Jauhkan Anak Dari Gadget, Ajak Mereka Main 4 Permainan Berikut!

Rabu, 22 Juni 2022 | 23:26:00

Muna Alkatiri

Penulis : Muna Alkatiri

Jauhkan Anak Dari Gadget, Ajak Mereka Main 4 Permainan Berikut!

Ilustrasi anak bermain. (Special)

Ladiestory.id - Zaman sekarang hampir semua orang sudah dibekali dengan ponsel pintar, tak terkecuali anak-anak. Sayangnya, penggunaan ponsel pintar pada anak bisa membuat mereka kecanduan nih, Ladies. Untuk itu, perlu diadakan kegiatan yang mendistraksi anak dari bermain ponsel pintar. 

Tenang, Ladiestory.id punya beberapa kegiatan yang bisa kalian ikuti agar anak tak kecanduan dengan gadget, ya!

Bermain sepeda/skuter di area rumah

Ilustrasi anak bermain sepeda. (Special)

Cara pertama ini selain baik untuk menjauhkan anak dari gadget, juga bagus untuk kemampuan motorik anak, lho. Hal ini karena kaki anak dituntut untuk mengayuh atau melajukan skuternya agar tidak berhenti. Selain itu, ia juga akan terlatih untuk menyeimbangkan tubuhnya agar tidak terjatuh. 

Manfaat lainnya juga datang dari sisi sosial. Pasalnya, saat bersepeda atau bermain skuter di sekitar rumah, anak bisa saja bertemu dengan teman sebayanya atau orang lain. Hal itu bisa melatih skill sosialisasi mereka.

Balap perahu

Ilustrasi anak bermain perahu kertas. (Special)

Kegiatan yang satu ini dapat orang tua dan anak lakukan di belakang rumah. Orang tua bisa mengajak anak untuk mulai menyiapkan semuanya dari awal. 

Orang tua bisa membuatkan pipa paralon yang sudah dibelah menjadi dua. Bagian cekungan bisa dialiri dengan air untuk dijadikan lintasan perahu nanti. Sedangkan, perahu yang dipakai bisa dari perahu kertas yang dibuat sendiri, atau perahu mainan yang dijual di pasaran.

Bermain masak-masakan

Ilustrasi anak memasak. (Special)

Nah, untuk permainan satu ini mungkin orang tua sudah tidak asing lagi ya, Ladies. Orang tua bisa menggunakan alat seadanya yang ada di rumah, misalnya menggunakan piring dan mangkok plastik. Tapi ingat ya, tetap selalu awasi anak saat bermain untuk menghindari kejadian yang tidak diinginkan.

Bermain tanah

Ilustrasi anak bermain. (Special)

Eitts! Kata siapa saat bermain dengan anak harus selalu dengan mainan-mainan yang ada di toko-toko? Orang tua bisa juga mengajak anak untuk sekedar bermain tanah di halaman belakang, lho.

Orang tua bisa ajak anak untuk membuat bentuk-bentuk kreatif dari tanah. Hal ini efektif untuk mengasah kreativitas anak. 

Selain itu, bermain tanah juga dapat mengajarkan kebersihan untuk anak. Pasalnya, setiap selesai bermain, ajak anak untuk bebersih dengan baik. 

s