Anak Sakit Pilek? Ini yang Harus Orang Tua Lakukan!

Sabtu, 27 Agustus 2022 | 11:00:00

Anak Sakit Pilek? Ini Yang Harus Orang Tua Lakukan!

Anak pilek (Special)

Ladiestory.id - Di musim seperti ini rentan sekali untuk terkena berbagai penyakit. Apalagi jika memiliki daya tahan tubuh yang kurang baik. Salah satu penyakit yang biasa terjadi seperti pilek pada anak.

Anak mengalami pilek bisa disebabkan oleh terpaparnya virus atau alergi yang tersebar dimana saja. Sebagai orang tua pasti merasa khawatir dan kasihan jika anak merasa terganggu dengan pileknya. Berikut cara yang harus orang tua lakukan jika anak alami pilek.

Kurangi Bermain di Luar

Ilustrasi Anak Tidur. (Special)

Pilek bisa disebabkan oleh pengaruh lingkungan yang kurang baik. Banyak polusi dan debu tidak baik untuk pernapasan si kecil. Sebagai orang tua, penting untuk membatasi anak bermain di luar saat terkena pilek. Hal ini dilakukan agar pilek pada anak tidak bertambah parah. Selain itu, dikhawatirkan pilek pada anak dapat mengganggu teman-teman bermainnya.

Usahakan untuk memberikan waktu istirahat anak saat pilek. Istirahat yang cukup akan meningkatkan daya tahan tubuh anak. Sehingga penyakit pilek ini dapat cepat sembuh. Selain istirahat yang cukup, sebagai orang tua perlu memberikan makanan yang sehat seperti sayur-sayuran atau buah.

Moms bisa sediakan makanan sayur hangat untuk dikonsumsi pada anak. Kuah sayur yang hangat dapat meredakan pilek yang dialami anak.

Cegah Dehidrasi

Anak Minum Air Putih (Special)

Saat anak pilek, tubuh anak akan mengalami dehidrasi akibat kehilangan banyak cairan. Cairan tersebut dapat berkurang melalui demam, ingus atau keringat. Oleh karena itu, orang tua wajib perhatikan anak agar tidak mengalami dehidrasi saat pilek.

Kamu bisa sediakan segelas air putih yang diletakan di dekat tempat tidur anak. Selain itu, asupan buah juga dapat meningkatkan cairan pada anak agar tidak terjadi dehidrasi.

Jaga Kebersihan Tangan Anak

Anak Mencuci Tangan (Special)

Anak masih belum paham dengan sesuatu yang dipegangnya. Bisa saja anak memegang benda yang berdebu atau banyak kotoran. Ini akan menyebabkan anak mudah alergi sehingga anak menjadi pilek.

Mengajarkan cuci tangan pada anak sangatlah penting. Agar anak dapat paham tentang kebersihan untuk dirinya sendiri. Selain itu, orang tua juga dapat berikan edukasi tentang manfaat mencuci tangan.

Pastikan anak selalu mencuci tangan dengan sabun agar tangan menjadi bersih dan sehat. Selain itu, ajarkan anak selalu mencuci tangan sebelum makan atau sebelum tidur.

Rutin Berikan Madu

Ilustrasi Madu (Ladiestory.id)

Madu sudah dipercaya memiliki banyak khasiat, salah satunya mengobati pilek. Orang tua bisa berikan madu pada anak sehari 2 kali agar anak lekas sembuh. Madu memiliki manfaat sebagai antibakteri, antioksidan, mengurangi iritasi dan bantu mengobati ingus pada anak.

Uap Air Panas

Uap air panas untuk anak (Special)

Cara ini cukup efektif untuk mengobati pilek. Uap air panas dapat mengatasi masalah hidung tersumbat atau mampet. Kamu bisa mencoba dengan menuangkan air panas atau mendidih pada wadah. Biarkan anak menghirup uap yang keluar. Cara ini akan bantu mengencerkan ingus atau lendir dan bantu mengeluarkannya.