Ardhito Pramono Terjerat Narkoba, Begini Ciri-ciri Pengguna Ganja

Kamis, 13 Januari 2022 | 11:01:00

Sri Maryati

Penulis : Sri Maryati

Ardhito Pramono Terjerat Narkoba, Begini Ciri-Ciri Pengguna Ganja

Ilustrasi pengguna ganja. (Elements Envato)

Ladiestory.id - Awal 2022 ini marak para artis Tanah Air yang ditangkap polisi atas kasus narkoba. Jika pada 7 Januari 2022 lalu ada aktor Naufal Samudra, kini penyanyi muda Ardhito Pramono pun ikut ditangkap untuk kasus yang sama. Ardhito diketahui melakukan penyalahgunaan narkoba jenis ganja.  

Banyak netizen yang tidak menyangka jika penyanyi sekaligus aktor tampan tersebut menggunakan obat-obatan terlarang. Karena netizen memperhatikan jika Ardhito memiliki perawakan yang sehat dan wajahnya juga tetap terlihat segar. Lantas sebenarnya apa saja ciri-ciri pengguna ganja itu?

Ciri-ciri Pengguna Ganja

 

Ilustrasi ganja. (Shutterstock)

Ganja (Cannabis sativa) merupakan tumbuhan yang dibudidayakan untuk diambil seratnya. Namun tumbuhan ini lebih dikenal sebagai psikotropika lantaran mengandung zat aktif  tetrahudrocannabinol (THC). THC inilah yang memberikan efek euforia atau kesenangan tanpa sebab ketika seseorang mengonsumsi ganja. Efek euforia ini biasanya bisa bertahan dalam waktu yang relatif lebih lama.

Seseorang yang mengonsumsi ganja dalam jangka waktu lama, ditambah dengan dosis yang terus meningkat akan membuat kemampuan berpikirnya semakin menurun. Bahkan berdasarkan studi mengungkapkan juga berisiko besar terkena psikosis dan skizofrenia.

Sedangkan pada mereka yang menggunakan ganja baru-baru saja atau jangka pendek, biasanya juga akan mengalami efek tertentu pada fisik dan mentalnya. Efek yang dirasakan ini terlihat pada perubahan fisik, psikologis, dan juga perilaku penggunanya.

Bagi orang awam kemungkinan besar akan sulit untuk mengetaui ciri-ciri pengguna ganja. Namun umumnya pengguna ganja memiliki ciri seperti orang depresi, muka terlihat seperti selalu mengantuk, menjadi anti sosial, suka menyendiri, serta tidak peduli pada penampilan.

Selain itu, ciri-ciri pengguna ganja juga bisa dilihat dari beberapa hal berikut ini, seperti yang dilansir dari beberapa sumber.

1. Sering Tidak Nyambung Saat Diajak Berbicara

Ilustrasi berbicara tidak nyambung. (Special)

Mereka yang menjadi pecandu ganja biasanya tidak nyambung saat diajak berbicara. Hal ini karena mereka kehilangan fokus dan sulit untuk melakukan percakapan secara normal atau terarah. Sehingga saat diajak berbicara justru akan mengaitkan ke hal lain yang tidak ada hubungannya.

2. Mata Terlihat Memerah

Ciri-ciri yang mudah terlihat pada mereka yang menggunakan ganja adalah pada bagian mata yang terlihat merah. Selain itu pupil mata pun terlihat sering mengecil ataupun membesar.

3. Mengalami Kenaikan Berat Badan

Ilustrasi kenaikan berat badan. (Special)

Banyak orang yang beranggapan jika seorang pengguna ganja pasti memiliki ciri fisik yang semakin kurus dari hari ke hari. Ternyata anggapan ini tidaklah benar. Seseorang yang mengonsumsi ganja biasanya akan mengalami perubahan pola makannya. Nafsu makan mereka tiba-tiba akan semakin meningkat. Efek inilah yang dikenal dengan istilah binge eating. Saat mengalami efek ini, pecandu ganja biasanya akan mengonsumsi junk food dan permen dalam jumlah besar. Sehingga tak heran jika berat badan mereka menjadi semakin bertambah.

4. Badan Terlihat Lemas

Ilustrasi badan lemas. (Special)

Pecandu ganja umumnya akan terlihat lemas dan kurang bertenaga. Bahkan juga membuat mereka kehilangan motivasi. Saat malam hari, mereka juga cenderung susah untuk tidur.

5. Sering Tertawa untuk Hal yang Tidak Lucu Sekalipun

Ilustrasi tertawa berlebihan. (Special)

Efek euforia atau kesenangan saat mengonsumsi ganja inilah yang membuat mereka akan mudah tertawa. Bahkan mereka akan tertawa untuk hal-hal yang tidak lucu sekalipun.   

6. Selalu Terlibat Masalah

Bagi mereka yang sudah kecanduan ganja, apapun akan dilakukan agar bisa membeli obat-obatan terlarang ini. Jikapun tidak memiliki uang, biasanya tak jarang akan melakukan perbuatan yang menyebabkan masalah bagi orang lain.   

7. Mengalami Ketakutan

Ilustrasi cemas dan takut. (Special)

Pecandu ganja akan merasa panik, cemas, dan ketakutan setiap waktunya. Selain karena efek dari ganja itu sendiri, juga lantaran ada ketakutan jika suatu hari ada pihak yang akan menangkapnya.