Apa itu Cardi? Ketahui Jenis-Jenis Cardigan

Jumat, 17 Desember 2021 | 17:00:00

Gendis Ayu

Penulis : Gendis Ayu

Apa Itu Cardi? Ketahui Jenis-Jenis Cardigan

Ilustrasi fashion cardigan. (Special)

Ladiestory.id - Selain jaket, cardigan merupakan salah satu fashion item yang kerap dijadikan sebagai outer. Sebab cardigan memiliki bahan yang ringan dan cocok dipakai di musim apapun.

Apa itu Cardigan?

Cardi atau cardigan adalah semacam jaket yang terbuka di bagian depan dan dapat diberi variasi dengan kancing atau ritsleting. Awalnya, cardigan merupakan jaket militer dengan lengan panjang yang terbuat dari rajutan wol dan berkancing di bagian depan.

Sejarah asal kata cardigan yaitu karena dulunya jaket ini dipakai oleh perwira tentara Inggris selama perang Crimean yang saat itu dalam masa pemerintahan Earl of Cardigan VII. Pada abad ke 20, cardigan mengalami evolusi dengan model tanpa kerah yang merupakan adaptasi untuk pakaian olahraga santai.

Setelah itu, cardigan menjadi populer dan dipakai untuk pakaian sehari-hari. Manufaktur pakaian rajut memproduksinya dengan berbagai macam model menggunakan bahan wol murni atau wol campuran yang dilengkapi dengan kancing dan berlengan panjang.

Ketahui Jenis-Jenis Cardigan

Cardigan menjadi semakin terkenal sejak dipopulerkan oleh Chanel selama tahun 1920 hingga 1930. Pada tahun 1950an, muncul model cardigan dengan kancing di bagian belakang. Bahkan cardi memiliki beberapa jenis yang perlu kamu ketahui.

1. Classic Cardigan

jenis cardigan
Ilustrasi fashion cardigan. (Special)

Ini adalah jenis cardigan yang paling sering ditemui, dengan leher V. Dengan panjang yang hanya mencapai pinggang, cardigan ini juga sering disebut dengan cropped cardigan.

Jika memakai cardigan ini, jangan mengenakannya sebagai luaran untuk atasan yang panjang. Jika kamu punya blus atau kaus yang panjangnya jauh melebihi pinggang, hindari menggunakan cropped cardigan yang panjangnya hanya sebatas pinggangmu.

Perbedaan panjang antara dalaman dan luaran akan menciptakan kontras yang aneh dan mengacaukan proporsi tubuhmu.

Sebaliknya, boleh menggunakan cardigan ini sebagai luaran untuk dress yang pas tubuh dan sedikit mekar di bawah. Pastikan bahwa ujung cardigan ini tidak lebih dari beberapa senti dari garis pinggang bajumu.

Atau, kamu juga bisa menggunakan cardigan klasik dengan rok high waist yang garisnya mencapai pinggang.

2. Belted Cardigan

jenis cardigan
Ilustrasi fashion cardigan. (Special)

Disebut belted cardigan karena cardigan ini mempunyai ikatan yang menyerupai ikat pinggang untuk mengacingkannya. Cardigan ini juga bisa disebut kimono karena bentuknya seperti kimono.

Cardigan ini cocok dipakai di musim apapun baik musim dingin maupun musim panas. Tapi, tetap perhatikan bahannya. Cardigan ini juga cocok dipadukan dengan skinny jeans atau legging.

Namun, cardigan ini hanya cocok bagi yang memiliki tubuh kurus. Sebab belt yang terdapat pada cardigan bisa membuat badan lebih berisi.

3. Aztec Cardigan

jenis cardigan
Ilustrasi fashion cardigan. (Special)

Ini adalah jenis cardigan besar yang tidak dimaksudkan untuk pas di tubuh. Disebut juga dengan oversized cardigan. Sama seperti wrap, tapi lebih longgar.

Jika memakai cardigan ini, jangan memadukannya dengan celana baggy yang berpotongan lurus atau melebar di bagian tungkai. Hindari juga rok panjang.

Karena cardigan ini sudah berpotongan besar. Jika kamu memadukannya dengan rok atau celana yang juga lebar dan besar, tubuhmu akan terlihat lebar dan besar.

Sebaliknya, cardigan ini digunakan dengan legging atau skinny jeans yang ketat. Pastikan kakimu terlihat seramping mungkin. Maka itu, pilihlah celana yang membungkus kakimu dengan ketat.

4. Flyaway Cardigan

jenis cardigan
Ilustrasi fashion cardigan. (Special)

Cardigan ini memiliki potongan yang seolah dapat melambai-lambai saat bergerak. Sepintas jenis cardigan ini hampir sama dengan open cardigan karena sama-sama tidak terdapat kancing.

Jenis cardigan ini lebih cocok digunakan di musim panas karena rata-rata bahannya ringan dan tipis. Namun, jenis cardigan ini kurang cocok bagi yang memiliki badan tinggi. Sebab, cardigan ini membuat badan semakin tinggi.

5. Long Cardigan

jenis cardigan
Ilustrasi fashion cardigan. (Special)

Ini adalah jenis cardigan yang kurang lebih sama dengan cardigan klasik. Bedanya, cardigan ini lebih panjang dan garis lehernya juga lebih rendah.

Jika memakai cardigan ini, sebaiknya jangan mengenakannya dengan rok atau dress yang megar. Ujung cardigan ini akan memotong garis rokmu tepat di bokong dan membuatnya terlihat aneh. Ini akan membuatmu tampak lebih lebar.

Sebaliknya, gunakanlah cardigan ini dengan rok model pensil sebatas lutut. Sebetulnya, cardigan model ini akan terlihat cocok dengan bawahan apa saja asalkan bentuknya pas badan dan tidak megar.

Inilah 5 jenis cardigan yang perlu kamu ketahui. Semoga bermanfaat!