Tak Alami Perubahan? Ini Tips agar Skincare Bekerja Maksimal

Senin, 5 September 2022 | 00:01:00

Tak Alami Perubahan? Ini Tips Agar Skincare Bekerja Maksimal

Ilustrasi wanita pakai retinol - Kulit wajah - Skincare - Serum wajah (Special)

Ladiestory.id - Dalam melakukan perawatan kulit, pasti semua orang ingin mendapatkan hasil yang sesuai impiannya. Banyak orang yang rela mengeluarkan uangnya hanya untuk perawatan agar kulit dapat sehat sempurna. Namun, tak jarang orang tidak mengalami perubahan dari berbagai skincare yang dipakainya. Berikut tips agar skincare dapat bekerja maksimal.

Perhatikan Jenis Kulitmu

kulit (pinterest)

Saat membeli skincare, usahakan untuk membeli sesuai kebutuhan kulitmu. Hal itu karena skincare difungsikan untuk mengatasi dan merawat kulit kamu agar terhindar dari masalah kulit. Namun, kamu juga harus memperhatikan jenis kulit terlebih dahulu.

Misalnya, saat kamu memiliki kulit wajah yang sensitif, pahami skincare yang tak boleh digunakan untuk kulit sensitif. Jika salah, bukannya mengatasi masalah kulitmu, hal itu justru memperparah kulitmu.

Cara yang dapat kamu lakukan untuk mengetahui jenis kulit, yakni ketika terdapat minyak di wajah setelah menggunakan kertas minyak. Ini tandanya, kamu memiliki jenis kulit berminyak. Sedangkan, jika kamu tidak memiliki minyak dan jarang mengalami masalah kulit, artinya kamu memiliki jenis kulit normal.

Namun, jika kertas minyak tidak menempel di wajah, tandanya kamu memiliki jenis kulit kering. Apabila kamu menemukan minyak pada area T-zone, kamu memiliki jenis kulit kombinasi.

Gunakan Eksfoliasi

Ilustrasi wanita pakai skincare (Special)

Selain untuk perawatan regenerasi sel kulit mati menjadi sel kulit baru, penggunaan eksfoliasi juga berfungsi untuk membantu menyerap skincare agar dapat bekerja maksimal.

Karena jika tidak melakukan eksfoliasi, sel kulit mati dan kotoran menumpuk akan pada kulit wajah. Ini akan membuat penggunaan skincare lainnya tidak bekerja hingga lapisan terdalam kulit. Kamu bisa melakukan perawatan kulit eksfoliasi pada malam hari sebelum tidur, karena kandungan ini akan bekerja dengan baik saat malam hari.

Cari Tahu Kombinasi Skincare

ilustrasi serum untuk perawatan kulit (Special)

Salah satu faktor ini sering kali terjadi bagi orang yang baru menggunakan skincare. Oleh sebab itu, banyak yang mengeluh tentang pemakaian skincare yang tak memberikan hasil. Selain itu, dengan mengetahui kombinasi skincare yang tak boleh dicampur dengan skincare lainnya, hal ini juga dapat mencegah masalah kulit.

Skincare yang tak boleh digunakan bersamaan, seperti vitamin C dan retinol, karena kandungannya yang kuat. Jika dicampur, hal tersebut akan menyebabkan iritasi. Selanjutnya, ada retinol dan AHA BHA, karena sama-sama memiliki kandungan untuk mengangkat sel kulit dan regenerasi kulit. Jika dicampur, tentu akan menyebabkan kulit kering.

Ketahui Kandungan Skincare

Ilustrasi essence lokal. (Spesial)

Mengetahui kandungan skincare dan fungsinya juga baik agar dapat bekerja maksimal. Kamu bisa mengetahui kandungan skincare lewat website resmi merek skincare yang dibeli atau review yang terdapat di media sosial.

Pahami Urutan Skincare

ilustrasi skincare Foto: bulakapak

Memahami urutan skincare dengan tepat akan membuatnya dapat bekerja lebih optimal di kulit wajah. Untuk kamu yang baru memulai skincare, perhatikan urutannya. Kamu bisa mulai dengan double cleansing, eksfoliasi, hydrating, pelembab, lalu penggunaan sunscreen.