Badai Tegas Larang Kerispatih dan Sammy Simorangkir Bawakan Lagu Miliknya

Senin, 31 Oktober 2022 | 10:30:00

Badai Tegas Larang Kerispatih Dan Sammy Simorangkir Bawakan Lagu Miliknya

Badai eks Kerispatih (Instagram.com/badaithepianoman)

Ladiestory.id - Musisi Doadibadai Hollo atau lebih dikenal sebagai Badai, melarang Kerispatih dan Sammy Simorangkir menyanyikan lagu ciptaannya tanpa izin. Larangan ini ia sampaikan dalam surat terbuka di media sosial. 

Badai menegaskan, Kerispatih dan Sammy Simorangkir tidak boleh membawakan lagu ciptaannya di atas panggung dalam bentuk reuni, kolaborasi, atau featuring. Aksinya ini ia lakukan demi melindungi sisa lagu ciptaannya untuk proyek-proyek ke depan.

"Per tanggal 28 Oktober 2022, menyatakan secara terbuka bahwa saya melarang atau tidak mengizinkan lagu saya dipakai oleh kegiatan reunian Kerispatih dan Sammy Simorangkir," kata Badai, dikutip dari akun @badaithepianoman, Jumat (28/10/2022).

Pencipta lagu itu juga mengingatkan soal sanksi hukum yang akan dikenakan jika Kerispatih dan Sammy Simorangkir tidak mematuhi aturan. Badai menjelaskan, hak mutlak dan penuh pencipta lagu diatur dalam UUHC 28 Tahun 2014 Pasal 9.

Menurut sang musisi, lagu miliknya masih sering dinyanyikan oleh Kerispatih dan Sammy Simorangkir di atas panggung. Maka dari itu, ia menegaskan larangan karena hal ini adalah bagian dari haknya.

Badai eks Kerispatih (Instagram.com/badaithepianoman)

"Karya saya masih dipakai untuk berkolaborasi dan kegiatan manggung. Sebut aja Kerispatih dan Sammy Simorangkir," kata Badai. 

"Saya mohon maaf, saya harus melakukan ini karena menurut saya, ini adalah hak saya sebagai pemilik lagu tunggal dari semua lagu-lagu yang ada di album Kerispatih ketika masih bersama Sammy Simorongkir atau yang kini bersama dengan Fandy Santoso," jelasnya.

Bersamaan dengan surat terbuka itu, Badai mengatakan bahwa dirinya telah mengizinkan Kerispatih dalam membawakan 20 lagu ciptaannya yang sudah dia tentukan. Menurutnya, lagu-lagu itu sudah cukup untuk dibawakan mantan bandnya untuk memuaskan para penggemar.

"Di luar 20 lagu itu saya tidak izinkan untuk dibawakan oleh yang bersangkutan, karena saya memang melihat 20 lagu ini sudah kebijaksanaan saya. Sisanya harus lindungi saya, harus saya pakai untuk proyek saya ke depan," pungkasnya.

Badai resmi mengundurkan diri dari Kerispatih pada 2016. Padahal, pemain keyboard ini telah banyak menciptakan lagu hits untuk band yang dibentuk pada 2003 itu. Badai mengatakan, dirinya sudah tak lagi sejalan dengan Kerispatih, sehingga ia memutuskan untuk keluar.