5 Akibat Tidak Menghapus Makeup sebelum Tidur

Kamis, 9 Juni 2022 | 00:01:00

Tyas Sukma

Penulis : Tyas Sukma

5 Akibat Tidak Menghapus Makeup Sebelum Tidur

Make Up (Special)

Ladiestory.id - Rasa lelah dan malas merupakan salah satu penyebab seseorang tidak menghapus make up. Bila kebiasaan ini terus dibiarkan, lama kelamaan akan mengakibatkan kerusakan kulit. Menurut Good house keeping, berikut 5 akibat tidak menghapus makeup saat tidur.

Menimbulkan Jerawat

Ilustrasi perempuan memiliki jerawat di wajah. (Special)

Menurut dokter kulit selebriti, dr Annie Chiu, ketika Kamu tidak membersihkan wajah, kotoran dan sel kulit mati tidak akan terangkat. Akhirnya, saat Kamu tidur, mereka menyumbat pori-pori dan menimbulkan jerawat.

Kulit Kusam

Foto: eminenceorganics

Minyak dan sel kulit mati di lapisan terluar kulit (epidermis) akan menempel sepanjang malam. Hal ini menyebabkan berkurangnya pergantian kulit di lapisan epidermis, sehingga membuat wajah menjadi kusam.

Dr Annie Chie menambahkan, pembersihan dan exfoliating merupakan cara terbaik untuk menghasilkan sel-sel kulit baru, sehingga dapat terjadi proses perbaikan kulit secara alami. 

Menimbulkan Keriput Wajah

Ilustrasi penuaan dini. (Special)

Kotoran dan make up yang menempel di kulit dapat menyebabkan kerusakan oksidatif, sehingga menimbulkan banyak garis-garis halus. Hal ini dibuktikan dengan eksperimen yang dilakukan oleh Daily Mail pada 2013.

Seorang perempuan berhenti mencuci wajahnya selama sebulan penuh dan hanya mengoleskan riasan di kulitnya yang tidak ia cuci setiap pagi. Hasilnya, wajahnya terlihat lebih tua 10 tahun dibanding dengan orang yang biasa mencuci wajah. 

Menyebabkan Ruam Kulit

Kebiasaan Pakai Handuk Badan untuk Wajah (Special)

Banyak produk make up yang mengandung bahan iritan, seperti pewarna dan parfum. Jika bahan-bahan ini dibiarkan di kulit dalam waktu yang lama, maka dapat menyebabkan peradangan. Terutama jika seseorang memiliki kulit sensitif, maka akan lebih rentan terkena ruam atau peradangan kulit. 

Memiliki Risiko Infeksi

Ilustrasi wajah kemerahan. (Special)

Tidur dengan make up akan membuat kulit wajah Kamu menjadi infeksi. Dr. Chiu memperingatkan bahwaorang dengan riwayat seperti jerawat yang meradang, besar kemungkinannya memiliki risiko infeksi yang mengakibatkan skin barriermu terganggu.

s