Anak Butuh Pendidikan Dini? Kenali 5 Perbedaan Daycare dan Preschool

Minggu, 14 Agustus 2022 | 15:00:00

Anisah Chamalia

Penulis : Anisah Chamalia

Anak Butuh Pendidikan Dini? Kenali 5 Perbedaan Daycare Dan Preschool

Ilustrasi Perbedaan Daycare dan Preschool. (Special)

Ladiestory.id - Ketika si kecil mulai tumbuh, orang tua mulai memikirkan pendidikannya. Bagi orang tua pekerja, cenderung akan lebih mencari tempat penitipan anak yang terpercaya.

Nah, kamu mungkin akan mulai kebingungan untuk memasukkan si kecil ke daycare atau preschool. Mengingat, anak pasti sangat membutuhkan tempat yang sering kali menyediakan layanan lebih dari sekedar pengasuhan. 

Namun, apa perbedaan dari kedua jenis sekolah tersebut? Yuk, untuk memudahkannya cari tahu 5 perbedaan daycare dan preschool berikut ini.

Kriteria Usia Anak-Anak

Ilustrasi Perbedaan Daycare dan Preschool. (Special)

Daycare dapat menerima anak-anak mulai dari usia bayi hingga usia sekolah dasar. Si kecil juga memiliki kesempatan untuk bersosialisasi dengan anak-anak yang lebih besar dan berada di dekat bayi kecil.

Namun kelemahannya, daycare lebih memiliki konsentrasi mengurus bayi yang lebih kecil. Sementara, preschool merupakan tempat dengan dominasi anak-anak usia dua hingga lima tahun atau sebelum masuk TK. Hanya saja, kelompok usia cenderung disesuaikan dan dipisah. Jadi, kamu perlu mengetahui usia anak memasuki kriteria yang mana.

Toilet

Ilustrasi Perbedaan Daycare dan Preschool. (Special)

Banyak anggapan bahwa preschool merupakan tempat yang hanya diperbolehkan untuk anak yang telah mendapat kelulusan toilet training. Namun, tak semua preschool menerapkan seperti itu. Ada beberapa yang memberikan pendampingan bagi anak asuhnya bahkan hingga ke toilet untuk buang air kecil maupun besar.

Anak-anak di preschool rata-rata berusia lebih tua dibandingkan daycare. Untuk daycare, bagi anak yang masih menggunakan popok akan tetap diterima dan dibantu pengurusan saat buang air besar mau pun air kecil. Mereka juga akan diajari secara perlahan hingga mandiri.

Waktu Belajar

Ilustrasi Perbedaan Daycare dan Preschool. (Special)

Preschool merupakan tempat yang memiliki jam harian lebih pendek, bahkan sebagian besar juga tutup pada hari libur. Kamu mungkin akan memilih program setengah hari dan sehari penuh.

Sedangkan daycare, lebih fleksibel dalam hal waktu. Sebab, cenderung lebih awal dan tutup untuk memenuhi kebutuhan orang tua yang bekerja. Bahkan, ada beberapa daycare yang dapat sepenuhnya dapat memenuhi kebutuhan jadwal anak.

Staf Sekolah

Ilustrasi Perbedaan Daycare dan Preschool. (Special)

Program preschool biasanya lebih terstruktur dan berorientasi pada pembelajaran yang sering didasarkan pendekatan tertentu untuk mengajarnya. Sebab, kebanyakan preschool menerapkan standar yang tinggi untuk memilih guru dan direktur pendidikannya.

Sehingga, akan terdapat perbedaan pada lisensi antara staf dan guru di preschool dengan daycare. Meski begitu, keduanya memiliki standar yang bertujuan untuk membantu tumbuh kembang anak.

Teknik Pembelajaran Anak

Ilustrasi Perbedaan Daycare dan Preschool. (Special)

Preschool lebih berfokus pada pendidikan dan perkembangan anak. Tempat ini dikembangkan untuk membantu anak-anak dalam meningkatkan keterampilan belajar. Baik itu mulai belajar hal sederhana, seperti memegang pensil, hingga kemampuan membedakan warna. Sedangkan daycare, lebih memprioritaskan perawatan anak dan membuat mereka tetap aktif.

Itulah lima perbedaan antara daycare dan preschool. Meski memiliki perbedaan yang sedikit namun yang harus diingat adalah menyesuaikan kebutuhan dan kemampuan anak.

Pastikan, kamu mempertimbangkan berbagai hal supaya tumbuh kembang anak tetap berjalan dengan baik meski sebagai orang tua memiliki kesibukan. Sebab, yang utama adalah anak mendapatkan kualitas hidup terbaik untuk masa depannya. Selamat mencoba ya, Ladies!