Alasan Pentingnya Mengetahui Tingkat Porositas Rambut

Senin, 25 Oktober 2021 | 00:01:00

Alasan Pentingnya Mengetahui Tingkat Porositas Rambut

Ladiestory.id - Tingkat porositas rambut berubah seiring bertambahnya usia dan dapat dipengaruhi oleh kondisi tertentu seperti trauma fisik, stres, pola makan yang buruk, dan faktor lingkungan. Porositas rambut adalah kemampuan helai rambut untuk menyerap dan mempertahankan kelembapan.

Penting bagi Anda untuk mengambil langkah-langkah untuk mengurangi porositas rambut Anda dengan melakukan hal-hal seperti jarang mencuci rambut atau menggunakan kondisioner pelembab.

Apa Itu Tingkat Porositas Rambut?

Foti: Freeimages

Porositas rambut adalah ukuran ukuran lubang di helai rambut Anda. Ini adalah kunci dalam menentukan jenis rambut Anda. Porositas rambut ada di rambut setiap orang, tetapi itu bervariasi tergantung pada jenis rambut yang Anda miliki.

Ada tiga jenis utama rambut: lurus, bergelombang, dan keriting. Setiap jenis memiliki tingkat porositas yang berbeda-beda yang menentukan kekuatan dan kemampuannya menahan air.

Jika Anda memiliki rambut lurus dengan tingkat porositas tinggi, maka rambut Anda akan lebih mudah kusut saat basah dan cepat kering. Bergelombang dan keriting dapat mengaturnya dengan lebih baik karena mereka memiliki tingkat porositas yang lebih rendah yang memberi mereka tampilan yang lebih halus dan retensi kelembaban yang lebih baik.

Berbagai Jenis Porositas Rambut

Foto: Unsplash/Tim

Ada dua jenis umum porositas rambut. Jenis pertama adalah ketika kutikula berpori, yang berarti bahwa ruang antara kutikula dan korteks lebih besar dari ketebalan lapisan. Tipe kedua adalah ketika tidak ada ruang di antara berbagai lapisan kulit kepala Anda.

Saat Anda menentukan apakah rambut Anda memiliki porositas atau tidak, penting untuk menentukan apa yang Anda maksud dengan "berpori".

Jika Anda berbicara tentang seberapa banyak ruang yang ada antara kulit kepala dan kutikula, maka rambut Anda memiliki porositas yang rendah, tetapi jika Anda berbicara tentang jumlah minyak di rambut Anda, maka porositasnya tinggi.

Memiliki rambut kering bukanlah juga hal yang baik. Pertama, itu membuat rambut Anda lebih keriting dan kedua, dapat menyebabkan kerusakan. Jadi apa sebenarnya porositas itu?

Porositas menggambarkan kemampuan helai rambut Anda untuk menyerap kelembaban dari lingkungan. Jenis porositas yang paling umum adalah halus dan kasar.

Porositas kasar mengacu pada seberapa mudah air masuk melalui lapisan kutikula sedangkan porositas halus berarti air dapat masuk melalui lapisan yang berbeda seperti korteks dan medula.

Jika rambut Anda terasa kering atau mulai terlihat kusam, maka Anda mungkin memiliki masalah porositas yang memerlukan beberapa perawatan untuk memperbaikinya. Ini berarti Anda memiliki kadar air yang lebih rendah di rambut Anda.

Jika Anda memiliki kadar air yang rendah, maka akan lebih sulit untuk melawan kekeringan yang menyebabkan rambut kusut dan patah. Namun, dengan perawatan yang tepat, Anda dapat dengan mudah menghilangkan kekeringan dan mengembalikan helai yang tampak sehat.

Cara Meningkatkan dan Mengurangi Tingkat Porositas Rambut

Foto: Freeimages

Tingkat porositas rambut Anda adalah seberapa banyak air yang bisa masuk ke rambut. Rambut biasanya digambarkan memiliki porositas rendah hingga sedang. Namun ada juga yang memiliki porositas tinggi. Ada beberapa cara untuk meningkatkan tingkat porositas rambut Anda.

Anda bisa menggunakan kondisioner dan bisa membasahi rambut sebelum keramas dengan sampo dan kemudian menggunakan kondisioner setelahnya.

Selain itu, Anda juga bisa menggunakan perawatan deep conditioning dua kali seminggu untuk memastikan bahwa rambut Anda mendapatkan kelembaban yang cukup yang akan membantu meningkatkan tingkat porositas rambut Anda.

Ada beberapa cara untuk mengontrol porositas rambut Anda dan mengurangi risiko kerusakan. Salah satu caranya adalah dengan menggunakan kondisioner tanpa bilas yang mengandung keratin. Cara lainnya adalah dengan menggunakan serum high-shine ekstra kilap dan perlindungan.

Porositas di kulit kepala adalah masalah umum yang dapat menyebabkan kerontokan rambut. Hal ini penting dalam mencegah kerontokan rambut karena memungkinkan nutrisi melewati kulit kepala dan langsung ke folikel rambut Anda, yang dapat menghasilkan helaian rambut yang lebih sehat dan lebih indah.

Untuk mengurangi porositas, sebaiknya gunakan sampo yang memiliki pH rendah dan dibuat untuk jenis rambut keriting atau bergelombang. Anda juga harus fokus pada pertumbuhan ikal atau gelombang karena mereka cenderung memiliki pori-pori yang lebih kecil daripada helaian rambut lurus dan luas permukaan yang lebih sedikit secara keseluruhan.

Nah itulah apa yang dimaksud tingkat porositas rambut, kelebihan atau kekurangan kelembapan memiliki efek yang buruk bagi rambut. Jadi Anda harus pastikan bahwa tingkat porositas rambut Anda seimbang sehingga rambut menjadi sehat.