Demi Pengobatan Anak, Aksi Ibu Minta Ganja Medis Dilegalkan Viral di Medsos

Senin, 27 Juni 2022 | 11:35:00

Tyas Sukma

Penulis : Tyas Sukma

Demi Pengobatan Anak, Aksi Ibu Minta Ganja Medis Dilegalkan Viral Di Medsos

Ibu minta legalkan ganja medis. (Twitter.com/andienaisyah)

Ladiestory.id - Baru-baru ini media sosial (medsos) digemparkan atas aksi seorang ibu yang meminta legalisasi ganja medis demi pengobatan sang anak. Ibu bernama Santi tersebut membawa papan yang bertuliskan ‘Tolong, anakku butuh ganja medis’ sambal mendorong anaknya di tengah car free day (CFD), Minggu (26/6/2022).

Anak yang bernama Pika tersebut menderita lumpuh otak atau cerebral palsy. Menurut penuturan Santi, anak semata wayangnya mengalami kejang paling tidak dua kali dalam seminggu. Setiap kali kejang, hasil latihan fisioterapi, terapi wicara dan terapi-terapi tumbuh-tumbuh kembang lainnya kembali ke nol. Ia kembali lagi ke kemampuan awal dia seperti bayi.

Pika harus berjuang lagi dari awal. Sementara badannya semakin lama semakin melemah, kemampuan motoriknya semakin menurun, begitu juga kemampuan kognitifnya.

"Seperti aku utarakan berkali-kali ketika wawancara dengan siapa pun dan berdiskusi dengan siapa pun, bahwa kejang adalah momok bagi semua orang tua anak yang menderita lumpuh otak. Dan pengalamanku membuktikan hanya ganja yang mampu menghentikan kejang tanpa efek samping," ujar akun Instagram @budhesomplak.

Aksi ini menarik banyak perhatian publik, salah satunya penyanyi Andien. Dirinya mengaku langsung terbayang anaknya, Kawa, dan akan melakukan segala cara demi memulihkan kondisi anak.

Pika. (Twitter.com/andienaisyah)

“Intinya dalam hal ini aku kesian dan empati sama Ibu tadi. Td beliau sempat cerita Pika itu tadinya anak yang ceria dan suka sepedahan (aku jd inget Kawa).. Dan aku kebayang sih, seorang Ibu pasti akan melalukan whatever it takes untuk kembali melihat senyum di wajah anaknya,” tulis Andien di akun Twitter-nya.

Good luck bu, semoga Tuhan mudahkan usahamu dan Pika bisa cepat dapat terapi yang dibutuhkannya,” lanjutnya.

Andien merasa tidak asing dengan Santi. Ternyata ibu dari Pika ini pernah masuk dalam di film dokumenter “Atas Nama Daun” yang digarap oleh Anatman Pictures.

“OMG!! Pantesan kayak pernah liatt.. Ternyata aku pernah liat ibu tadi di film dokumenter yang pernah dibikin sama @AnatmanPictures.. Yang ada beberapa ibu yang mohon ke MK supaya ganja boleh dipakai untuk keperluan medis .. Ini barusan ku google..,” tulis Andien.

Tidak hanya muncul pada film dokumenter “Atas Nama Daun”, gerakan ibu pejuang legalisasi ganja untuk medis ini pun dijadiin film dokumenter berjudul "MUSA".

“Ternyata selain di dokumenter “Atas Nama Daun”.. Gerakan para ibu ini juga dijadiin film dokumenter, judulnya MUSA, diambil dari nama salah satu anak ibu pemohon yang, sayangnya, anaknya akhirnya nggak bisa diselamatkan dan akhirnya meninggal hu..,” pungkasnya.

s