Apresiasi Tinggi Film Indonesia, Piala Citra FFI 2023 Akan Segera Digelar

Jumat, 3 November 2023 | 17:31:00

Aldeta Prasasti

Penulis : Aldeta Prasasti

Apresiasi Tinggi Film Indonesia, Piala Citra Ffi 2023 Akan Segera Digelar

Piala Citra FFI 2023. (Ladiestory.id / Aldeta Prasasti)

Ladiestory.id - Ajang perhelatan pemberian penghargaan untuk para sineas film Indonesia, Piala Citra Festival Film Indonesia (FFI) tahun 2023 bakal segera digelar.

Nantinya, Malam Anugerah Piala Citra Festival Film Indonesia (FFI) 2023 diselenggarakan di Ciputra Artpreneur Theater, Jakarta pada Selasa, 14 November 2023, pada pukul 19.00 WIB.

Selain itu, acara ini nantinya juga bakal disiarkan secara langsung di YouTube dan Instagram Festival Film Indonesia.

Malam Anugerah FFI 2023 mengambil tema dan konsep ‘Citra’ yang menjadi nama penghargaan FFI sejak 1967. FFI 2023 sekaligus menjadi tahun terakhir untuk Komite FFI periode 2021-2023 yang diketuai Reza Rahadian.

"Malam Anugerah Piala Citra FFI 2023 mengangkat konsep Citra. Kami ingin memberikan suguhan kepada insan perfilman dan masyarakat bahwa film dan para insan film yang masuk nominasi tahun ini juga menjadi bagian dari citra perfilman kita. Selama tiga tahun terakhir, berbagai dinamika di perfilman kita lalui," ungkap Reza Rahadian dalam konferensi pers Piala Citra FFI 2023, di kawasan Sudirman, pada Kamis (2/11/2023).

Piala Citra FFI 2023. (Ladiestory.id / Aldeta Prasasti)

Menjadi tahun terakhirnya menjabat sebagai Ketua Komite FFI periode 2021-2023, Reza Rahadian pun berharap dapat memberikan yang terbaik untuk perhelatan ajang penghargaan bergengsi dalam industri film ini.

"Semoga pada tahun terakhir periode saya menjabat sebagai Ketua Komite FFI, saya dan seluruh anggota Komite FFI 2021-2023 bisa memberikan yang terbaik untuk publik. Baik secara penyelenggaraan dan penilaian untuk seluruh nominasi," sambung Reza.

Tidak hanya itu, Reza Rahadian juga mengungkap selama tiga kali FFI terlaksana selama periodenya, sudah banyak capaian yang dilalui. Salah satunya, melakukan adaptasi pada beberapa persyaratan untuk film yang layak mendaftar.

Sehingga di tahun ini muncul beberapa kategori baru seperti kritik dan kategori nominasi favorit pilihan penonton.

"Kami ingin memberikan suguhan kepada insan perfilman dan masyarakat bahwa film dan para insan film yang masuk nominasi tahun ini juga menjadi bagian dari citra perfilman kita. Selama tiga tahun terakhir, berbagai dinamika di perfilman kita lalui," ucap Reza Rahadian.

Piala Citra FFI 2023. (Ladiestory.id / Aldeta Prasasti)

Nantinya para pembaca nominasi merupakan para pemenang penghargaan FFI tahun lalu. Ini merupakan aturan terbaru yang digagas oleh Komite FFI 2021-2023.

"Seluruh pembaca nominasi adalah peraih piala tahun lalu. Kamu memutuskan untuk bagaimana tahun ini kita susun pembaca nominasi yang permah meraih Piala Citra," kata Reza Rahadian.

Selain dihadiri para pelaku perfilman, malam anugerah Piala Citra Festival Film Indonesia 2023 juga akan dihadiri tamu undangan diantaranya perwakilan pemerintah, jajaran menteri, serta para nomine.