Logo LadieStory.ID
LADIESTORY.ID | BEAUTY | ALASAN KENAPA SKINCARE KAMU TIDAK BEKERJA MAKSIMAL

Alasan Kenapa Skincare Kamu Tidak Bekerja Maksimal

LS Beauty
Penulis: LS Beauty
Kamis, 08 April 2021 | 02:06:36
Durasi baca: 2 menit, 31 detik
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp

Alasan Kenapa Skincare Kamu Tidak Bekerja Maksimal

Hayo ngaku siapa nih yang suka ganti-ganti produk skincare dengan alasan gak memberikan efek apapun pada kulit? Padahal sebelum beli skincare, banyak review positif tentang skincare tersebut. Tapi kenapa tetap gak bekerja ? Nah, ternyata ada alasan kenapa produk skincare menjadi tidak maksimal lho.

Terlalu banyak langkah yang harus dilakukan

kamu mungkin berpikir bahwa semakin banyak langkah yang kamu lakukan dalam rejimen perawatan kulit kamu, semakin efektif hasilnya, tetapi sebaliknya sering terjadi. Ada beberapa hal yang bisa salah ketika menggunakan terlalu banyak produk perawatan kulit, menurut Dendy Engelman, MD, direktur bedah kulit di Metropolitan Hospital di New York City. “Beberapa bahan dapat menghilangkan efek dari bahan lain atau dapat menyebabkan iritasi pada kulit, menyebabkan kulit menjadi kering atau sensitif,” katanya.

Berjerawat lebih banyak dari biasanya

Jerawat memang normal untuk terjadi, tetapi jika jerawat muncul karena produk perawatan yang kamu gunakan, maka sudah saatnya untuk melihat kembali komposisi bahan di dalam skincare kamu. Selain itu, perhatikan apakah kamu menggunakan bahan yang terlalu kuat, sehingga menyebabkan kulit menjadi sangat berminyak. Carilah produk yang mengandung bahan anti jerawat yang telah terbukti, seperti asam salisilat, serta formulasi bebas minyak dan non-komedogenik, tetapi jangan pernah berhemat pada pelembab kulit.

Baca juga: Bahan Aktif Pada Skincare Yang Dapat Mencerahkan Kulit Wajah

Adanya perubahan warna kulit

kamu mungkin mengalami peningkatan bintik-bintik coklat atau hiperpigmentasi yang disebabkan oleh sinar matahari atau hormon (misal karena kehamilan). Tapi ini juga bisa menjadi tkamu bahwa kamu memiliki reaksi buruk terhadap beberapa bahan yang dimaksudkan untuk mencerahkan kulit. Dalam hal ini, hentikan apa pun yang kamu gunakan. Marnie B. Nussbaum, seorang dokter dokter kulit di NYC, sangat merekomendasikan serum vitamin C yang diformulasikan untuk mengurangi munculnya bintik-bintik coklat serta kerusakan akibat sinar matahari. “Selain itu, tabir surya sangat penting dalam mencegah bintik-bintik yang ada menjadi lebih gelap dan terbentuknya bintik-bintik baru,” tambahnya.

Mengalami gatal dan iritasi

Kulit yang gatal atau teriritasi dapat menkamukan reaksi negatif terhadap produk yang kamu gunakan, yang dikenal sebagai dermatitis kontak. Untuk mengetahui produk mana yang menjadi penyebabnya, Dr. Nussbaum biasanya merekomendasikan untuk menghentikan rutinitas perawatan kulit kamu dan sebagai gantinya menggunakan pembersih dan pelembab berbahan dasar lembut. Setelah sekitar satu minggu, tambahkan perlahan setiap produk satu per satu setiap beberapa hari sampai kamu menemukan penyebabnya. Sebelum menggunakan produk baru untuk rangkaian skin care kamu, lakukan uji tempel terlebih dahulu.

Wajah kamu terasa kencang setelah dibersihkan

Bertentangan dengan apa yang kamu pikirkan, perasaan “kulit kencang” yang didapatkan setelah cuci muka sebenarnya berbahaya bagi kulit kamu. ” Hal ini berarti kulit kamu telah kehilangan minyak esensial dan dapat terganggu fungsi kulit kamu sebagai skin-barrier,” menurut Joshua Zeichner, MD, direktur Penelitian Kosmetik dan Klinis di Dermatologi di Mount Rumah Sakit Sinai di Kota New York. Hal ini dapat menimbulkan efek domino pada rutinitas skin care kamu. Alih-alih sabun cuci muka yang keras, ia merekomendasikan untuk tetap menggunakan sabun berbahan lembut seperti Neutrogena Ultra Gentle Hydrating Cleanser.

Jangan terburu-buru mengganti rangkaian skincare. Kulit wajah stres akibat debu dan polusi bisa diatasi dengan puasa skincare. Artinya, kulit tetap memerlukan asupan skincare. Hanya saja, tahapan skincare harus dikurangi. 

Sumber Foto Utama: istockphoto.com

Baca juga: Kandungan Skincare Yang Tepat Selama Puasa Untuk Wajah


alasan skincare tidak bekerja tips agar skincare bekerja maksimal cara skincare bekerja maksimal

RESPONSES

Give your comment here COMMENT

Related Posts

Trending On Beauty