Punya Sense of Business, Ini 7 Aktor Korea yang Bangun Agency Sendiri

Sabtu, 30 Juli 2022 | 10:30:00

Lis Tyawati

Penulis : Lis Tyawati

Punya Sense Of Business, Ini 7 Aktor Korea Yang Bangun Agency Sendiri

Aktor Korea (Berbagai Sumber)

Ladiestory.id - Artist agency merupakan elemen penting yang turut menentukan pesatnya perkembangan dunia entertainment di Korea Selatan. Betapa tidak, lewat agency-lah para aktor Korea menjelma menjadi bintang-bintang besar yang banyak dikenal masyarakat.

Biasanya, kontrak antara sang bintang dengan pihak agency berlangsung untuk kurun waktu yang cukup panjang, 5 hingga 12 tahun. Terkadang, atas pertimbangan tertentu, seorang aktor memutuskan untuk hengkang dari institusi yang telah menaunginya bertahun-tahun. Buat Ladies, berikut 7 dari banyak aktor Korea Selatan yang telah membangun agency sendiri.

Ahn Hyo Seop

Aktor Ahn Hyo Seop (instagram.com/sbsdrama.official)
Aktor Ahn Hyo Seop
(instagram.com/sbsdrama.official)

Tak hanya sukses memerankan CEO pada drama terakhirnya “Business Proposal”, aktor kelahiran Kanada, 17 April 1995 ini, beberapa waktu lalu juga mengukuhkan dirinya sebagai CEO di dunia nyata. Bersama manajernya, ia mendirikan agency sendiri bernama “The Present Co”. Seperti dijelaskan Kim Min Ji selaku direktur perusahaan, nama tersebut mengandung makna filosofi. Filosofi tersebut yaitu untuk hidup di masa kini sebagai sebuah hadiah yang dengannya mereka berharap dapat berbagi passion dan pengalaman menyenangkan bersama masyarakat.

Seperti diketahui, bahwa sebelum mendirikan agency sendiri, aktor yang memiliki nama lain “Paul Ahn” ini bernaung di artist agency “Starhaus Entertainment”. Ketika baru memulai karier keartisannya di Korea Selatan, ia juga pernah menjadi anak asuh JYP Entertainment dan hampir bergabung dengan Jinyoung “Yumi’s Cells 2” dalam K-pop group GOT7.      

Lee Je Hoon

Lee Je Hoon (instagram.com/leejehoon_official)
Aktor Lee Je Hoon
(instagram.com/leejehoon_official)

Dua belas tahun bernaung dalam agency Saram Entertainment, pada Juni 2021 lalu aktor pemeran drama Korea “Taxi Driver” ini memutuskan untuk tidak melanjutkan kontraknya. Seperti dilansir Soompi, Lee Je Hoon telah mendirikan entertainment agency sendiri dengan nama Company On. Pada akun Instagramnya, companyon_official, agency ini terlihat mulai aktif mempublikasikan profil dan kegiatan sang aktor pada 21 Juni 2021.

Membahas tentang nama agency-nya, kata “On” memiliki arti antara lain “kehangatan”, “keutuhan” dan “switch on”. Secara filosofi, perusahaan yang didirikan bintang “Move to Heaven”, “I Can Speak”, “Collectors” dan “Architecture 101” bersama rekan bisnisnya ini bermakna sebagai tempat berkumpulnya orang-orang sefrekuensi.       

Kim Soo Hyun

Aktor Kim Soo Hyun (instagram.com/soohyun_k216)
Aktor Kim Soo Hyun
(instagram.com/soohyun_k216)

Pada Desember 2019, agency yang menangani aktor “It’s Okay to Not be Okay”, KeyEast Entertainment mengumumkan bahwa sang aktor akan hengkang karena telah membentuk artist management sendiri yang sekarang bernama “Gold Medalist”. Dilansir berbagai sumber, diketahui bahwa perusahaan ini ia dirikan bersama sepupunya yang juga menjadi sutradara dalam film “Real” yang ia bintangi pada 2017 lalu.

Lewat laman resminya, kini Gold Medalist yang namanya memiliki makna filosofi “menjadi perusahaan Hallyu wave terdepan yang memproduksi content kebudayaan Korea Selatan yang sesuai dengan perkembangan media entertainment global di zaman yang serba cepat” ini banyak menaungi aktor dan aktris muda. Tak hanya itu, agency ini juga diketahui me-manage aktris Seo Ye Ji, lawan main Kim Soo Hyun dalam drama rating tinggi pada 2020 lalu.

So Ji Sub

Aktor So Ji Sub (instagram.com/51k_official)
Aktor So Ji Sub (instagram.com/51k_official)

Aktor yang menjadi salah satu pemeran dalam film Korea pertama bertema alien “Alienoid” ini, diketahui menjadi sosok di balik “51K”, agency yang didirikan pada 2011. Dilansir berbagai sumber, awalnya agency ini tidak didirikan untuk menerima aktor-aktor lain, melainkan fokus hanya mendukung So Ji Sub. Namun, melihat perkembangan dunia entertainment Korea yang pesat, 51K pun membuka kesempatan untuk me-manage aktor-aktor lain.

Aktor-aktor asuhan 51K antara lain Ok Taecyeon, aktor sekaligus K-pop idol dari grup 2PM yang sukses membintangi drama “Vincenzo” bersama Song Joong Ki dan Kwak Dong Yeon. Selain itu ada aktor Lee Seung Woo yang baru saja menyelesaikan penampilannya sebagai dokter ahli bedah jantung junior tokoh Han Yi Han yang diperankan So Ji Sub dalam drama “Doctor Lawyer” produksi stasiun TV MBC.

Hyun Bin

Aktor Hyun Bin (instagram.com/vast.ent)
Aktor Hyun Bin (instagram.com/vast.ent)

Sebelum akhirnya mendirikan Vast Entertainment, sebenarnya aktor yang menjadi pemeran utama drama rating tinggi “Crash Landing on You” ini pernah bergabung dengan aktris Shin Min Ah. Tepatnya pada 2012 lalu, mereka membentuk agency bernama “O& Entertainment”. Uniknya, Shin Min Ah menjadi satu aktris di tengah dominasi aktor yang mengembangkan sayap bisnisnya.

Setelah kontraknya habis dengan O& Entertaiment, kedua aktor mengambil langkah berbeda. Sementara Hyun Bin mendirikan Vast Entertainment yang kini menjadi bagian dari Kakao M, Shin Min Ah memilih kembali ke AM Entertainment, agency dimana Kim Woo Bin juga bernaung.

Lee Jong Suk

Aktor Lee Jong Suk (instagram.com/jongsuk0206)
Aktor Lee Jong Suk
(instagram.com/jongsuk0206)

Aktor berzodiak Virgo yang akan segera kembali menyapa K-drama lovers lewat drama terbaru “Big Mouth” bersama aktris idol Lim Yoona ini sempat berpindah ke beberapa agency sebelum akhirnya memutuskan untuk mendirikan management sendiri bernama “A-Man Project”. Sebelumnya, ia juga pernah menjadi anak asuhan YG Entertainment.

Uniknya, pada 2 Mei 2022, di akun Instagram resmi History D&C “historydnc”, secara mengejutkan tampil sebuah poster Lee Jong Suk dengan caption ucapan selamat bergabung di agency yang juga me-manage aktor terkenal Song Joong Ki.

Dilansir berbagai sumber, rupanya A-Man Project milik Lee Jong Suk telah menyepakati penggabungan kedua management tersebut. Seperti diketahui, salah satu aktris asuhan A-Man Project, Kwon Na Ra, telah memutuskan hengkang dari agency tersebut dan memilih bergabung di perusahaan lain.       

Lee Byung Hun

Aktor Lee Byung Hun (instagram.com/bhent_official)
Aktor Lee Byung Hun
(instagram.com/bhent_official)

Aktor veteran yang baru saja membintangi drama “Our Blues” bersama Shin Min Ah, Kim Woo Bin dan Han Ji Min ini mendirikan agency BH Entertainment pada 2006 lalu. Pada 2018, BH Entertainment menerima investasi dari Kakao M untuk memperkuat ekspansi para aktor ke pasar global.

BH Entertainment merupakan rumah bagi banyak aktor papan atas Korea Selatan. Sebut saja aktris Park Bo Young yang sukses membintangi drama seperti “Doom at Your Service” bersama aktor “Café Minamdang” Seo In Guk, aktor model Lee Soo Hyuk, dan Kang Tae Oh yang namanya sedang melambung berkat drama yang ia bintangi bersama aktris Park Eun Bin “Extraordinary Attorney Woo”. Selain itu, aktris Kim Go Eun dan Jinyoung GOT7 juga bernaung dalam agency ini.      

Itulah 7 aktor Korea Selatan yang berhasil membuktikan sense of business mereka yang kuat. Selain tentunya sukses pula mencatatkan diri sebagai nama-nama besar di dunia entertainment negeri Ginseng tersebut. Sangat menginspirasi ya, Ladies.

s