Membanggakan! Anak Driver Ojol Dapat Beasiswa Kuliah di University of British Columbia

Jumat, 24 Juni 2022 | 15:00:00

Tyas Sukma

Penulis : Tyas Sukma

Membanggakan! Anak Driver Ojol Dapat Beasiswa Kuliah Di University Of British Columbia

Rifky Bujana Bisri. (Website/Puspresnas)

Ladiestory.id - Rifky Bujana Bisri, anak dari seorang driver ojek online (Ojol), berkuliah di University of British Columbia (UBC), Kanada. Rifky Bujana dibiayai penuh melalui Beasiswa Indonesia Maju (BIM).

Persiapan Rifky tergolong sangat singkat, sebab informasi seputar BIM diperoleh dua minggu sebelum penutupan. Berkat bantuan dari orang di sekitar, Rifky berhasil menyelesaikan persiapan IELTS, wawancara, dan esai dalam waktu yang tersisa.

Rifky Bujana Bisri. (Website/Puspresnas)

Melansir dari Puspresnas, Rifky sempat merasa tidak percaya diri karena nilai rata-rata rapotnya tidak terlalu tinggi. Namun, ia berusaha untuk menulis esai yang baik, serta memberikan informasi mengenai prestasi-prestasi yang telah diraihnya.

Rifky merupakan Siswa berprestasi yang baru lulus dari SMAN 28 Jakarta. Rifky pernah mendapatkan medali emas di Kompetisi Robot Nusantara (KRON) pada 2019, kategori Creative, juara dua Thamrin Olympiad Cup kategori Robotic Competition, juara satu Animasi VI Robotic Competition 2020, Runner Up Gameloft Student Gameday Competition, dan silver medal Kompetisi Penelitian Siswa Indonesia (KoPSI) tahun 2021 kategori FTR (Fisika Terapan dan Rekayasa).

Selama sekolah, Rifky dibiayai menggunakan Kartu Jakarta Pintar (KJP), yakni bantuan pemerintah untuk siswa kurang mampu. Ia memanfaatkannya untuk membeli peralatan sekolah, seperti seragam maupun buku.

Rifky pun memberikan motavasi untuk siswa sekolah di luar sana agar mereka bisa terus berjuang dan bermimpi untuk masa depannya.

“Kita tidak akan tahu apa yang akan terjadi di masa depan. Mungkin suatu saat kita gagal dalam mencapai sesuatu, namun pasti ada saatnya kita mendapatkan sesuatu yang jauh lebih baik, yang belum pernah kita pikirkan sebelumnya,” ujar Rifky, Rabu (22/6/2022).