Anniversary Debut ke-10, Intip Perjalanan Karier EXO

Sabtu, 9 April 2022 | 00:01:00

Astri Supriyati

Penulis : Astri Supriyati

Anniversary Debut Ke-10, Intip Perjalanan Karier Exo

EXO. (Special)

Ladiestory.id - Boy group Korea Selatan EXO merayakan anniversary debut ke-10 pada Jumat (8/4/2022). Grup besutan SM Entertainment ini debut pada 8 April 2012 dengan beranggotakan 12 orang. 

Mereka adalah Suho, Baekhyun, Chanyeol, D.O., Kai, Sehun, Xiumin, Lay, Chen, dan mantan anggota Kris, Luhan, dan Tao. Sayangnya, Kris, Luhan, dan Tao mundur pada 2014 dan 2015, sehingga EXO bertahan dengan sembilan anggota.

Awal debut 

EXO OT 12. (Spesial)

Pada awal debut, EXO, yang diambil dari kata “exoplanet”, memiliki dua sub grup, yakni EXO-K dan EXO-M. Grup tersebut membawakan musik dalam bahasa Korea dan Mandarin hingga 2014.

EXO-K terdiri dari Suho, Baekhyun, Chanyeol, D.O., Kai, dan Sehun, sedangkan EXO-M beranggotakan Xiumin, Lay, Chen, serta mantan anggota Kris, Luhan, dan Tao. Suho dipilih menjadi leader EXO-K, sementara Kris memimpin EXO-M.

EXO pun memiliki sub unit lain bernama EXO-CBX, yang terdiri dari Chen, Baekhyun, dan Xiumin, pada 2016 lalu.

Album Pertama

Album "XOXO". (Special)

EXO merilis album studio pertama bertajuk “XOXO” pada 3 Juni 2013 dalam dua versi, bahasa Korea dan Mandarin. Grup ini semakin mencuri perhatian pecinta musik Korea atau K-Popers dengan lagu “Growl”.

Lewat album tersebut, EXO mampu memboyong pulang penghargaan Song of the Year di Melon Music Awards, Disc Daesang di Golden Disc Awards, Album of the Year di Mnet Asian Music Awards dan Daesang di Seoul Music Awards.

Hengkangnya 3 Anggota 

Luhan, Kris Wu, Tao. (Special)

Kris memutuskan untuk mengakhiri kontrak dengan SM Entertainment pada 15 Mei 2014. Luhan pun menyusul menghentikan kontrak pada 10 Oktober 2014. Tao menjadi anggota ketiga yang memutus kontrak dengan SM Entertainment, tepatnya pada 24 Agustus 2015.

Namun, Kris dan Luhan secara resmi keluar dari EXO dan SM Entertainment pada 21 Juli 2016, diikuti dengan Tao yang turut memilih hengkang.

Aktivitas Solo dan Sub Unit

EXO. (Special)

SM Entertainment memprioritaskan aktivitas solo dan sub unit sejak 2020. Hal ini karena sebagian anggota EXO menjalankan kewajiban militernya. Diketahui, Chen, Chanyeol, dan Baekhyun masih menjalankan wajib militer mereka. 

Beberapa anggota EXO juga disibukkan dengan proyek akting, seperti Xiumin yang berperan dalam drama musikal "Hadestown", Sehun comeback drama "Love, High School", dan D.O yang segera bintangi drama baru berjudul "Prosecutor Jin's Victory".

Sementara itu, Suho yang baru dibebastugaskan pada Februari 2022 lalu, kini comeback dengan merilis mini album bertajuk “Grey Suit”. 

Lay EXO pun mengumumkan bahwa dirinya tak lagi menjadi bagian SM Entertainment. Namun, ia tetap bersama EXO.

s