Ayo Kenali Kelebihan, Kekurangan, Dan Ciri Bahan Fleece Pada Hijab Serta Pakaian

Wednesday, 14 Jul | 12:04:30

LS Hijab

Penulis : LS Hijab

Ayo Kenali Kelebihan, Kekurangan, Dan Ciri Bahan Fleece Pada Hijab Serta Pakaian

Foto: Ladiestory.id

Salah satu jenis kain yang kerap dipakai dalam pembuatan sweater dan hoodie adalah kain fleece.

Karakteristik kain ini yaitu lembut, hangat saat dikenakan dan sedikit berbulu di permukaan kainnya.

Kain fleece adalah salah satu finishing dari produk tekstil yang dikenal dengan nama imitasi wool.

Mengikuti komposisi material pembuatannya, kain fleece bisa dimasukkan kelompok menjadi beberapa kategori mulai dari fleece cotton, fleece polyster, fleece mikro, fleece bamboo, fleece polar dan lain-lain.

Kain fleece yang paling terkenal di dunai busana yaitu kain fleece cutton. Kain ini tersusun atas campuran serat katun (cotton) 80% yang dipadukan dengan serat wool 20%.

foto:instagram/fleecestore
Foto: Instagram/fleecestore

Ciri lain fleece yang cukup terlihat yaitu memiliki benang yang lebih ringan, lembut dan terlihat bercahaya dibanding bahan kain berwarna sama.

Saat dikenakan, bahan fleece terasa lembut, cukup berbulu dan nyaman. Tingkat ketebalannya juga berbeda, mulai dari yang paling mikro sampai paling tebal dengan fleksibilitas tersendiri.

Bila Anda belum memiliki gambaran mengenai kain fleece, ini penjelasan secara singkat perihal karaktersitik kain fleece supaya Anda tidak merasa bingung.

Tekstur kain fleece itu lembut, ringan dan hangat jika kita kenakan. Disisi lain, kain ini bisa menyerap panas, keriangat atau air dengan baik.

Jadi sirkulasi udara bahan kain fleece cukup baik dibandingkan dengan kain baby terry misalnya.

Kain ini memiliki sirkulasi yang baik jika dibandingkan dengan kain yang lain seperti kain baby terry misalnya.

foto:instagram/fleecestore
Foto: Instagram/fleecestore

Kain fleece juga dapat menyerap keringat, panas dan air dengan baik termasuk bahan jaket yang tidak panas. Tingkat elastisitasnya pun juga sangat baik di mana pakaian yang terbuat dari kain ini tak mudah longgar.

Berikut di bawah ini adalah kelebihan bahan fleece yang perlu diperhatikan.

  1. Mudah Kering

Bahan fleece mudah sekali kering dibandingkan dengan bahan pembuat jaket lainnya. Bagaimanapun caramu mencuci dan mengeringkannya, kain ini dapat kering secara cepat.

Kain fleece memiliki kelebihan yang membuatnya sangat cocok digunakan pada kawasan yang kerap hujan ataupun berudara lembap semacam daerah pegunungan.

Kain ini juga dapat menjadi insulator tubuh yang baik walau digunakan dalam kondisi sedang basah.

Hal ini diakibatkan karena kain fleece memiliki fitur breathability yang baik sehingga memungkinkan terdapatnya sirkulasi udara yang baik. Bahan kain yang memiliki serat seperti kain fleece juga dapat membuat tubuhmu tetap merasa hangat.

  1. Elastis dan Tahan Lama

Kain fleece juga diketahui orang orang karena memiliki tingkat elastisitas cukup baik. Kain ini cenderung mudah dilipat walaupun dalam bentuk jaket yang tebal.

Jika Anda mengalami kenaikan berat badan sekalipun, baju ataupun jaket yang terbuat dari bahan fleece tetap dapat dipakai karena cukup elastis.

foto:instagram/fleecestore
Foto: Instagram/fleecestore

Kain fleece pun juga nyaman dan tak memicu iritasi maupun gatal-gatal walau digunakan dalam jangka waktu yang lama. Jika Anda mengenakan jaket dari bahan fleece cotton, maka kain tersebut memiliki kelebihan tersendiri.

Salah satu kelebihan kain fleece yaitu tahan lama dan awet. Semakin lama Anda mengenakan baju dari kain fleece, tingkat kelembutannya justru tak berkurang malah menjadi semakin lembut.

  1. Harga yang Relatif Murah

Kelebihan terakhir bahan fleece yang paling terlihat yakni harganya yang murah dan juga sangat terjangkau. Harganya yang murah membuat kain ini banyak dipilih oleh para pengusaha konveksi.

Anda pun dapat memperoleh jaket dari bahan fleece premium yang keren dengan harga murah.

Berita Terkait