Anak Harus Miliki Adab Terhadap Orang Tua dan Guru Seperti Berikut Ini

Selasa, 13 Juli 2021 | 15:17:57

Diana Rahmawati

Penulis : Diana Rahmawati

Anak Harus Miliki Adab Terhadap Orang Tua Dan Guru Seperti Berikut Ini

foto:ladiestory.id

Orang yang secara jasmani menjadi asal keturunan anak adalah orang tua. Sosok yang paling dekat hubungannya dengan sang anak adalah orang tua. Pengorbanan orang tua terhadap anaknya sungguh tiada batasnya, mereka mendidik kita dan menyerahkan hidupnya demi keberlangsungan hidup anak anaknya.

Bagaimana Adab Anak Terhadap Orang tua dan Guru?

Peran orang tua ketika membesarkan seorang anak sungguh besar dan itulah mengapa kita wajib menghormati mereka berdua. Orangtua serta guru pun juga tak lepas dalam melakukan tanggung jawab mereka ketika membesarkan dan mendidik anak maupun muridnya.

Menerapkan Adab yang Baik Sejak Dini

Orang tua tentu telah menjadi guru pertama yang mengajarkan banyak hal mengenai dunia semenjak kita lahir. Dan guru juga pun di sekolah meneruskan kewajiban dalam mendidik muridnya pada lingkungan sekolah.

Karena jasa-jasa mereka, seorang anak perlu memahami adab dan sopan santun kepada orang tua dan guru sebagai bentuk terima kasih.

Sejak dilahirkan sampai pada saat ini, pasti kita tidak dapat lepas dari peran penting orang tua dan guru yang sudah memberikan berbagai macam pelajaran penting kepada kita semuanya baik sebagai anak maupun pun murid.

Bapak dan ibu kita tentu saja adalah guru untuk kita semua saat kita tengah berada di rumah. Adapun guru merupakan orang tua kita saat kita berada di lingkungan sekolah.

foto:ladiestory.id
foto:ladiestory.id

Agama Mengajarkan Anak untuk Beradap Kepada yang Lebih Tua

Dalam agama Islam, seorang anak pastinya harus tahu dan memperhatikan adab atau sopan santunnya terhadap orang tua dan guru masing-masing. Hal ini disebabkan karena mereka yang tak lain adalah orang tua dan guru sudah pasti memiliki peran dan jasa besar kepada diri kita sebagai seorang anak.

Dari sinilah kita akan belajar mengenai bagaimana adab kita sebagai seorang anak atau pun siswa, kepada orang tua dan guru kita, entah itu saat di rumah atau pun ketika di sekolah.

Pada Kamus Besar Bahasa Indonesia, kata ‘adab’ berarti akhlak, budi pekerti, kesopanan, atau tutur halus. Sedangkan orang tua adalah ayah (laki-laki) dan ibu (perempuan) yang menjadikan kita ada saat ini.

Dari penjelasan tentang arti “adab” dan “orang tua” di atas, maka penjelasan dari adab terhadap orang tua merupakan berperilaku sopan santun dan baik budi pekerti terhadap orang tua. Baik itu dalam perkataan ataupun perbuatan kita sehari-hari.

foto:ladiestory.id
foto:ladiestory.id

Islam sebagai agama yang telah disempurnakan pastinya memiliki aturan-aturan umum tentang bagaimana akhlak atau sikap seorang anak kepada orang tua nya masing-masing.

Perintah untuk bersikap sopan santun, dan berakhlak mulia terhadap orang tua ini tentu saja banyak kita dapati dalam kitab al-Qur’an ataupun hadits.

“Sembahlah Allah dan janganlah kamu mempersekutukan-Nya dengan sesuatu apapun. Dan berbuat baiklah kepada dua orang tuamu (ibu - bapak), …. ” (QS. an-Nisaa’ : 36)

foto:ladiestory.id
foto:ladiestory.id

 

Juga hadits yang diriwayatkan oleh Ibnu Mas'ud, Artinya:

Dari ‘Abdullah bin Mas’ud r.a. dia berkata: “ Aku berkata kepada Nabiyyullah saw.: "Amal apa saja yang bisa mendekatkan kepada surga?”. Beliau menjawab: “Shalat tepat pada waktunya”, “Kemudian apa lagi ?”. Beliau menjawab: “ Berbakti kepada orang tua”, Kemudian aku bertanya "Dan apa lagi Nabiyyullah saw.?”. Beliau menjawab: “Jihad di dalan Allah swt.” (Hadits Riwayat Muslim)