kamu tidak akan lagi bertemu dengan kantong kering tiap akhir bulan.

Catat Pengeluaran

Ilustrasi Mencatat Keuangan. (Special)

Mencatat pengeluaran sangatlah diperlukan bagi anak kos. Meskipun terdengar merepotkan, apalagi bagi kamu yang tidak terbiasa melakukannya, namun hal ini berguna sebagai pengingat kemana perginya uangmu.

Selain itu, juga untuk membantu mengevaluasi diri, apakah kamu sudah mengeluarkan uang untuk hal-hal penting dan dibutuhkan, atau justru untuk sesuatu berupa keinginan saja.

Untuk memudahkanmu mencatat, kamu bisa men-download berbagai aplikasi keuangan di Google Store maupun App Store, seperti manajemen keuangan, buku kas, dan lain sebagainya.

Jangan Malas Memasak

Ilustrasi Anak Kos Memasak. (Special)

Memasak merupakan salah satu cara hidup hemat sebagai anak kos. Karena kamu tidak perlu mengeluarkan banyak uang untuk membeli makanan cepat saji.

Bayangkan, idealnya kamu makan sebanyak 3 kali dalam sehari dan harga satu porsi makanan cepat saji adalah Rp15 Ribu, maka dalam satu hari kamu akan menghabiskan setidaknya Rp45 Ribu.

Sedangkan, jika kamu mau memasak, maka hanya perlu membeli bahan pokok yang harganya jauh lebih murah dan dalam sekali masak bisa disimpan untuk waktu makan berikutnya.

Bawa Air Minum

Ilustrasi Orang Minum. (Special)

Selain membuat kamu menjadi lebih hemat, membawa air minum setiap bepergian juga bisa membantumu terhindar dari dehidrasi, lho.

Jadi kamu tidak perlu malu untuk membawa air minum sendiri, karena secara otomatis akan lebih sering minum dan badanmu juga semakin lebih sehat.

Cuci Baju Sendiri

Ilustrasi Mencuci Baju. (Special)

Mencuci baju sendiri merupakan salah satu cara untuk berhemat. Karena itu berarti kamu tidak perlu mengeluarkan uang untuk membayar biaya laundry.

Akan tetapi, apabila cara ini terlalu berat, kamu juga tetap bisa menaruh beberapa baju yang tidak bisa kamu cuci sendiri di jasa laundry.

Berburu Diskonan

Ilustrasi Diskon. (Special)

Apabila kamu termasuk orang yang suka membeli sesuatu, kamu tidak perlu malu untuk menjadi discount hunter. Teman-temanmu juga pasti akan senang jika pergi belanja atau makan enak sambil mendapatkan diskon.

Apalagi jika kamu menggunakan aplikasi yang bisa memberikan cashback sekaligus, ini akan membantumu menghemat pengeluaran sebagai anak kos.

Nah, itu tadi 5 tips hidup hemat yang dapat kamu lakukan sebagai anak kos. Semoga bermanfaat!

s