7 Bahan Alami ala Rumahan yang Ampuh Atasi Ketiak Hitam

Selasa, 2 Agustus 2022 | 10:30:00

Penny Fatikasari

Penulis : Penny Fatikasari

7 Bahan Alami Ala Rumahan Yang Ampuh Atasi Ketiak Hitam

Ilustrasi Ketiak. (Pinterest)

Ladiestory.id - Ladies, apakah kamu sering merasa enggak percaya diri dengan ketiak hitam? Apalagi saat menggunakan pakaian dengan lengan terbuka, duh pasti rasanya bete banget kan.

Daripada melakukan perawatan mahal ke klinik kecantikan, mendingan kamu coba sendiri di rumah menggunakan 7 bahan-bahan alami murah meriah yang ampuh mencerahkan ketiak hitam, loh.

Bengkoang

Ilustrasi Bengkoang. (Pinterest)

Memiliki kulit ketiak yang bersih dan cerah memang selalu menjadi dambaan setiap wanita. Namun kenyataannya kulit ketiak bisa menghitam dengan mudah jika tidak dirawat dengan baik,loh,

Kulit ketiak hitam bisa saja disebabkan oleh bebrapa hal, antara lain penumpukkan pada sel kulit mati, mencukur dengan alat pencukur, serta keringat berlebih yang menempel pada kulit sehingga menyebabkan bakteri berkembang biak dengan mudah.

Eits, tapi jangan khawatir Ladies? Kamu bisa memanfaatkan  bengkoang yang dipercaya dapat mencerahkan ketiak hitam, loh. Kamu bisa meraciknya sendiri dengan menggunakan satu buah bengkuang, kemudian kupas kulitnya dan cuci hingga bersih.

Potong bengkoang menjadi dua bagian dan parut hingga halus. Parutan buah bengkuang tadi dapat kamu usapkan secara merata dan perlahan pada bagian ketiak. Diamkan hingga meresap, kemudian bilas hingga bersih.

Kamu bisa melakukannya dua hingga tiga kali seminggu untuk mendapatkan hasil maksimal.

Susu & Yoghurt

Ilustrasi Susu & Yoghurt. (Pinterest)

Enggak hanya nikmat untuk dikonsumi, susu dan yoghurt juga memiliki manfaat baik untuk mencerahkan kulit ketiak yang gelap. Susu dan yoghurt memiliki kandungan asam laktat dan vitamin C yang dapat melembutkan sekaligus mencerahkan kulit.

Kamu bisa mencampurkan 3 sdm yoghurt dan 4 sdm susu murni kedalam mangkuk kecil, kemudian aduk hingga merata. Setelah tercampur, usapkan menggunakan kuas ke permukaan kulit ketiak yang bermasalah. Tunggu selama 10-20 menit, kemudian bilas dengan air bersih.

Kentang

Ilustrasi Kentang. (Pinterest)

Kentang juga memiliki manfaat untuk membantu mencerahkan kulit ketiak yang hitam. Bahan yang satu ini memiliki sifat iritasi untuk mengurangi rasa gatal akibat mencukur.

Cara penggunaannya cukup mudah, sama seperti bengkoang tadi. Kamu bisa meracik sendiri bahan alami ini di rumah dengan mudah bukan? kupas kulit kentang, lalu potong dan cuci hingga bersih. Selanjutnya parut kentang hingga halus. Oleskan hasil parutan tadi pada kulit ketiak hingga merata. Diamkan selama 10 menit, kemudian bilas hingga bersih.

Timun

Ilustrasi Timun. (Pinterest)

Ekstrak timun juga memiliki manfaat untuk mencerahkan kulit ketiak, loh. Kadar asam yang terkandung di dalamnya juga bermanfaat untuk memutihkan kulit. Enggak hanya itu, timun juga mengandung vitamin A, B dan C, serta mineral yang baik untuk kulit.

Cara menggunakannya pun mudah, iris tipis atau parut timun secukupnya hingga keluar sarinya, kemudian oles atau usapkan parutan timun pada ketiak yang menghitam hingga kering. Jika sudah, bilas bersih dengan air bersi. Lkukan hal ini selama dua hingga tiga kali dalam seminggu.

Gel Lidah Buaya

Ilustrasi Gel Lidah Buaya. (Pinterest)

Lidah buaya juga memiliki banyak manfaat yang baik untuk kulit. Nah, kali ini kamu juga bisa menggunakan lidah buaya dengan mengambil gelnya untuk membantu mencerahkan kulit ketiak yang gelap.

Lidah buaya memiliki kandungan aloesin yang dapat menghambat pembentukan enzim yang menyebabkan pigmentasi pada kulit. Enggak hanya itu saja, lidah buaya juga bersifat antibakteri dan dapat mencegah kulit meradang dan iritasi.

Cara menggunakannya pun cukup mudah, potong lidah buaya dan ambil gelnya, kemudian oleskan pada area ketiak. Diamkan selama 20 menit dan jika sudah cukup kering, bilas dengan air. Lakukan dengan teratur agar hasilnya maksimal.

Kulit Jeruk

Ilustrasi Kulit Jeruk. (Pinterest)

Tahukah kamu jika kulit jeruk juga dapat bermanfaat sebagai pencerah kulit ketiak yang gelap? Pasalnya, kulit jeruk mampu mengangkat sel kulit mati pada kulit ketiak, serta dapat digunakan sebagai scrub, loh.

Untuk menggunakannya, kamu bisa menjemur kulit jeruk hingga kering, kemudian haluskan menggunakan blender dan tambahkan sedikit air sampai mengental. Gosok secara perlahan kulit jeruk yang telah di haluskan tadi ke seluruh ketiak hingga kulit mati terangkat.

Air Mawar

Ilustrasi Air Mawar. (Pinterest)

Air mawar juga banyak digunakan untuk berbagai produk kecantikan, khusunya bagi perawatan kulit ketiak. Kamu bisa menggunakan air mawar dengan cara membasahi  area ketiak selama 5-7 menit, kemudian bilas dengan air dingin.

s