Alami Gempa Bumi, Sebagian Tembok Besar Cina Runtuh

Selasa, 11 Januari 2022 | 10:21:00

Arfiah Ramadhanti

Penulis : Arfiah Ramadhanti

Alami Gempa Bumi, Sebagian Tembok Besar Cina Runtuh

Tembok China. (Instagram.com/_.great_wall_of_china._)

Ladiestory.id - Gempa berkekuatan 6,9 SR dikabarkan melanda Provinsi Qinghai, Cina Barat pada Sabtu (8/1/2022). Gempa yang berada di kedalaman 10 kilometer ini menyebabkan runtuhnya Tembok Besar Cina sepanjang dua meter.

Diguncang gempa berkekuatan besar, pihak berwenang pun segera memeriksa kondisi situs budaya yang juga bagian dari keajaiban dunia ini. Terdapat beberapa kerusakan, pihak berwenang pun langsung melakukan proses perbaikan dan restorasi untuk bangunan keajaiban dunia tersebut.

Tidak ada korban jiwa atas terjadinya gempa ini, tapi tercatat ada 8 korban luka ringan dan 1 korban luka dalam pengawasan.

Sejarah Tembok Besar Cina

Membahas mengenai sejarahnya, Tembok Besar Cina merupakan rangkaian tembok dan benteng kuno dengan panjang lebih dari 13.000 mil atau setara 20.921,47 km yang berada di Cina bagian utara. Digagas pertama kali oleh Kaisar yang berasal dari Tiongkok, Qin Shi Huang, sang kaisar memerintahkan agar bangunan benteng terdahulu dihancurkan.

Lalu tepat di era Dinasti Ming sekitar abad 13 hingga 16, bangunan kembali dibangun berupa tembok sepanjang wilayah utara Cina untuk melindungi rakyat dari serangan pihak utara. Terbuat dari material tanah dan batu, bangunan ini membentang dari Pelabuhan Laut Cina Shanhaiguan hingga ke barat yakni Provinsi Gansu.

Ratusan tahun dijadikan sebagai bangunan pertahanan, saat ini Tembok Besar Cina merupakan salah satu destinasi wisata terkenal di Cina dan turut dinobatkan sebagai salah satu dari 7 keajaiban dunia.