Anak Sulit Diatur? Yuk, Coba Terapkan HypnoParenting

Sabtu, 15 Oktober 2022 | 00:01:00

Anisah Chamalia

Penulis : Anisah Chamalia

Anak Sulit Diatur? Yuk, Coba Terapkan Hypnoparenting

Ilustrasi ibu dan anak. (Special)

Ladiestory.id - Mungkin kamu belum begitu familiar mendengar istilah Hypnoparenting. Metode unik ini tengah menjadi obrolan hangat di dunia parenting. Hal itu karena metode tersebut membuat banyak pro dan kontra.

Hypnoparenting dikenal sebagai metode yang menerapkan pola asuh dengan menanamkan sugesti positif terhadap anak. Nah, bagi kamu yang ingin mengenal lebih dalam. Yuk, simak penjelasan berikut.

Pengertian Hypnoparenting

Ilustrasi ibu dan anak. (Special)

Dalam sebuah jurnal dengan judul Hypnosis and Parents: Pattern Interruptus memberikan penjelasan, bahwa peran orang tua dalam menggunakan hypnosis pada anak-anak akan menimbulkan sebuah pertanyaan yang wajib menjadi pertimbangan. Sebab, metode Hypnoparenting belum memiliki banyak hasil dalam tingkat kedalaman penelitiannya.

Meski begitu, banyak ahli yang percaya, bahwa sebenarnya metode hypnosis telah terjadi sejak dahulu. Metode ini sendiri pertama kali diperkenalkan oleh Chief Health and Medical Director, Dr. Richard Besser pada acara terkenal Good Morning America. Pada kesempatan tersebut, Dr. Richard hanya menjelaskan sekilas mengenai hypnoparenting ini.

Secara umum, hypnoparenting merupakan teknik menanamkan sugesti atau arahan yang positif pada anak. Biasanya, hal ini dapat dilakukan dalam keadaan anak sedang rileks atau tenang.

Namun, metode ini tidak sepenuhnya membuat kamu memiliki kendali atas si anak. Sebab, pada akhirnya keputusan mengambil tindakan akan sepenuhnya diserahkan pada anak. Setelah kamu memberikan arahan yang positif dan membangun, anak bisa lebih bijak dalam mengambil keputusan.

Dampak Hypnoparenting pada Anak

Ilustrasi ibu dan anak. (Special)

Hypnoparenting banyak disebut sebagai metode yang dapat membantu mengatasi masalah sang anak. Beberapa masalah anak yang dapat diatasi, misalnya mengigau, ngompol, hingga trauma terhadap hewan maupun benda tertentu. Jika, kamu memberikan sugesti secara berulang dan konsisten untuk anak, otaknya akan mampu melawan hal tersebut.

Maka, saat pikiran sang anak tenang, ia akan menerima dengan baik dan menjadi hal belajar dalam tumbuh kembangnya. Sehingga, metode ini sangat membantu dalam mengontrol perilaku anak. Selain itu, akan muncul rasa percaya diri dan juga mengatasi permasalahan yang sedang dialami.  

Cara Menerapkan pada Anak

Ilustrasi ibu dan anak. (Special)

Bagi kamu yang ingin memulai menerapkan metode ini, cukup mudah lho, Ladies! Pastikan kamu melakukan ini saat si kecil sedang nyaman dan rileks, seperti pada waktu menjelang tidur. Buatlah sesi khusus untuk melakukan hipnoterapi pada anak. Misalnya, sambil memijat atau mengelus rambut anak.

Hal yang bisa kamu lakukan, pertama adalah meminta anak untuk memejamkan mata dan menarik nafas dalam kemudian menghembuskannya secara perlahan. Lakukan secara berulang hingga anak menjadi lebih rileks. Kedua, tepuk punggung atau elus kepala anak untuk memberikan efek kasih sayang dan menenangkan.

Ketiga, mulailah untuk mengatakan arahan positif. Misalnya, “Nak, bobo yang nyenyak ya. Anak pintar mama besok bangun dengan segar dan bugar” Kamu bisa juga menyesuaikan kalimat sesuai kebutuhanmu. Keempat, hindari menggunakan kata negatif seperti jangan dan tidak ya, Ladies.

Manfaat Hypnoparenting

Ilustrasi ibu dan anak. (Special)

Terdapat beberapa manfaat yang dapat kamu rasakan saat menerapkan metode hypnoparenting dalam mengasuh anak. Pertama, dapat membantu anak mengatasi tantrum. Kedua, mencegah penggunaan gadget yang berlebihan dan tidak tepat. Ketiga, membangun karakter anak menjadi positif.

Keempat, membantu meningkatkan kualitas kesehatan anak. Kelima, membantu anak dalam proses penyembuhan saat sakit. Keenam, membantu mengatasi permasalahan pada anak. Ketujuh, membantu anak lebih terampil dan bijaksana. Banyak sekali bukan, manfaatnya?

Tingkat Keberhasilan

Ilustrasi ibu dan anak. (Special)

Meski kamu telah menerapkan berbagai cara maupun tips parenting, tingkat keberhasilan dipenuhi oleh beberapa faktor, seperti lingkungan dan kualitas hubungan antara anak dan orang tua.

Selain itu, hypnosis yang dilakukan juga bergantung pada kondisi anak pada saat itu. Apakah dia tenang dan rileks? Menurut ahli, ketika anak-anak dengan mudah dapat dihipnosis belum terdapat keterangan lengkap mengenai tanda maupun indikasi bahaya dari metode ini.