Lidah Buaya hingga Lemon, 6 Bahan Alami Ini Mampu Atasi Rambut Rontok

Selasa, 29 Maret 2022 | 00:01:00

Sofiatun Hasanah

Penulis : Sofiatun Hasanah

Lidah Buaya Hingga Lemon, 6 Bahan Alami Ini Mampu Atasi Rambut Rontok

Ilustrasi rambut rontok. (Special)

Ladiestory.id - Rambut adalah mahkota bagi setiap perempuan. Berbagai perawatan kerap dilakukan untuk mendapatkan rambut yang sehat dan kuat. Meski demikian, sering kali rambut memiliki permasalahan yang tak kunjung usai, salah satunya adalah rambut rontok.

Rambut rontok merupakan permasalah yang serius, jika tidak segera ditangani. Selain mengganggu kenyamanan, hal tersebut tentunya akan memengaruhi rasa percaya diri bagi perempuan. Meski beberapa produk kimia menawarkan perawatan rambut rontok, alangkah lebih baik jika Kamu mencoba perawatan rambut dengan bahan alami.

Berikut beberapa bahan alami yang bisa Kamu gunakan untuk merawat rambut rontok.

Lidah Buaya

Ilustrasi lidah buaya. (Special)

Lidah buaya (Aloe vera) telah banyak digunakan sejak dulu untuk perawatan rambut. Kandungan vitamin dan mineral yang terdapat dalam lidah buaya dapat membantu menghitamkan rambut. Selain itu, lidah buaya dipercaya mampu merangsang pertumbuhan rambut serta memperbaiki jaringan rambut yang rusak.

Cara menggunakannya, Kamu bisa oleskan gel lidah buaya ke rambut dan kulit kepala secara merata, lalu diamkan sebentar sekitar 15 menit. Setelah itu, Kamu bisa bilas dengan air hangat sampai bersih. Lakukan secara rutin, sampai rambut rontok berkurang.

Lemon

Ilustrasi lemon. (Spesial)

Bahan alami lainnya yang mampu untuk atasi rambut rontok adalah lemon. Kandungan yang terdapat pada lemon dipercaya dapat meningkatkan kualitas dan pertumbuhan rambut.

Kamu bisa aplikasikan perasan air jeruk lemon ke seluruh rambut dan kulit kepala. Diamkan sekitar 10-15 menit, kemudian bilas sampai bersih. Selain itu, Kamu juga bisa gunakan minyak esensial lemon yang dicampur dengan carrier oil untuk masker rambut.

Minyak Zaitun

Ilustrasi minyak zaitun. (Special)

Minyak zaitun kaya akan vitamin A, C, D, E, K, zat besi, kalsium, dan mineral yang sangat baik untuk menjaga kesehatan rambut serta mengurangi kerontokan.

Oleskan minyak zaitun secukupnya pada kulit kepala dan rambut secara merata. Pijat perlahan rambut secara lembut, kemudian diamkan sekitar 20 menit. Setelah itu, bersihkan dengan sampo, dan bilas sampai bersih. Lakukan perawatan ini secara rutin, sampai rambut rontok berkurang.

Yoghurt

Ilustrasi yoghurt. (Special)

Yoghurt termasuk salah satu bahan alami yang mengandung vitamin D, kalsium, protein dan kalium yang dapat memberi nutrisi serta menguatkan akar rambut. Oleskan yoghurt tawar ke rambut dan kulit kepala, pijat perlahan. Setelah itu diamkan selama lima menit, lalu bilas dengan sampo sampai bersih.

Minyak Rosemary

Ilustrasi minyak rosemary. (Special)

Rosemary merupakan salah satu minyak esensial yang dapat digunakan sebagai bahan alami untuk mengatasi rambut rontok. Minyak rosemary berkhasiat merangsang pertumbuhan rambut, serta dapat mengobati alopecia androgenetik (penipisan rambut akibat adanya rangsangan hormon androgen).

Cara menggunakannya, Kamu dapat campurkan beberapa tetes minyak rosemary ke dalam carrier oil, lalu oleskan secara merata pada rambut dan kulit kepala. Selain itu, Kamu bisa tambahkan beberapa tetes minyak rosemary ke dalam sampo dan kondisioner agar lebih praktis.

Bawang Merah

Ilustrasi bawang merah. (Special)

Bawang merah memang dikenal dengan baunya yang cukup kuat. Namun, tak bisa dimungkiri bahwa bawang merah merupakan salah satu bahan alami untuk mengatasi rambut rontok. Kandungan bawang merah mampu mengobati penipisan rambut serta meningkatkan pertumbuhan rambut secara cepat.

Kamu bisa ambil sari bawang merah dengan cara menghaluskannya. Setelah itu, oleskan secara merata ke rambut dan kulit kepala. Biarkan sekitar 30 menit sampai meresap, lalu bilas dengan sampo sampai bersih. Hasil pertumbuhan rambut akan terlihat setelah 6 minggu, jika perawatan dilakukan secara rutin. Rambut akan lebih lebat dan kuat.