Ulas Kesehatan Mental, 5 Alasan “Teman Healing Karin Novilda” Sayang Dilewatkan

Selasa, 28 Juni 2022 | 00:01:00

Astri Supriyati

Penulis : Astri Supriyati

Ulas Kesehatan Mental, 5 Alasan “Teman Healing Karin Novilda” Sayang Dilewatkan

Karin Novilda. (Special)

Ladiestory.id - Selama dua tahun dilanda pandemi, banyak hal yang bisa dipelajari dari keadaan ini, termasuk menjaga kesehatan fisik maupun mental. Berdasarkan pengamatan tersebut, GoPlay, platform live streaming interaktif dari Gojek, menggandeng konten kreator Karin Novilda atau Awkarin, untuk berbagi kisah tentang pentingnya menjaga kesehatan mental.

Didampingi pakar kesehatan jiwa, Awkarin akan membawakan program live show di GoPlay berjudul "Teman Healing Karin Novilda di GoPlay". Program ini akan mengupas berbagai topik, seperti kesehatan mental, kecemasan, amor fati (belajar mencintai takdir), hingga perjalanan seorang penyintas bipolar. 

Siap tayang setiap Rabu pukul 19.00 WIB, mulai 29 Juni hingga 20 Juli 2022, berikut beberapa alasan kenapa program ini sayang dilewatkan.

Pahami Pentingnya Kesehatan Mental

Keterbatasan sosial dan ketidakpastian sepanjang pandemi menyebabkan banyak anak muda mengeluhkan kejenuhan dan kecemasan. Hasil survei Badan Pusat Statistik (BPS) pada 2022 menjelaskan bahwa kecenderungan untuk lebih mudah marah, takut, dan cemas terjadi pada kelompok usia 17 hingga 30 tahun, lebih tinggi dibandingkan kelompok umur lainnya. 

“Banyak anak muda yang belum tahu bahwa seiring dengan perkembangan media sosial, semakin banyak hal yang dapat mengganggu kesehatan mental Kita. Oleh karena itu, GoPlay dan saya mengajak teman-teman semua untuk lebih memperhatikan kondisi kesehatan mental yang sama pentingnya dengan menjaga kesehatan tubuh kita,” ujar Karin Novilda, konten kreator dan host "Teman Healing Karin Novilda di GoPlay".

Format yang Menarik, Interaktif, dan Edukatif

Sebagai wadah kreator lokal, GoPlay menyatakan kegembiraannya dapat berkolaborasi dengan Awkarin untuk berbagi pesan positif dengan komunitas penonton di GoPlay.

“Topik kesehatan mental bagi anak-anak muda semakin relevan seiring derasnya informasi di media sosial dan adanya keterbatasan sosial selama pandemi. Dengan perilaku konsumsi media anak muda saat ini, beragam topik krusial dan pesan positif ini perlu dihadirkan dalam format yang menarik, inspiratif, serta edukatif sehingga dampak yang dihasilkan semakin luas,” ungkap Head of Creative Development GoPlay, Chicha Dipsy. 

Dihadiri oleh Pakar Bepengalaman

Pada acara ini, Awkarin akan ditemani oleh seorang dokter spesialis kedokteran jiwa, Myra. Myra berpengalaman dan ahli dalam bidang kesehatan jiwa serta tercatat sebagai dokter jiwa di RSUD Ampana Sulawesi Tenggara. Ia juga anggota dari Perhimpunan Dokter Spesialis Kedokteran Jiwa Indonesia.

Berbagi Cerita secara Live Bareng Karin

Dalam acara ini, pengguna GoPlay juga dapat membagikan pengalaman mereka dan berkesempatan untuk dibacakan ceritanya ataupun tampil secara langsung dalam sesi live stream. Untuk berpartisipasi dalam kesempatan ini, GoPlay dan Karin menyelenggarakan serangkaian kegiatan di aplikasi GoPlay mulai 23 Juni 2022. Pengguna dapat bergabung dalam grup telegram "Teman Healing Karin Novilda di GoPlay" pada tautan t.me/temanhealingkarin untuk tidak ketinggalan informasi terbaru. 

Ada Fitur Interaktif

Penonton maupun kreator di GoPlay dapat memanfaatkan teknologi interaktif dalam GoPlay, seperti private chat, shout out, trivia, hingga polling.

“Ragam fitur interaktif ini tak hanya memungkinkan pengguna menikmati berbagai hiburan livestream bersama dengan teman dan keluarga, tapi juga memudahkan konten kreator berinovasi dalam membuat konten yang kreatif dan interaktif. Sebagai rumah bagi kreator lokal, GoPlay berharap program ini dapat menginspirasi lebih banyak kreator di Indonesia yang berbagi pesan positif bagi anak muda melalui karya mereka,” tutup Chicha.